Machine Man

Sesuai dengan namanya, Machine Man adalah robot yang bertingkah laku seperti manusia. Karakter ini merupakan hasil ciptaan dari sang maestor, Jack Kirby. Karakter ini pertama kali muncul pada komik 2001: Space Odyssey #8 yang terbit pada 1977 silam. Dalam komiknya, Machine Man merupakan hasil karya dari seorang ahli robot bernama Dr. Abel Stack.

Machine Man sebenarnya diciptakan untuk sebuah program militer bernama Advancement of Mechanized Research. Sayangnya, sama seperti Ultron, Machine Man dan 50 robot eksperimental lainnya berubah menjadi jahat ketika sudah berhasil “hidup”. Machine Man atau robot X-51 merupakan satu-satunya robot yang selamat.

Aaron senang berpetualang sebagai superhero apalagi setelah dia bertemu dengan Hulk, Fantastic Four, dan lainnya. Menariknya adalah dia juga ternyata pernah bertemu dengan Iron Man. Namun, bukan untuk bersama-sama membasmi kejahatan melainkan untuk bertarung melawannya. Dalam komik Iron Man #168, Machine Man pergi untuk menemui Iron Man yang dianggap sebagai robot juga.

Pada saat itu, Tony Stark dalam keadaan yang tidak stabil setelah dia mendapatkan “serangan” dari Obadiah Stane. Ketika Iron Man menyerang Machine Man, serangan tersebut hampir saja membunuh dua pegawainya. Namun, Machine Man berhasil menyelamatkan dua pegawa tersebut dengan tangan tambahan robotnya. Machine Man juga pernah bertarung melawan Arno Stark dan berhasil mengalahkannya. Dia juga sempat mengklaim jika dirinya lebih baik dari Arno Stark.

Force Works

Setelah West Coast Avengers dibubarkan, Tony Stark memutuskan untuk kembali membuat sebuah tim superhero. Namun, tim superhero buatannya berbeda. Dia memutuskan untuk membuat tim superhero yang bukan hanya menghentikan sebuah kejahatan, tapi juga mencegahnya. Tim itu kemudian diberi nama Force Works.

Tim Force Works sendiri beranggotakan Iron Man, U.S. Agent, Spider-Woman, Scarlet Witch, dan Wonder Man. Century kemudian menggantikan Wonder Man, yang dianggap sudah tewas. Dalam operasionalnya, mereka menggunakan The Chaos Computer, yaitu sebuah supercomputer yang mampu memberikan informasi untuk memprediksi kejadian di masa depan dan juga mampu untuk mengendalikan kekuatan Scarlet Witch agar tidak lepas kendali.

Meskipun Force Works dipimpin oleh Scarlet Witch, tidak jarang Iron Man mengambil alih tugas tersebut. Namun, ada hal menarik dari tim ini yaitu Tony ternyata dibawah pengaruh Kang the Conqueror. Force Works sendiri berjalan tidak terlalu lama, hanya sekitar dua tahun sebelum akhirnya bubar dan anggota lainnya kembali bergabung dengan Avengers atau menghilang.

Tony sendiri kemudian tewas saat berusaha untuk kembali mengambil alih dirinya dari Kang dan mengganti dirinya dengan versi alternatif universe yang lebih muda. Namun, Tony kemudian bangkit dalam cerita Heroes Reborn. Selain Tony, Force Works juga sempat kembali dihidupkan. Namun, tidak diketahui siapa saja anggotanya. Sejauh ini, War Machine dan Cybermancer diketahui bagian dari tim ini.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.