Sandai Kitetsu

Karena memiliki citra yang buruk sebagai sebuah pedang kutukan, pedang ini pada awalnya tidak diperjual belikan oleh Ipponmatsu. Namun, karena Zoro membutuhkannya akhirnya dia pun terus memaksa dengan melakukan tes keburuntungan. Pedang tersebut dilemparkan kepadanya dan Zoro harus merelakan bagian tubuhnya yang manapun bila terkena pedang tersebut.

Hal menarik dari pedang ini adalah, meskipun Sandai Kitetsu tingkatnya lebih rendah dari Yubashiri, namun daya tahannya lebih kuat. Terbukti sampai sekarang pedang tersebut ada di pinggang Zoro. Di arc Wano ini, Zoro bertemu langsung dengan pembuat pedang Kitetsu yaitu Tenguyama Hitetsu.

Shushui

Salah satu pedang legendaris yang pernah digunakan oleh Zoro. Pedang Shushui ini Zoro dapatkan ketika dia terjebak di Thriller Bark. Zoro kemudian bertemu dengan zombie Ryuma, sang dewa pedang. Mereka pun bertarung dan Ryuma harus mengakui keunggulan Zoro. Akhirnya Ryuma pun memberikan pedang Shushui kepada Zoro, dengan mengatakan jika Shuhsui akan senang dengan majikannya yang baru.

Namun, di arc Wano kemudian terungkap jika Shushui adalah pedang yang dianggap memberikan bencana kepada Wano karena mereka harus kehilangan pedang tersebut. Hiyori pun kemudian memberikan penawaran kepada Zoro untuk mengembalikan Shushui, dan sebagai gantinya dia akan memberikan pedang yang lebih kuat.

Enma

Enma adalah pedang yang diberikan kepada Zoro oleh Hiyori sebagai pengganti Shushui. Enma adalah salah satu pedang yang dimiliki oleh sang penguasa Wano, Kozuki Oden. Hiyori mendapatkan pedang tersebut dari sang ayah, sedangkan adiknya, Momonosuke, mendapatkan pedang Ame no Habakiri. Menurut Hiyori pedang ini sangat dahsyat, bahkan pedang ini adalah satu-satunya benda yang pernah melukai Kaido.

Ketangguhan pedang ini kemudian diuji oleh Zoro dengan menebas pohon yang ada di tebing. Namun, karena tidak terkendali akhirnya seluruh bagian tebing tersebut yang terkena tebasan tersebut sehingga terbelah. Saking kuatnya pedang ini, Enma benar-benar menyerap tenaga dari penggunananya. Wajar jika Zoro langsung kelelahan ketik memakainya. Kabarnya Enma hanya “lunak” kepada Oden saja karena mampu menaklukan pedang ini.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.