Dalam sejarah cerita di buku komik, beberapa karakter yang sangat kejam, gelap, dan gila sudah sering kali dimunculkan. Biasanya karakter tersebut merupakan sosok villain yang harus dihadapi oleh karakter atau hero protagonis. Dua diantaranya adalah karakter villain klasik yang sama-sama seorang psikopat dan senang untuk membuat kekacauan, Carnage dan Joker. Lalu, siapa yang akan menang dalam pertarungan tersebut?

Kekuatan Musuh: Carnage

Carnage memiliki symbiote yang berpihak kepadanya dan itu yang menjadi sumber kekuatan yang besar bagi Carnage. Wajar jika kemudian dia menjadi salah satu villain yang kuat dan ditakuti. Tentunya butuh seseorang yang seimbang, atau melebihi dari sosok Carnage untuk bisa menaklukannya. Di sisi lain, Joker merupakan musuh utama bagi Batman dan Bat Family.

Meskipun Joker merupakan seorang yang berbahaya dalam cerita DC Comics, pada dasarnya Joker hanyalah seorang pria biasa. Berbeda dengan sosok Cletus Kasady yang sedari awal memang sudah menjadi seorang pembunuh berdarah dingin dan psikopat. Musuh yang harus dihadapi adalah Venom dan Spider-Man. Mereka memang bukan karakter terkuat di Marvel Universe, tapi keduanya memiliki kekuatan lebih dibanding Bat Family.

Power: Carnage

Rasanya memang tidak adil untuk membandingkan kedua karakter ini dari sisi kekuatan. Pasalnya Carnage sudah bisa dipastikan akan menang dalam poin ini, dengan kelebihan kekuatan super yang dia dapatkan dari symbiote. Dengan kekuatan super tersebut, Carnage justru berubah menjadi sosok yang lebih brutal dan lebih menyeramkan dari sebelumnya.

Untuk Joker, seperti yang kita ketahui dia tidak memiliki kekuatan super apapun dalam petualangan gilanya untuk menghabisi Batman. Untuk itulah, jika pertarungan keduanya berlangsung Cletus bisa memiliki kelebihan dari sisi kekuatan.

Kecerdasan: Joker

Cletus mungkin merupakan karakter yang paling kuat dari Joker, dengan kekuatan super dari symbiote yang dia miliki. Tapi, dia tidak lebih pintar dari Joker. Berdasarkan apa yang sudah diperlihatkan, Joker sudah menampilkan berbagai trik dan kejutan gila yang memberikan twist tersendiri dalam cerita di DC Comics saat pertarungannya melawan Batman.

Joker juga menciptakas gas tawa, yang artinya Joker pandai dalam hal kimiawi. Berbeda dengan Carnage yang hanya mengedepankan ototnya saja dan kekuatan. Joker merupakan sosok yang sudah memperhitungkan semuanya, oleh karena itu dia merupakan karakter yang sukar ditebak dan sulit ditaklukan. Sedangkan Carnage sering melakukan aksinya tanpa pertimbangan. Tapi, baru-baru ini Carnage lebih pintar dari biasanya dengan merencanakan sesuatu setelah pembunuhan masal ynag dia lakukan.

Sekutu: Joker

Joker mungkin salah satu karakter gila yang pernah diciptakan, namun dia tetap memiliki sekutu yang bisa saja membantunya meskipun tidak secara langsung. Kebanyakan dari hubungan kerja sama tersebut dibangun atas dasar paksaan, buktinya adalah dia sering kali mendapatkan bantuan untuk mengalahkan Batman dalam cerita komiknya.

Joker memiliki Legion of Doom, Harley Quinn, sampai Batman sekalipun. Carnage sendiri merupakan karakter yang sering beraksi sendiri. Meskipun dia pernah bekerja sama dengan karakter Marvel lainnya di masa lalu, Carnage bukanlah tipe karakter yang membaurkan dirinya terhadap orang lain, yang kemungkinan diakibatkan oleh rasa harusnya untuk membunuh.

Pengalaman: Joker

Karena dia pertama kali muncul pada 1940, bisa dikatakan jika Joker lebih berpengalaman sebagai seorang karakter dan seorang pembunuh mengerikan dibandingkan Carnage. Bahkan, seiring berjalannya waktu Joker juga terus berkembang menjadi sosok yang semakin mengerikan dan lebih mematikan, selain terus menjadi musuh bebuyutan dari Batman.

Joker juga merupakan karakter yang memiliki tingkat popularitas yang tinggi, yang artinya dia muncul di lebih banyak cerita yang semakin menambahkan pengalamannya sebagai seorang karakter. Namun, bukan berarti Carnage merupakan karakter yang tidak populer. Selama ini, Carnage juga dikenal merupakan musuh bagi Venom, apalagi Marvel sekarang kembali menampilkan komik yang menghadirkan sosok Carnage.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2