DC dan Marvel, merupakan dua penerbit ikonik yang memiliki pengaruh besar terhadap berbagai budaya pop yang berkembang dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan, bukan hanya budaya pop kedua penerbit ini seakan sudah menjadi benchmark untuk berbagai cerita superhero. Baik DC ataupun Marvel, keduanya memiliki karakter superhero yang kuat dan menarik.

DC dan Marvel juga memiliki kelompok pahlawan yang sama-sama kuat, yaitu Justice League dan Avengers. Rasanya tidak mungkin tidak ada fans yang sering berfantasi jika keduanya saling bertarung (pernah terjadi di dalam komik). Jika memang pertarungan kedua kelompok superhero ini harus clash, siapa yang akan menang? Berikut adalah analisanya.

Tanpa Batasan: Avengers

Marvel mungkin dikenal sebagai perusahaan yang ramah terhadap anak-anak, dibandingkan DC yang sangat gelap penuh dengan kesedihan. Namun, jika berbicara tentang moral para superhero DC masih bisa menahan dirinya untuk tidak membunuh siapapun. Batman dan Superman merupakan dua orang pahlawan yang dikenal memiliki aturan untuk tidak membunuh siapapun (meskipun dalam beberapa event dan versi, keduanya pernah membunuh lawannya).

Semantara itu, Marvel meninggalkan hal tersebut dan akan menghabisi siapapun yang mengancam hidup manusia. Contohnya kita bisa lihat di film Avengers: Endgame dimana mereka membunuh Thanos dengan menebas kepalanya. Beberapa hero mungkin menahan diri, seperti Spider-Man, tapi untuk sebagian sisanya mereka akan melakukannya tanpa ampun. Jika pertarungan keduanya terjadi, Marvel mungkin akan lebih all-out dibandingkan DC.

Taktik: Justice League

Kedua pihak memiliki karakter yang cerdas dan memiliki otak yang besar. Namun, yang menjadi poin pembahasannya adalah bukan dari seberapa besar otak atau kecerdasan yang dimiliki. Melainkan seberapa besar kemampuan untuk bisa memenangkan pertarungan ini. Jika berbicara taktik, rasanya tidak ada yang bisa mengalahkan seorang Bruce Wayne alias Batman yang memliki kemampuan deduksi dan taktik yang luar biasa.

Dalam cerita Justice League, Batman memiliki rencana untuk mengalahkan seluruh anggota Justice League jika mereka berubah menjadi jahat. Hal inilah yang sempat diprotes oleh anggota Justice League lainnya. Jika pertarungan keduanya terjadi, Batman mungkin sudah memiliki dua sampai tiga langkah di depan Avengers.

Kekuatan: Justice League

Heavy Hitter atau seseorang yang memiliki kekuatan besar, merupakan orang yang bisa menentukan kemenangan dalam sebuah pertarungan. Doctor Strange merupakan salah satu karakter yang memilki kekuatan sihir yang dahsyat dan bisa menjadi penentu kemenangan. Namun, jika menghadapi seseorang yang memiliki kekuatan yang dahsyat seorang Doctor Strange pun mungkin tidak akan sanggup melawannya.

Marvel tidak memiliki karakter yang memiliki tipe ini, sedangkan di kubu sebrang mereka memiliki seorang Superman yang bisa saja menghabisi Thor atau Hulk dengan mudah. Jika Superman butuh bantuan, Aquaman dan Wonder Woman siap membantu. Keduanya juga merupakan sumber kekuatan besar bagi Justice League.

Kekuatan Utama: Justice League

Mungkin sebagian Geeks ada yang keberatan dengan poin ini, tapi faktanya Justice League memiliki keuntungan ini. Superman, Wonder Woman, dan Aquaman, mungkin memiliki kekuatan yang besar yang bisa mengimbangi kekuatan Thor atau Hulk. Tapi, The Flash bisa mengimbangi mereka bahkan mungkin menjadi karakter overpowered yang bisa mengalahkan semuanya dengan mudah.

The Flash memiliki kemampuan untuk bisa pergi kemanapun dia mau, masa depan atau masa lalu, dia juga bisa bergerak yang bahkan lebih cepat dari Quicksilver. Justice League juga memiliki Martian Manhunter yang bisa menghancurkan otak seseorang dan melakukan telepati dari jarak jauh. Scarlet Witch mungkin bisa memberikan sedikit perlawan kepada Martian, tapi dengan adanya The Flash mungkin Scarlet tidak memiliki kesempatan tersebut.

External Power: Avengers

DC mungkin memiliki banyak sekali senjata-senjata dahsyat yang tersimpan di universe mereka. Salah satu contohnya adalah Anti-Life Equation, yang sering dikaitkan dengan sosok Darkseid. Senjata tersebut bisa digunakan saat peperangan besar antara DC dan Marvel terjadi. Namun, kekuatannya tidak sebanding dengan Infinity Stones yang memiliki kekuatan yang lebih dahsyat.

Para pengguna Infinity Stones akan diberkahi dengan kekuatan untuk mengabulkan apapun. Kekuatan, realita, waktu, apapun. Contoh nyatanya adalah Avengers bisa menggunakan Infinity Stones untuk menghapus Justice League dalam satu jentikan jari, dan mengirimkan mereka ke Soul World untuk selamanya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2