BT (Beached Thing) sejauh ini merupakan elemen paling mengerikan dari video game Death Stranding, dimana ia merupakan musuh yang hampir tak terlihat dan lebih sering muncul kala hujan. Uniknya BT dapat menyeret Sam ke dunia orang mati. Diawal permainan, kita memang tak sepenuhnya memahami tentang apa sebenarnya mahkluk tersebut, namun kini semuanya menjadi semakin jelas.

Pengetahuan tentang kelemahan musuh tentunya merupakan hal yang sangat penting dan disini kita akan menyusun panduan lengkap tentang BTS, dari mulai asal usul mereka, kekuatan mereka, dan cara mengalahkannya untuk memastikan keselamatan Sam yang kalian mainkan.


Asal-Usul BT


BT, atau Beached Things berasal dari manifestasi atau bentuk dari roh orang mati. Mereka terhubung ke The Beach, sebuah tempat yang bersarang diantara dunia hidup dan dunia kematian. Di Death Stranding, BT diberi akses ke dunia manusia, yang mengakibatkan bencana bagi setiap negara. BT merupakan antagonis dari orang yang hidup, dan mereka seperti sangat menderita karena ia seperti mengeluarkan suara teriakan, yang juga dapat didengar oleh Sam. Berkat suara itu, kita dapat mengetahui kehadiran mereka di lokasi tertentu.

BT juga bisa terbawa ke dunia ketika manusia yang telah mati dan tubuhnya tidak dibakar dengan baik. Di Death Stranding, tubuh manusia mengalami proses yang yang disebut Necrotization yang secara sederhana akan membuat semacam partikel yang nantinya akan membentuk sebuah BT besar. BT ini kemudian akan secara agresif mencari manusia dan setelah memakannya, memicu apa yang disebut dengan voidout.


Kekuatan BT


BT sebenarnya memiliki beberapa jenis dengan kemampuan masing-masing yang dimiliki. Pertama adalah BT Gazer yang merupakan BT yang dapat melayang dan dapat Sam lihat saat di Timefall. Mereka sebenarnya bukan BT yang terlalu berbahaya, dan mereka tak melakukan apapun, tetapi jika Sam terlalu dekat dengan mereka dan Sam tidak menahan nafas, mereka akan mengingatkan BT lain yang lebih berbahaya.

Hunter merupakan sosok BT yang berbahaya itu, dimana Hunter akan mengejar Sam begitu Sam terlihat oleh Gazer. Hunter kemudian akan muncul dari sebuah kolam atau partikel dan mengelilingi Sam dan Hunter akan berusaha menyeretnya ke bawah. Hunter memiliki cengkraman yang kuat dan tanpa henti. Namun jika Hunter masih tak cukup untuk menghentikan Sam, masih ada BT lain yang lebih mengerikan.

Ia adalah Catcher. Catcher merupakan BT besar yang muncul ketika Sam akhirnya diseret oleh para Hunter. Mereka dapat berubah kedalam bentuk yang berbeda. Karena Catcher merupakan BT terkuat, tentunya ini merupakan perjuangan untuk bertahan hidup yang sangat sulit bagi Sam ketika ia menemuinya.


Cara Mengalahkan BT


Diawal permainan, BT hampir tak tersentuh. Yang terbaik diawal permainan adalah menghindarinya, atau jika terpaksa gunakan granat yang terbuat dari darah Sam untuk membuat Gazers pingsan. Namun seiring berjalannya permainan, semakin banyak yang dipelajari tentang cairan tubuh Sam dan Bridges pun terus mengembangkan teknologi anti-BT yang lebih efisien sehingga ada momen penting di Chapter 5 yang memberikan Sam kemampuan langsung untuk membunuh Gazers.

BACA JUGA: Trailer Marvel’s Avengers Ungkap Ragam Detail Baru!

Untuk Catchers, ia selalu dapat dikalahkan begitu Sam menggunakan senjata dari darahnya, tetapi itu membutuhkan sedikit pengorbanan, dan juga akan mengancam stamina dan level darahnya juga. Tentunya senjata anti-BT ataupun granat akan menjadi pilihan yang lebih baik. Namun di Death Stranding, lebih baik untuk tak terlibat pertempuran dari awal, kecuali memang hal itu benar-benar diperlukan. Jadi tentu menahan nafas dan tak ketahuan adalah cara yang paling ampuh di zona yang terdapat BT didalamnya.