Para pengendali api di Avatar: The Last Airbender memang sangat ditakuti. Bagaimana tidak? Mereka berasal dari Negara Api yang dianggap sebagai penjahat. Pasalnya, mereka selalu menginvasi Negara-negara lainnya untuk memperluas wilayahnya. Karena itulah seorang pengendali api terkenal dengan image “jahat”. Tetapi sebenarnya nih Geeks, tidak semua pengendali api jahat. Ternyata, ada beberapa dari mereka yang menyadari bahwa apa yang dilakukan Negara Api adalah kejahatan, dan para parakter ini justru mengkhianati Negara Api dan berbalik melawan mereka. Siapa saja pengendali api yang berkhianat di The Last Airbender?

5Iroh

Iroh adalah putra Mahkota Azulon dari Negara Api dan merupakan paman dari Pangeran Zuko dan Putri Azula. Sebagai anggota keluarga kerajaan Negara Api, Iroh memiliki kedudukan yang tinggi dan pengaruh yang besar. Sebelum menjadi seperti sekarang, Iroh adalah seorang jenderal yang terkenal dalam militer Negara Api. Dia terlibat dalam penaklukan Ba Sing Se, kota terbesar di Dunia Avatar, tetapi pengepungan tersebut akhirnya gagal.

Iroh memiliki kemampuan yang luar biasa dalam pengendalian api, dan dihormati sebagai salah satu pengendali api terkuat. Namun setelah tragedi yang mengubah hidupnya, dia menarik diri dari politik dan perang. Yap, Setelah kematian putranya yang tragis, Iroh melakukan perubahan dalam hidupnya dengan memilih jalur kebaikan dan kedamaian. Dia menyadari bahwa Negara Api memberikan pengaruh yang buruk bagi keseimbangan.

Karena itulah Iroh kemudian berbalik melawan Negara Api untuk menumbangkan Ozai, yang tak lain adalah saudaranya sendiri. Iroh percaya bahwa semua negara harus hidup berdampingan, dan untuk menjaga keseimbangan, diapun membentuk sebuah tim yang disebut dengan White Lotus. Iroh jugalah yang pada akhirnya merawat Zuko seperti anaknya sendiri dan mampu mengubah Zuko menjadi sosok yang baik pula.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/