GREENSCENE.CO.ID – Selama ini Marvel Cinematic Universe selalu menggambarkan Thor Odinson sebagai orang yang dianggap layak untuk bisa memegang salah satu senjata terkuat  Asgard, Mjolnir. Sejak saat itu, Mjolnir dan Thor sudah menjadi “satu paket” dalam ceritanya. Banyak orang yang berusaha untuk mengangkat Mjolnir, namun nyatanya tidak bisa (Steve berhasil menggeser palunya tapi gagal mengangkat).

Tapi, hal berbeda diperlihatkan oleh senjata andalan Thor lainnya yaitu Stormbreaker. Seperti yang kita lihat di akhir film Avengers: Endgame, Stormbreaker bisa dengan mudah diangkat oleh Steve Rogers. Mjolnir sendri memiliki peran yang signifikan dalam berbagai cerita seorang Thor Odinson. Tidak mudah bagi Thor untuk mendapatkan palu legendaris tersebut.

Awalnya, Thor merupakan sosok yang angkuh, ceroboh, dan keras kepala. Hal itu membuat Odin akhirnya mengirim Thor ke bumi untuk belajar tentang rendah hati dan berbagai hal lainnya dari manusia. Odin kemudian mengatakan bahwa siapapun yang nantinya dianggap layak oleh Mjolnir, dia akan mendapatkan kekuatan seorang Thor. Pada akhirnya, Thor mampu belajar untuk tidak tinggi hati dan membuat Mjolnir menganggap jika Thor adalah sosok yang layak.

Hela, kakak dari Thor Odinson, kemudian menghancurkan palu tersebut dalam film Thor: Ragnarok. Hal tersebut membuat Thor kebingungan untuk bisa mengalahkan Thanos. Beruntung, mereka bertemu dengan pasukan Guardians of the Galaxy ketika dia melayang-layang di luar angkasa. Bersama Groot dan Rocket Racoon, Thor pergi ke Nidavellir untuk mendapatkan senjata baru.

King Eitri, kurcaci terakhir di planet tersebut, akhirnya mau membantu Thor mendapatkan senjata baru dan dibuatkanlah Stormbreaker. Bahannya sendiri sama dengan Mjolnir, setelah selesai dengan senjata barunya itu Thor kemudian pergi ke Wakanda untuk bertarung dengan Thanos. Sayang, Thor gagal menghentikan usaha Thanos untuk melakukan Decimation.

Secara kekuatan, memang Stormbreaker dianggap lebih kuat dibandingkan Mjolnir. Stormbreaker mampu membelah kekuatan keenam batu Infinity Stones yang ditembakan oleh Thanos. Kapak ini juga bisa memanggil Bitfrost yang akan membantu Thor pergi kemanapun. Tapi, seperti yang diungkapkan oleh Joe dan Anthorny Russo, “Mjolnir membutuhkan kelayakan, sedangkan Stormbreaker tidak.

Dengan palu Mjolnir yang kini kembali utuh dan dimiliki oleh Thor, kemungkinan palu yang berasal dari film Thor: Dark World tersebut akan kembali muncul dalam film Thor: Love and Thunder dan akan diberikan kepada Lady Thor, penerus dari Thor Odinson. Jika memang seperti itu skenarionya, artinya Thor akan kembali menggunakan Stormbreaker. Tapi, bagaimana jika senjata tersebut jatuh ke orang yang salah?

Stormbreaker memang saat ini tidak dilindungi oleh kekuatan sihir yang membatasi penggunanya. Mungkin, di kemudian hari senjata tersebut akan mendapatkan sihir tersebut jika memang situasi dan keadaan di MCU memaksa hal itu untuk dilakukan. Kita nantikan saja ya Geeks penampilan kembali kedua senjata terbaik Asgard di film selanjutnya.