Perusahaan teknologi, Apple, akan membuat gebrakan baru di mana banyak game AAA populer akan bisa dimainkan di produk terbaru mereka, iPhone 15 Pro. Perusahaan Apple memang terkenal akan berbagai kecanggihan dan berbagai teknologi mereka yang sangat mutakhir. Produk iPhone, Macbook, dan masih banyak lainnya merupakan bukti kedahsyatan dari teknologi mutakhir Apple. Perusahaan tersebut kembali berencana untuk menghadirkan gebrakan baru terkait produk mereka.

Dalam acara Apple Wonderlust Event, pihak Apple mengatakan jika produk telepon pintar milik mereka yang baru, iPhone 15 Pro, akan bisa menjalankan berbagai game AAA yang populer. Beberapa game AAA yang sudah diketahui akan bisa dimainkan di telepon pintar tersebut adalah Resident Evil 4 Remake, Resident Evil Village, Death Stranding, dan Assasins Creed Mirage. Berbagai judul game epik AAA lainnya akan ditambahkan di tahun 2024 mendatang.

Menurut Apple, iPhone 15 Pro mewakili “generasi terbaru dari mobile gaming” di mana telepon pintar atau smartphone tersebut akan bisa menjalankan berbagai game yang memang diperuntukan untuk konsol atau PC. Ini merupakan gebrakan mutakhir di dunia smartphone, karena sebelumnya tidak ada smartphone atau perangkat mobile yang bisa menjalankan game yang khusus untuk PC dan konsol. Apple juga mengatakan jika mereka akan melakukan peningkatan performa dan ray tracing terhadap game tersebut.

iphone 15 pro

Perilisan Assassin’s Creed Mirage di iPhone 15 akan jadi yang pertama bagaimana franchise Assassin’s Creed di PC dan konsol akan bisa dimainkan di smartphone, dalam hal ini hanya bisa dimainkan di iOS. Perlu dicatat jika ada perbedaan antara game assasin’s Creed tersebut dengan game Assassin’s Creed yang lain yang khusus di cloud gaming atau memang khusus versi mobile. Game ini akan muncul di awal 2024, sedangkan game Resident Evil Village, Resident Evil 4 Remake, dan Death Stranding akan rilis di akhir tahun 2023.

Dalam penjelasan Apple, alasan mengapa iPhone 15 Pro bisa menjalankan game AAA dengan sangat baik adalah GPU yang mereka gunakan sudah dalam kelas pro (pro-class), yaitu A17, dengan kecepatan 20 persen lebih cepat. Performa 6-core di GPU tersebut membuat performa bermain game dan efisiensi baterai dari smartphonenya akan sangat luar biasa. Namun, masih harus kita tunggu apakah performa game tersebut memang sesuai dengan yang diungkapkan oleh pihak Apple.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.