Sudah sejak lama saluran Nickelodeon menghadirkan berbagai tayangan series menarik dan juga populer, salah satunya adalah Avatar: The Last Airbender dan The Legend of Korra. Kedua seri Nickelodeon ini juga sempat tayang di saluran TV nasional Indonesia. Karena kepopulerannya, wajar jika series ini sering menjadi bahan diskusi.

Umumnya sebuah diskusi, pasti ada berbagai teori yang diungkapkan oleh mereka. Ada yang hanya sekedar teori, ada juga yang benar-benar terjadi. Lalu, apa saja berbagai teori di dua series Avatar ini yang menjadi kenyataan?

Pengendali Angin Masih Akan Terus Hidup

Di seri Avatar: The Last Airbender (atau The Legend of Aang) kita diperlihatkan bahwa para pengendali angin benar-benar dianggap punah. Tapi, para fans tidak percaya akan hal itu. Mereka percaya jika masih ada pengendali angin yang tersisa. Katara dan Sokka kemudian menemukan Aang yang membeku di dalam es, yang ternyata merupakan pengendali angin terakhir.

Tapi, pengendali angin tidak hanya Aang saja. Di seri selanjutnya, The Legend of Korra, kita diperlihatkan jika Aang memiliki anak seorang pengendali angin dari hubungannya dengan Korra, yaitu Tenzin. Kemudian anak tersebut pun memiliki keturunan yang juga seorang pengendali angin. Sehingga, seiring berjalannya waktu pengendali angin akan kembali bangkit.

Menyembuhkan

Salah satu teori yang pertama muncul tentang para pengendali air adalah mereka memliki kemampuan khusus, contohnya adalah menyembuhkan. Dan ternyata teori ini merupakan teori yang pertama kebenarannya. Dalam cerita The Last Airbender kita melihat jika Katara memang merupakan seorang pengendali air, dan juga sekaligus orang yang mampu menyembuhkan luka dengan kekuatan airnya. Kemampuannya menyembuhkan luka kemudian banyak diperlihatkan di sepanjang seriesnya. Yang jadi pertanyaannya kemudian sampai sejauh mana kemampuan penyembuhan Katara.

Pengendali Tanah Memiliki Kemampuan Lainnya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para fans meras jika para pengendali air bukan hanya mampua untuk mengendalikan dan memanipulasi air. Mereka juga memiliki kemampuan lain, seperti menyembuhkan luka. Hal ini juga berlaku untuk mereka para pengendali tanah. Banyak para fans yang percaya mereka memiliki kemampuan lainnya.

Secara spesifik, para fans percaya jika para pengendali tanah memiliki kemampuan untuk mengendalikan elemen lainnya selain tanah atau bumi. Dan di seriesnya, teori para fans tersebut terbukti benar. Hanya saja memang butuh waktu lama untuk membuktikan hal tersebut.

Pengendali Pasir

Seperti yang disebutkan di atas, para fans yakin jika pengendali tanah akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan elemen lainnya. Jika para pengendali air memiliki kemampuan menyembuhkan, lalu elemen apa lagi yang bisa dikendalikan oleh para pengendali tanah? Salah satu elemen lainnya yang dikuasai oleh para pengendali bumi atau tanah adalah pasir.

Contoh karakter pengendali tanah yang mampu mengendalikan pasir adalah Toph Beifong. Toph adalah karakter yang mengajari Aang jurus mengendalikan tanah. Dalam seriesnya, Toph juga ternyata mampu mengendalikan pasir, meskipun pada awalnya tidak terlalu sempurna. Kemampuan Toph untuk mengendalikan pasir diperlihatkan ketika berusaha untuk menyelamatkan Appa dari para penculik hewan.

Pengendali Besi

Selain mampu mengendalikan pasir, para fans juga menduga ada kemampuan lainnya yang bisa dilakukan para pengendali tanah ini, dan ternyata ada beberapa karakter yang mampu mengendalikan elemen yang berada “diluar” elemen bumi yaitu besi. Toph Beifong adalah orang yang pertama kali menggunakan jurus untuk mengendalikan elemen besi. Pengendalian besinya benar-benar membantu Aang dan yang lain dalam menghadapi segala ancaman.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2