One Piece adalah salah satu seri manga dan anime juga cerita bertema remaja yang terbaik sepanjang masa. Sejak pertama kali kemunculannya pada 1997 silam, sampai saat ini cerita One Piece masih terus eksis. Dengan banyaknya hal yang terjadi di cerita One Piece, mungkin orang perlahan melupakan tentang harta karun yang selama ini menjadi incaran yaitu One Piece.

Sudah sejak lama pertanyaan “apa sebenarnya One Piece?” atau “harta karun misterius apa yang sosok Gol D. Roger tinggalkan untuk mereka yang menemukannya?” terdengar di kalangan pecinta seri ini. Karena harta karun ini masih sangat misterius (bahkan kita belum tahu bentuknya seperti apa), banyak orang yang kemudian berspekulasi tentang hal tersebut. Berikut adalah beberapa spekulasi tentang One Piece

One Piece Sebenarnya Adalah Pertemanan

Banyak orang yang percaya bahwa harta karun yang selama ini dicari sebenarnya tidak ada. Roger sengaja membuat-buat kisah tentang One Piece sebelum eksekusinya dimulai, demi meningkatkan terus “melestarikan” bajak laut. Ketika orang sudah menemukan harta tersebut, otomatis dia atau mereka akan menjadi bajak laut terhebat di dunia.

Tapi, bagaimana jika sebenarnya One Piece adalah sebuah perjalanan dan pertemuan yang mereka lewati ketika mencari harta tersebut? Sayangnya, spekulasi ini kemungkinan besar salah. Karena, menurut Eiichiro Oda harta karun Roger benar-benar berupa harta dalam bentuk fisik. Whitebeard juga pernah mengatakan bahwa dunia akan terguncang ketika One Piece ditemukan.

Harta Pribadi

Satu lagi ide tentang One Piece sebenarnya adalah harta karun tidak selamanya emas. Contohnya adalah bagi Luffy, topi jerami pemberian Shanks sudah menjadi sebuah harta karun berharga baginya. Sama juga dengan apa yang dimaksud harta karun oleh Gol D. Roger, yang kemungkinan bukanlah emas melainkan benda pribadi yang sangat dia cintai atau sukai.

Dari sudut pandang kru bajak laut Roger pun demikian, dimana benda-benda pribadi yang memiliki nilai kenangan atau sentimentil tersebut dianggap sebagai sebuah harta karun bagi pemiliknya dibandingkan harta karun pada umumnya. Sesuatu yang lebih berharga bagi Roger, tentunya akan lebih bernilai dibandingkan satu peti emas.

Sebuah Potongan Sejarah Yang Hilang

Teori lainnya tentang One Piece adalah sesuai dengan terjemahannya yaitu “sebuah potongan”. Lalu, potongan apa yang dimaksud? Potongan tersebut adalah Poneglyph. Poneglyph sendiri merupakan artefak yang ditulis oleh bahasa yang sangat kuno, yang menceritakan secara detail tentang apa yang terjadi di masa lalu. Dalam dunia One Piece, ada sekitar 30 Poneglyph yang berada di dunia tersebut.

Nico Robin adalah satu-satunya kru bajak laut Luffy yang bisa membaca huruf Poneglyph, karena dia berasal dari Ohara, sebuah wilayah yang sudah hilang. Pemerintah dunia juga sudah mengumumkan bahwa Poneglyph adalah sebuah hal yang berbahaya karena memiliki detail tentang senjata super seperti Poseidon, Uranus, dan Pluton.

Poneglyph sendiri pertama kali dibuat di wilayah Wano oleh keluarga Kozuki. Mereka menceritakan tentang abad yang hilang melalui Poneglyph ini. Gol D. Roger merupakan keturunan dari keluarga Kozuki. Ada beberapa bukti jika One Piece memiliki kaitan dengan Poneglyph. Empat “Road Poneglyph” yang menginstruksikan orang-orang untuk mengikuti jalur tertentu yang akhirnya menuju ke Laugh Tale, sebuah pulau yang hanya Rogers juga krunya yang pernah pergi kesana. Banyak yang percaya jika One Piece disimpan di pulau tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2