Meskipun banyak orang beranggapan bahwa Green Goblin merupakan musuh terbesar dari Spider-Man, faktanya ada banyak sekali villain yang hebat dan keren selain Green Goblin yang pernah dihadapi oleh Spidey. Green Goblin juga sebenarnya bukan satu-satunya Goblin yang pernah dihadapi oleh Peter. Selain Green Goblin, musuh terkuat Spider-Man lainnya adalah Hobgoblin. Siapa Hobgoblin?

Meningkatkan Formula Goblin

Hoboglin pertama yaitu Roderick Kingsley, merupakan seorang karakter yang jenius. Dia mencuri serum dan juga peralatan dari Green Goblin dengan tujuan untuk menjadi Hobgoblin. Yang menarik adalah dengan menggunakan kecerdasanya, Hobgoblin memberikan beberapa perkembangan atau perubahan yang lebih baik terhadap desain awalnya.

Yang paling menonjol dari perubahan atau perkembangan tersebut adalah serum atau Goblin Formula. Pada awalnya, serum tersebut disuntikan oleh Norman Osborn dan memberikannya banyak sekali kekuatan. Namun, serum itu juga selain memberikan kekuatan juga membuat Norman menjadi gila. Kingsley kemudian merubah hal tersebut dimana dia bisa mendapatkan kekuatanya tapi tidak dengan efek negatifnya.

Berbagai Macam Hobgoblin

Roderick Kingsley mungkin merupakan Hobgoblin yang pertama, tapi sebenarnya ada juga banyak karakter yang menggunakan identitas ini. Beberapa diantaranya tidak lebih baik dari Kingsley dan sebagian lainnya memang berharap untuk menjadi pengganti dari Kingsley. Beberapa karakter yang pernah menggunakan identitas ini diantaranya adalah Ned Leeds, Arnold Donovan, Daniel Kingsley, dan masih ada beberapa lainnya. Meskipun latar belakang mereka berbeda, satu hal yang sama adalah mereka merupakan villain yang mengerikan.

Kemampuan Hipnosis

Selain menggunakan alat-alat serta serum milik Norman Osborn untuk merubah dirinya menjadi Hobgoblin, Kingsley juga ternyata memiliki kemampuan lainnya yaitu hipnosis. Dengan menggunakan hipnosis ini dia memanipulasi orang-orang untuk membantunya dalam mewujudkan rencana jahat yang sudah dia susun.

Mantan pegawai dari perusahaan Norman Osborn, Gerard Winkler, merupakan sosok yang mengembangkan teknologi cuci otak ini. Kingsley mencuri teknologi tersebut darinya. Winkler benar-benar membuat teknologi cuci otak tersebut bekerja secara maksimal.

Ned Leeds

Siapa sangka sahabat dari Peter Parker dan kekasi hdari Betty Bryant tersebut ternyata pernah menjadi sosok dibalik identitas Hobgoblin. Tapi, tentunya terasa aneh jika sosok seperti Ned mau menjadi orang dibalik topeng Hobgoblin. Ternyata, setelah ditelusuri lebih lanjut Ned tidak melakukannya secara sukarela melainkan karena dihipnotis.

Seperti yang disebutkan diatas, berkat teknologi cuci otak hasil pengembangan Winkler yang dicuri oleh Kingsley dia mampu memanipulasi siapapun untuk mewujudkan tujuannya. Kingsley sendiri sengaja untuk melakukan hal tersebut kepada Ned dengan tujuan untuk menjebak Ned dan menghilangkan jejak Kingsley.

Deadpool

Mungkin banyak juga Geeks yang terkejut bahwa Wade Wison alias Deadpool pernah menggunakan identitas Hobgoblin. Tapi, sebenarnya dia melakukan itu atas dasar perintah. Ketika dia menjadi seorang tentara bayaran, Deadpool kemudian dikontrak oleh the Wizard untuk meledakan sebuah tempat dengan menggunakan kostum Hobgoblin.

Untuk memenuhi kontraknya, Deadpool kemudian menggunakan kostum Hobgoblin dan meledakan tempat yang dimaksud. Namun, seperti biasa, ketika Deadpool merasa sudah meledakan tempat yang ditargetkan ternyata diketahui jika dia meledakan tempat yang salah. Akhirnya sejak saat itu, Deadpool tidak mau lagi menggunakan identitas tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2