One Piece sering diperhitungkan sebagai salah satu seri Shonen terpopuler sepanjang masa. Manga karya Eiichiro Oda ini sudah dimulai sejak 1997 silam dan sampai saat ini, manganya sendiri masih terus dirilis setiap bulannya. Artinya One Piece sudah muncul selama 22 tahun. Selama 22 tahun tersebut tentunya ada banyak sekali pertanyaan, misteri, dan juga kejadian yang menarik.

Kejadian yang menarik tersebut membuat para fans One Piece kemudian memunculkan beragam teori. Meskipun sebagian teori masih belum bisa dikonfirmasi kebenarannya, ternyata ada beberapa teori lainnya yang terbukti benar. Diantara teori yang benar tersebut, bahkan butuh bertahun-tahun untuk membuktikannya. Apa saja teori para fans yang menjadi kenyataan tersebut?

Buggy Menjadi Shichibukai

Buggy si badut merupakan salah satu karakter villain yang muncul di awal seri. Meskipun dia tidak sekejam villain pada umumnya (dan lebih terkesan konyol) Buggy tetap saja bisa memberikan teror pada Luffy dengan kemampuannya. