Selain Mihawk dan Shanks, Zoro merupakan salah satu pengguna pedang terhebat dalam cerita One Piece. Sedari awal, Zoro memang bercita-cita menjadi seorang ahli pedang terkuat dan terhebat di dunia. Zoro cukup unik dibanding karakter lainnya, karena dia sering menggunakan lebih dari satu pedang untuk melawan musuh. Sepanjang cerita One Piece sampai saat ini, ada beberapa pedang yang pernah digunakan oleh Zoro. Apa saja?

Pedang Bambu

Buat Geeks yang pernah berlatih Kendo atau seni bela diri menggunakan pedang dari Jepang, pasti tahu  tentang Shinai. Pedang panjang menyerupai aslinya, namun terbuat dari bambu. Pedang ini biasanya digunakan untuk berlatih. Ketika masih kecil, Zoro juga menggunakan Shinai di dojo tempat biasa dia berlatih. Sedari kecil, dia juga sudah membiasakan diri untuk menggunakan tiga pedang.

Wado Ichimonji

Pedang Wado Ichimonji adalah salah satu dari 21 pedang dengan kualitas terbaik. Sebelum menjadi milik Zoro, pedang ini dulunya merupakan milik Kuina, teman masa kecil Zoro. Sehingga, pedang ini memiliki nilai sentimentil dan historis yang tinggi bagi Zoro. Sejak pertama kali muncul dan bertemu dengan Luffy, Zoro sudah menggunakan pedang ini.

Wado Ichimonji juga memiliki daya tahan yang luar biasa, karena mampu bertahan dari serangan Yoru, pedang milik Dracule Mihawk, yang kualitasnya satu tingkat diatas pedang Wado Ichimonji. Berdasarkan penuturan Tengu, pedang Ichimonji dibuat oleh seorang pembuat pedang terkenal dari Wano yang sudah kabur dari wilayah ini beberapa abad yang lalu. Namanya adalah Shimotsuki Kozaburo.

Pedang Milik Johnny Dan Yosaku

Dalam arc Arlong Park, Zoro kehabisan pedang karena dua pedang yang dia miliki hancur. Tersisa Wado Ichimonji. Akhirnya dia meminjam dua pedang lainnya dari temannya, Johnny dan Yosaku, untuk bertarung melawan Hatchan. Zoro juga sempat menggunakan kedua pedang ini saat melawan Arlong, namun karena Arlong adalah sosok yang kuat, pedang tersebut bukan miliknya, dan dia pun terluka akibat serangan Mihawk, akhirnya Zoro pun kalah.

Yubashiri

Jika Wado Ichimonji merupakan salah satu pedang dari 20 pedang dengan kualitas terbaik, pedang Yubashiri merupakan salah satu dari 50 pedang dengan kualitas baik, satu tingkat dibawah Ichimonji. Pedang ini diberikan oleh Ipponmatsu dan digunakan ketika dia berada di Loguetown sampai pada cerita di Enies Lobby. Sayangnya, pedang Yubashiri ini harus hancur ketika bertarung melawan salah seorang angkatan laut yang membuat pedang ini berkarat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.