Seri legendaris X-Men kembali dihidupkan oleh Marvel melalui tangan Jonathan Hickman dalam dua seri berbeda, yaitu House of X dan Power of X. Dalam ceritanya, kita diperlihatkan dimana Charles Xavier membawa kembali mutan dari kematiannya. Namun, ternyata Xavier juga sudah melakukan hal lainnya selain membangkitkan kembali para mutan yang sudah mati, khususnya kepada Jean Grey.

Salah satu misteri dari dua seri Hickman adalah bagaimana Jean Grey justru menggunakan kostum klasik Marvel Girl, yang terakhir kali dia gunakan pada 1980an. Dalam sebuah sesi tanya jawab dengan Hickman, dia mengkonfirmasi bahwa kostum Marvel Girl tersebut sengaja dimunculkan kembali untuk membangkitkan memori dari Dark Phoenix Saga.

Dari pernyataan Hickman mengenai Marvel Girl tersebut memunculkan sebuah kemungkinan bahwa gadis yang muncul dalam cerita Hickman sebenarnya adalah bukan Jean Grey. Dalam sesi wawancara yang sama juga dia menuturkan bahwa dia tertarik dengan kisah tentang kloning atau kebangkitan dari X-Men. Kemungkinan menarik dari cerita Hickman ini adalah dalam ceritanya Hickman sengaja membawa kembali masa lalu Jean Grey.

Jean Grey dari era Phoenix Force memang tidak terlalu kuat dalam hal kemampuan dan kekuatan, sebelum akhirnya dia terkena energi dari Phoenix Force. Tapi, hal ini sesuai dengan apa yang diperlihatkan dalam seri House of X, dimana Jean bukanlah sosok yang sama dengan Jean versi X-Men Red yang dirilis pada tahun lalu.

Tapi, sebenarnya siapa yang memutuskan Jean Grey untuk kembali seperti dulu? Apakah dia sendiri atau Charles Xavier? Dalam series ini, Charles Xavier digambarkan sebagai sosok yang memiliki moral ambigu. Terkadang tindakannya bisa dianggap sebagai seorang professor dan pahlawan, namun di sisi lain terkadang tindakannya dianggap sebagai sebuah hal yang jahat.

Dari dua series Hickman ini, ada kemungkinan besar jika sebenarnya Xavier sudah membunuh Jean Grey yang ada di masa sekarang dan menggantinya dengan sosok yang lain yang lebih dianggap pantas. Kemungkinan lainnya adalah dia adalah Jean Grey hanya saja ingatannya dihapus demi mencegah dia lepas kendali. Bagaimana menurut kalian Geeks?