Villain Terbaik Tahun 80an

Di tahun 1980an, Spider-Man merupakan karakter yang berada di sebuah persimpangan. Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1960an, Spider-Man sudah banyak diperlihatkan bertarung dengan banyak musuh-musuh yang hebat. Namun, di tahun 80an editor Marvel kemudian memutuskan untuk menghadirkan villain baru demi memberikan sesuatu yang baru.

Karena hal ini, villain seperti Green Goblin atau Doctor Octopus jarang sekali muncul. Untuk mengisi kekosongan tersebut, Hobgoblin pun kemudian disulap menjadi musuh utama dari Spider-Man. Di komik tahun 80an, Hobgoblin memang menjadi lawan yang tangguh bagi Spider-Man.

Mark Hamill Pengisi Suara Hobgoblin

Selain di komik, Hobgoblin juga sempat muncul dalam seri animasi Spider-Man pada 90an. Sama seperti versi komiknya, dalam versi animasi pun Hobgoblin menjadi villain yang membuat Spidey kerepotan. Tapi, siapa yang mengisi suara Hobgoblin di seri animasinya? Ternyata Mark Hamill yang mengisi suara Hobgoblin, yang juga populer sebagai pengisi suara dari Joker. Hamill sendiri berusaha untuk membedakan suara Joker dan Hobgoblin, agar sosoknya bisa tetap menyeramkan dalam versinya.

Ultimate Hobgoblin

Dalam universe alternatif yaitu Ultimate Universe, cerita tentang Hobgoblin memiliki sedikit perbedaan. Dalam universe tersebut, Green Goblin bukan hanya Norman yang menggunakan kostum. Melainkan Norman benar-benar berubah menjadi sosok raksasa mengerikan yang mampu memuntahkan bola api. Selain itu, Hobgoblin pun bukanlah Kingsley yang mencuri peralatan Norman.

Anak dari Norman yang juga merupakan sahabat Peter, Harry Osborn, kemudian disuntikan formula yang sama yang membuat ayahnya menjadi monster. Hal tersebut merubah Harru menjadi Hobgoblin versi Ultimate Universe.

Demogoblin

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, dalam cerita Spider-Man Green Goblin bukan satu-satunya Goblin yang muncul dalam cerita tapi juga ada karakter lainnya seperti Hobgoblin. Namun, ada lagi Goblin yang lebih aneh dibandingkan Hobloblin yaitu Demogoblin. Selain Kingsley, sosok yang juga populer sebagai Hobgoblin adalah jason Macendale.

Setelah Jason meminta kepada sosok iblis bernama N’astrith untuk diberikan kekuatan yang lebih kuat, dia kemudian menyatu dengan iblis dari Limbo alias Otherplace, sebuah wilayah yang memang dipenuhi oleh iblis dan setan. Bersama-sama mereka kemudian berubah menjadi Demogoblin, sebuah versi supranatural dan mengerikan dari Hobgoblin.

Dibunuh oleh Phil Ulrich

Roderick Kingsley memiliki seorang adik yaitu Daniel Kingsley. Dia juga merupakan salah satu orang yang menggunkan identitas Hobgoblin. Dengan harapan untuk bisa meneruskan karir kriminal dari sang kakak, Daniel menemukan dan mengambil peralatan lama Hobgoblin milik sang kakak. Namun, sayangnya Daniel tidak lama menggunakan identitas tersebut.

Dalam sebuah penelurusan dari salah satu persembunyian Roderick, Daniel terkejut bahwa pegawai dari Daily Bugle, Phil Ulrich, juga ada disana dengan tujuan yang sama. Mereka pun kemudian bertarung, tapi Phil Ulrich ternyata mampu mengungguli Daniel dan membunuhnya dengan menggunakan pedang milik Hobgoblin.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.