Joker menjadi film adaptasi buku komik produksi Warner Bros. dan DC yang paling sukses saat ini. Bahkan, film tersebut menjadi film dengan rating dewasa paling sukses sepanjang sejarah. Hal ini tentunya menjadi sebuah pencapaian bagi sosok Todd Phillips atau Joaquin Phoenix. Dengan banyaknya hal yang diinterpretasikan berbeda, film tersebut membuat film tersebut tidak pernah sepi dari diskusi para fans.

Selain misteri tentang apakah Joker benar anak dari Thomas Wayne dan Penny Fleck, yang juga sedikit nyeleneh dari film ini adalah adegan Arthur masuk kulkas. Banyak yang beranggapan adegan tersebut menggambarkan Arthur yang mencoba “mendinginkan diri” setelah dihina dan direndahkan orang lain. Tapi, ada fakta menarik dari adegan tersebut.

Dalam wawancara dengan CinemaBlend, sinematografer film Joker, Lawrence Sher, menyebutkan bahwa sebenarnya adegan tersebut tidak tercatat dalam naskah adegan. Menurut Sher, ketika Phoenix masuk ke dalam kulkas (seperti dalam adegan filmnya) tidak ada satupun kru yang mengetahui jika dia akan melakukan hal tersebut.

BACA JUGA: Berbagai Pertanyaan “Gantung” di Film Joker

Menurut Sher, dia dan timnya sudah mempersiapkan dua buah kamera di posisi yang berbeda. Joaquin kemudian mulai berimprovisasi, melakukan apa yang akan dilakukan bila dia merupakan seorang penderita insomnia yang sangat parah. Arthur sendiri sempat kehilangan semangat untuk hidup, sampai akhirnya seseorang dari acara Murray menelpon Arthur untuk tampil di acaranya. Di acara tersebut pula, Arthur kemudian memulai “karirnya” sebagai Joker.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.