Semua penggemar komik superhero pasti sepakat bahwa Iron Man adalah salah satu karakter paling berpengaruh di Marvel Universe. Identitas dan armor canggih ciptaan Tony Stark ini telah melanglang buana di Marvel Comics sejak tahun 60-an dan merupakan pendiri dari tim superhero terbaik Bumi, Avengers. Namun, tahukah kalian, selain Tony sebenarnya ada sejumlah karakter menarik lain yang pernah menggunakan alter ego Iron Man atau sejenisnya. Mereka sering kali muncul sebagai penerus atau pengganti Tony, bahkan beberapa di antaranya pernah menjadi musuh terkuat bagi Iron Man sendiri.

Iron Man 2020

Muncul pertama kali di Machine Man #2, Iron Man 2020 adalah alter ego yang digunakan oleh keponakan Tony dari masa depan, yaitu Arno Stark. Meskipun awalnya debut sebagai villain yang sempat mengambil alih Stark International, pada tahun 2013 Arno kembali dimunculkan sebagai saudara tiri Tony. Di mana versi terbarunya ini digambarkan sebagai anak kandung Howard Stark, sementara Tony adalah anak tirinya. Kedua pemilik alter ego Iron Man ini lantas mulai bekerja sama untuk mengalahkan elf jahat Malekith, yang berusaha menghancurkan kota futuristik Troy ciptaan Tony dan Arno.

War Machine

Seperti yang kita tahu bersama, James Rhodes adalah sahabat Tony yang pada akhirnya menjadi War Machine berkat armor Iron Man yang telah dimodifikasi dan diberi warna perak-hitam. Dengan identitas superheronya ini Rhodey telah menggoreskan namanya dalam sejarah Marvel sebagai pendiri West Coast Avengers bersama Hawkeye. Meskipun awalnya hanya muncul sebagai pengganti Iron Man, tetapi ketika Tony kembali, Rhodey masih diberikan kesempatan untuk memegang identitas War Machine-nya. Yang sekarang lebih dikenal sebagai versi militer Iron Man dengan minigun dan meriam energi di bahunya.

Rescue

Meskipun awalnya bukan siapa-siapa, karakter Virginia ‘Pepper’ Poots akhirnya mulai mendapatkan lebih banyak perhatian dari penggemar setelah menjadi salah satu love interest Tony. Tidak berhenti sampai di situ saja, di komik Invincible Iron Man Vol. 2, Pepper bahkan mendapatkan kesempatan untuk mengenakan armor Iron Man dan memakai alter ego sendiri sebagai Rescue. Sejak saat itulah Rescue menjadi salah satu sidekick Iron Man yang sering terlibat dalam berbagai misi bersama Tony dan War Manchine. Termasuk menjadi perwakilan Stark International saat Tony pergi.

Ironheart

Ketika Tony Stark diceritakan mengalami koma pasca Civil Wars II, alter ego Iron Man sempat diambil alih oleh penerusnya yang tidak lain adalah Riri Williams alias Ironheart. Untuk membimbing Riri dalam menciptakan armor Ironheart, Tony bahkan sempat memprogram A.I. canggih yang didasarkan pada dirinya sendiri. Hal ini lantas membuka kesempatan bagi Riri untuk menjadi penerus Iron Man yang sesungguhnya, sebelum akhirnya dia menciptakan armor sendiri berdasarkan preferensi dirinya sendiri. Di mana armornya lebih ringan, lebih canggih, dan tentunya lebih anggun dari sebelumnya.

Iron Patriot

Kisah Dark Reign adalah saksi bisu dari perubahan Norman Osborn yang awalnya dikenal sebagai musuh abadi Spider-Man menjadi big bad di Marvel Universe. Setelah berhasil menipu banyak orang dengan menjadi pahlawan di kisah Secret Invasion, Norman lantas mengubah alter egonya menjadi Iron Patriot, yang sangat mirip dengan Iron Man. Bedanya, warna armor yang digunakan oleh Norman lebih melambangkan ‘Star-Spangled’ Amerika. Selain mencuri identitas superhero, dia juga menjadi pendiri SHIELD untuk sementara waktu dan juga mendirikan tim super Thunderbolts yang sangat manipulatif.

