Pengendali Darah

Pengendali air memiliki banyak “cabang” ilmu ketika berbicara mengenai pengendalian. Selain mampu menyembuhkan berbagai luka, para fans juga yakin jika pengendali air memiliki kemampuan lainnya. Dan lagi-lagi teori ini benar, karena ada satu jurus yang sebenarnya sangat dilarang untuk dlakukan yaitu pengendali darah.

Ketika seseorang mengendalikan darah lawan atau targetnya, otomatis sang target tidak bisa melakukan apa-apa. Karena, seluruh tubuhnya dikendalikan oleh pengendali darah tersebut. Konsepnya mirip seperti boneka tali yang biasa digunakan untuk pementasan. Pengendalian darah ini cukup masuk akal, mengingat di dalam tubuh manusia terdapat banyak sekali air dan darah juga termasuk air.

Pengendali Energi

Sudah sejak episode awal, para fans merasa jika selain elemen bumi (air, tanah, angin, dan api) ada kemampuan mengendalikan elemen lainnya. Dan ternyata teori para fans ini benar, karena dalam ceritanya kita diperkenalkan dengan pengendalian energi. Ketika seseorang mampu mengendalikan energi, dia bisa mengambil kemampuan mengendalikan elemen dari seseorang.

Mengendalikan Energi bukanlah perkara yang mudah dan tidak semua orang yang mampu melakukannya. Hanya Avatar (dan beberapa karakter) yang mampu untuk bisa mengendalikan jurus tersebut. Contohnya adalah di akhir episode The Last Airbender, kita melihat raja api mencoba untuk menghilangkan kekuatan dari Aang. Namun, berkat bantuan kekuatan spiritual dari para Avatar sebelumnya akhirnya Aang mampu membalikan keadaan dan justru sang raja apilah yang dinetralkan kemampuannya.

Pengendalian Besi Sampai Batasnya

Para fans sudah lama memperkirakan bahwa akan ada cerita tentang pengendalian unsur lainnya, dan ternyata teori itu benar salah satunya adalah pengendalian besi seperti yang dilakukan oleh Toph Beifong. Ketika sudah membuktikan kebenaran tentang teori tersebut, para fans mulai kembali melontarkan teori tentang seberapa jauh pengendalian tersebut bisa dilakukan.

Dalam komik The Legend of Korra kemudian dijelaskan lebih jauh tentang pengendalian besi. Seperti dugaan fans, pengendalian besi ternyata bisa juga dilakukan untuk kepentingan lainnya seperti menyembuhkan. Ketika tubuh keracunan unsur-unsur besi, para pengendali besi tentunya bisa mengatasi masalah tersebut. Di sisi lainnya pengendalian besi bisa untuk menghancurkan musuh seperti yang dilakukan Toph terhadap tank milik negara api.

Kemampuan Mengendalikan Bukan Hasil Turunan

Sedari awal seriesnya tayang, salah satu pertanyaan yang menjadi perdebatan para fans adalah bagaimana para pengendali tersebut mewariskan kemampuannya. Apakah kemampuan para pengendali tersebut genetik alias merupakan hasil dari keturunan sebelumnya? ataukah kemampuan tersebut dipelajari? Bagaimana sistem kerjanya?

Beberapa percaya jika kemampuan untuk mengendalikan elemen tersebut bukanlah hasil genetik. Lagipula, seorang Avatar tidak memiliki hubungan apapun dengan Avatar sebelumnya. Tidak juga memiliki hubungan dengan para pengendali lainnya. Itulah mengapa Sokka tidak memiliki kemampuan mengendalikan air, meskipun dia berasal dari suku air.

Apa Kelebihan Dari Pengendali Api?

Ada banyak sekali teori tentang pengendalian api. Jika pengendalian air dan juga tanah memiliki “cabang”, tentunya pengendalian api juga memiliki cabang. Kita tahu ada beberapa pengendali api yang mampu “mengendalikan” petir, seperti Zuko, adiknya, dan pamannya. Beberapa fans juga percaya jika dia cukup kuat, pengendali api tersebut bisa mengendalikan lahar panas, yang mana kemudian hal itu dikonfirmasi di seriesnya. Tapi, hal itu hanya bisa dilakukan oleh Avatar yang mana merupakan pengendali api terbaik.