Iron Man 2020 akan segera hadir. Dalam cerita ini, bukanlah Tony Stark yang berada dalam armor Iron Man, namun saudara kandungnya sendiri, Arno Stark. Beberapa waktu lalu juga Marvel telah mengumumkan deretan komik lainnya yang akan bertema 2020, selain Iron Man, ada pula Iron Family lainnya seperti Rescue, Iron Heart, tim Force Work, sampai villain Machine Man. Namun siapa mereka? Yuk kita berkenalan lebih dalam, check this out!

Iron Man 2020

Siapa sangka jika Tony Stark memiliki saudara kandung bernama Arno Stark. Dia adalah sosok dibalik armor Iron 2020, penerus dari Iron Man yang dipiloti oleh Tony Stark. Karakter Iron Man 2020 atau Arno Stark sebenarnya muncul pertama kali pada 1984 silam, dan merupakan karakter ciptaan Tom DeFalco. Sebenarnya, di Marvel Comics ada dua origin story yang berbeda tentang Arno Stark.

Hiro Studios

Origin story yang pertama adalah diceritakan bahwa Arno merupakan anak kandung dari Howard dan Maria. Namun, sebenarnya Arno merupakan “benih” dari makhluk luar angkasa bernama Recorder 451. Arno ditakdirkan untuk menjadi pilot Godkiller Armor, armor yang digunakan untuk menghabisi para Celestials. Namun, sayangnya Howard ikut campur dalam hal ini.

Hasilnya adalah Arno lahir dengan tidak sempurna alias dia harus mengalami kecacatan. Arno pun kemudian “diasingkan” keberadaannya, sampai akhirnya Tony menemukan Arno setelah dia kembali ke bumi. Mereka pun kemudian sepakat untuk berkerja sama untuk menghadapi Lord Remaker. Mereka pun berhasil mengalahkannya, meskipun harus mengorbankan Tony mundur dari jabatannya.

Versi lainnya adalah Arno merupakan anak dari keponakan Tony, yaitu Morgan. Dia juga diceritakan merupakan penerus dari Stark Industries. Sayangnya, Arno di universe alternatif ini justru memanfaatkan sumber daya yang dia miliki untuk menjadi tentara bayaran dan melakukan spionasi untuk menghancurkan para pesaingnya.

Iron Heart

Iron Heart sendiri merupakan karakter ciptaann dari Brian Michael Bendis bersama Mike Deodato dan Eve Ewing. Karakter ini pertama kali muncul pada Invicible Iron Man Vol. 2 #9, yang dirilis pada 2016 lalu. Riri Williams adalah sosok dibalik armor Iron Hearts. Riri Williams merupakan seorang wanita muda jenius yang berasal dari universitas yang sama dengan Tony Stark, yaitu MIT.

Usianya sendiri baru 15 tahun, sehingga bisa dibilang dia merupakan Iron Man termuda. Setelah kematian ayahnya, Riri tinggal bersama ibunya dan juga tantenya, Sharon. Iron Man merupakan idola bagi Riri, dan dia berusaha untuk menjadi seperti Iron Man. Dia pun membangun sendiri armornya, menggunakan berbagai material yang dia curi dari kampus.

Karena kecintaannya kepada Iron Man, desain armor Riri sendiri mirip seperti Iron Man. Menggunakan armor buatannya, Riri berhasil menghentikan dua tahanan yang mencoba kabur dari penjara di New Mexico. Sayangnya, aksinya tersebut harus dibayar dengan rusaknya armor miliknya. Tony mendengar kabar kesuksesan Riri ini dan memutuskan untuk pergi menemuinya.

Ketika bertemu, Tony pun kemudian berjanji dan memutuskan untuk mendukungnya sebagai seorang pahlawan. Semenjak Riri menjadi seorang pahlawan, sudah banyak petualangan yang dia hadapi. Contohnya adalah ketika Riri mengalahkan Armadilo dan ikut dalam berbagai arc seperti Civil War II dan Secret Empire.

Rescue

Di film Avengers: Endgame kemarin, untuk pertama kalinya kita diperlihatkan sosok Rescue. Sosok dibalik sosok Rescue sendiri adalah tidak lain merupakan istri dari Tony Stark, Pepper Potts. Karakter Rescue sendiri merupakan karya dari Matt Fraction dan Salvador Larroca, serta pertama kali muncul pada 2009 lalu di komik The Invicibile Iron Man #10.

Dalam cerita komiknya, Pepper Potts pernah menjadi korban dari Ezekiel Stane. Dia terkena ledakan dan tubuhnya pun terluka parah. Akibat lukanya tersebut, Tony kemudian melakukan apa yang sebelumnya dia lakukan, yaitu menempelkan sebuah magnet yang kuat (mirip seperti arc reactor miliknya) ke dada Pepper demi membuatnya bertahan hidup.

Setelah cerita Civil War, Tony memutuskan untuk menghapus semua ingatannya tentang manusia super bersama Maria Hill. Hal itu dilakukan demi menghindari data tersebut diketahui oleh Norman Osborn, yang menjadi pemimpin SHIELD. Setelah Tony dihapus ingatannya, Stark Industries kemudian menunjuk mantan sekertarus Tony yaitu Pepper untuk menjadi CEO baru.

Ketika dia bekerja di Stark Industries, Pepper tidak sengaja menemukan sebuah ruangan khusus Tony yang menyimpan semua hal tentang Iron Man. Yang mengejutkan adalah Tony ternyata juga membuat armor untuk Pepper Potts. Dengan menggunakan armor buatan Tony, Pepper kemudian menggunakan nama Rescue.

Pepper sempat diancam oleh Norman untuk tidak mencari keberadaan Tony atau melakukan aksi heroik dengan menggunakan armor Rescue. Jika dia tidak menuruti perintahnya, Norman mengancam akan mengurung Tony di dalam penjara. Tapi, setelah semuanya selesai Pepper pun kemudian berusaha untuk mencari Tony dan akhirnya mereka kembali bertemu di Russia.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

Hiro Studios