Iron Legion

Iron Legion adalah nama sebuah tim yang didalamnya terdiri dari para pemilik alter ego Iron Man. Semuanya bermula saat Tony diceritakan mengalami koma setelah melawan robot alien raksasa Ultimo. Melihat hal tersebut, Rhodey lantas merekrut sejumlah orang yang tercatat pernah mengenakan armor Iron Man, seperti Happy Hogan, Bethany Cabe, Eddie March, serta mantan villain Mike O’Brien dan Carl Walker. Bersama-sama mereka mengalahkan Ultimo sebagai Iron Legion, sebelum akhirnya tim dibubarkan karena Tony akhirnya sadar dan kembali menjadi Iron Man.

Iron Lad

Kang adalah big bad villain Avengers yang mempunyai banyak sekali varian di Marvel Universe, salah satunya adalah Iron Lad. Bedanya dengan varian lain, Iron Lad adalah versi muda Kang yang ingin mengubah masa depannya sebagai penjahat dengan menjadi superhero. Salah satu upayanya adalah dengan mendirikan tim superhero muda Young Avengers bersama Stature, Patriot, Speed, dan masih banyak lagi. Sayangnya, ketika dia mulai nyaman sebagai kehidupan superhero, Iron Lad sadar bahwa kehadirannya malah menciptakan time paradox, sehingga mau tidak mau dia harus kembali ke zamannya.

Iron Monger

Dari sekian banyak musuh Tony Stark, Obadiah Stane adalah salah satu villain yang pernah menggunakan alter ego Iron Man di Marvel Universe, sebelum akhirnya mengubah namanya menjadi Iron Monger. Sejak awal Obadiah memang digambarkan sebagai orang yang sering menganggu kehidupan Tony. Semuanya bermula dari ambisi Obadiah yang ingin menguasai perusahaan Stark International. Ketika Tony berhasil mengalahkannya di kisah Iron Man vs Iron Monger, Obadiah yang tidak bisa menerima kekalahannya malah memutuskan untuk mati dengan mengambil nyawanya sendiri.

Spyder Man

Spyder-Man adalah salah satu alter ego Iron Man yang eksis sebagai Spider-Man di semesta alternatif Technopolis. Di mana orang yang memegang identitasnya bukanlah Peter Parker, melainkan Peter Ulrich yang mendapatkan kekuatan supernya setelah armor yang digunakannya terinfeksi oleh Spider Virus. Sejak saat itulah Phil mulai menjalani dua kehidupan, yang pertama sebagai vigilante misterius di Technopolis, dan yang kedua sebagai kekasih Kiri Oshiro. Meskipun mengenakan armor Iron Man, tetapi kekuatan utamanya justru lebih mengandalkan jaring sibernetik dan spider sense-nya.

Iron Hammer

Iron Hammer adalah alter ego Stark Odinson yang eksis di Warp World. Kemunculan Warp World sendiri disebabkan oleh Gamora yang menggunakan semua Infinity Stones untuk menggabungkan satu jiwa dengan jiwa lainnya. Untuk kasus Tony Stark, dia diceritakan bergabung dengan Thor Odinson, di mana origin dan para karakter di sekitarnya juga merupakan gabungan dari kedua elemen. Yang membuat Iron Hammer tampak lebih menonjol dari karakter lain, dia mempunyai sebuah palu kosmik Mjolniron, yang dapat mengeluarkan kekuatan sihir sekaligus kehebatan teknologi secara bersamaan.

Itulah 10 alter ego Iron Man paling menarik selain Tony Stark. Keberagaman origin dan kekuatan dari para karakter ini secara tidak langsung telah membuat sejarah Iron Man menjadi lebih unik lagi. Karena ternyata bisa dibilang alter ego Iron Man cukup sering diperebutkan oleh para karakter di Marvel Universe, baik itu orang baik maupun orang jahat. Di mana semuanya kembali lagi kepada siapa yang menggunakan armornya. Dari semua alter ego ini mana yang menurut kalian paling mirip dengan Tony Stark, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.