Kepribadian: Seimbang

Tidak ada yang menang untuk poin ini. Meskipun keduanya banyak terdapat perbedaan, satu hal yang sama dari diri mereka adalah kepribadian atau mental atau personalitas. Baik Carnage ataupun Joker sama-sama merupakan seorang psikopat dan pembunuh berdarah dingin. Tidak adanya belas kasihan yang mereka tampilkan membuat mereka menjadi sosok yang ditakuti.

Keduanya juga mungkin memiliki perbedaan dari pendekatan kriminal mereka, tapi keduanya memiliki pemikiran jahat yang sama. Joker dikenal sebagai sosok yang gila, hal ini juga berlaku kepada diri Cletus Kasady. Jadi, rasanya tidak ada yang “lebih baik” diantara keduanya.

Sejarah: Joker

Meskipun banyak detail dari masa lalu kelam Kletus yang masih menjadi misteri, ada beberapa detail yang tetap dikenal di Marvel Universe (contohnya adalah dia seorang psikotpat dan pembunuh). Namun, berbeda dengan Joker yang belum diketahui secara pasti bagaimana masa lalunya. Salah satu cerita populer, Batman: The Killing Joke dianggap sebagai cerita yang bisa mewakili origin Story Joker. Namun, dia sendiri tidak yakin akan hal tersebut.

Berdasarkan hal tersebut banyak orang yang menganggap Joker sebagai sosok yang misterius, dan hal itu membuatnya semakin mematikan. Tanpa detail apapun dari masa lalunya, sangat sulit untuk menganalisis Joker dari sisi psikologisnya. Hal itu juga semakin membuat Joker menjadi karakter yang sulit ditebak dari karakter lainnya.

Pantang Menyerah: Joker

Spider-Man dan Venom mungkin memang menjadi musuh bebuyutan bagi Carnage. Tapi, Carnage sendiri tidak pernah ingin untuk membalas dendam atas apa yang sudah dilakukan oleh kedua karakter tersebut. Joker, di sisi lain, memiliki dendam pribadi kepada Batman. Seperti diperlihatkan dalam versi New 52, terungkap bahwa sebenarnya Joker merupakan “teman dekat”dari sosok Batman. Apapun tindakan kejahatan yang dia lakukan, dia justru merasa membantu Batman untuk terus berkembang.

Kegagalan yang terus didapatkan oleh Joker akibat pencegahan yang dilakukan oleh Batman justru memuatnya semakin mencoba dengan keras, yang secara teori justru membuat Batman semakin kuat dan menjadi sosok pahlawan yang lebih baik. Melihat hal itu, rasanya sulit untuk melihat Joker akan menyerah terhadap Batman dalam waktu dekat.

Peralatan: Joker

Bisa dikatakan Joker menang mudah untuk urusan equipment atau peralatan yang digunakan ketika menghadapi musuh utamanya. Carnage sendiri memiliki peralatan yang mumpuni untuk menghadapi musuhnya, meskipun kebanyakan diantaranya adalah senjata tajam seperti pedang, kapan, dan lain-lain. Namun, senjata tersebut tentunya berasal dari symbiote yang ada dalam dirinya.

Joker sendiri memiliki beberapa peralatan yang pernah digunakan melawan Batman, seperti bunga yang memiliki cairan asam sehingga bisa membuat Batman terluka bakar, senjata mainan, sampai pada alat kejut listrik mainan. Tapi, Joker sendiri pernah menggunakan senjata asli seperti pistol atau senjata api lainnya.

Kemenangan Terbesar: Joker

Rasanya tidak ada villain yang sudah melakukan banyak masalah dibandingkan apa yang sudah dilakukan Joker terhadap Batman. Joker pernah berhasil mengalahkan Jason Todd sampai mati. Hal itu benar-benar memberikan dampak yang sangat dalam bagi sosok Batman. Setelah kematian Jason Todd, Batman benar-benar berusah bangkit dari kekalahan tersebut.

Ketika Jason kembali dari kematiannya berkat Lazarus Pit, Batman kembali harus berjuang mencari cara bagaimana caranya untuk memaafkan atas apa yang sudah dia lakukan kepada Jason. Carnage memang merupakan seorang villain yang kejam dan mengerikan, tapi Carnage masih belum mencapai seperti apa yang dilakukan oleh Joker kepada Batman.

Pemenangnya: Joker

Berdasarkan penilaian di atas, Joker masih lebih baik dibandingkan Carnage. Sejarah panjang perseteruannya dengan batman secara tidak langsng membuatnya salah satu villain yang terbaik sepanjang masa. Meskipun kedua karakternya sama-sama gila dan psikopat, apa yang sudah dilakukan Joker terhadap Batman sudah melebihi apa yang dicapai oleh Carnage. Jadi, bisa dibilang Joker adalah pemenangnya.