Bantuan: Justice League

DC dan Marvel sebenarnya sama-sama memiliki bantuan yang cukup kuat, sehingga penentuan untuk poin ini sebenarnya sangat tipis. Tapi, jika harus dibandingkan Justice League masih lebih unggul dibanding Avengers. Justice League tidak hanya memiliki bantuan yang tersebar di seluruh universe, tapi juga memiliki anggota dari masa depan.

Sebenarnya Avengers sendiri memiliki bantuan yang berasal dari karakter-karakter yang kuat, seperti Silver Surfer, namun Justice League memiliki sekutu di Apokolips dan New Genesis dimana sekutu mereka sudah menyempurnakan Mother Boxes. Karakter seperti AMAZO yang berasal dari DCAU, bisa menghancurkan planet hanya dalam waktu dua detik saja.

Bantuan Musuh: Justice League

Ada sebuah pertanyaan yang bisa menjadi bahan diskusi: seberapa sering para karakter antagonis berubah menjadi sekutu bagi karakter protagonis? Hal ini sudah terjadi di kedua kubu, seperti Doctor Doom yang pernah bergabung dengan Avengers, sementara Justice League pernah memiliki Lex Luthor sebagai anggota mereka. Bahkan Darkseid pun pernah bergabung.

Untuk itu, di poin ini Justice League memiliki keuntungan dibanding Avengers. Jika keadaan terdesak, baik Darkseid atau Lex Luthor atau karakter villain jenius lainnya bisa bekerja sama dengan para Justice League dan tentunya akan memberikan Avengers sebuah mimpi buruk yang mengerikan.

Kemenangan Sebelumnya: Justice League

Dalam komik crossover JLA/Avengers yang dirilis pada 2003 silam, keduanya sempat berseteru dalam sebuah perang besar. Namun, kemudian mereka sadar jika mereka sudah dipermainkan oleh para villain di masing-masing universe. Saat pertarungan besar terjadi, para karakter bertarung dengan karakter yang sesuai atau mirip dengan kekuatan mereka. Kecuali Superman yang bertarung melawan Thor.

Dalam pertarungan tersebut, Thor harus kalah oleh Superman. Setelah perang besar tersebut barulah mereka sadar jika mereka telah dimanipulasi, dan semua hal yang terjadi sebelumnya merupakan kesalah pahaman. Akhirnya keduanya pun bekerja sama untuk menghancurkan para villain. Jika memang harus dihitung kemenangannya, Justice League keluar sebagai juaranya.

Mengeluarkan Musuh Dari Area Pertempuran: Avengers

Para pecinta komik dan cerita superhero pastinya akan menganggap poin ini sebagai sebuah langkah yang curang, karena mengeluarkan musuh dari area pertempuran merupakan salah satu langkah mudah untuk memenangkan pertarungan. Satu orang bisa melakukan hal tersebut, yaitu Doctor Strange. Dia bisa membuka banyak portal dan “menggulingkan” mereka semua ke dalam portal tersebut.

Satu karakter Justice League yang bisa menandingi kekuatan tersebut adalah palu milik Hawkgirl, yang memiliki kekuatan untuk menandingi kekuatan sihir. Namun, Doctor Strange masih bisa melakukan perlawanan dan membuat Hawkgirl pergi ke sebuah tempat dengan portalnya.

Pemenangnya: Justice League

Dengan banyaknya keuntungan yang dimiliki oleh Justice League, mereka merupakan lawan tyang terlalu tangguh bagi para Avengers. Mungkin para Avengers masih bisa memberikan perlawanan dalam perang besar ini jika melibatkan tim lain seperti X-Men, namun para Avengers sendiri rasanya masih belum mampu menandingi Justice League.

Justice League hampir menguasai dari semua aspek dan sisi (kecuali sihir), dan mampu untuk menutupi kelemahan mereka dari kelebihan Avengers. Pertarungan keduanya tentu akan sangat epik jika benar-benar terjadi. Namun, jika hal ini benar terjadi Superman, Wonder Woman, dan seluruh Justice League memiliki kesempatan dan peluang menang yang lebih besar dibanding Steve Rogers dan yang lainnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.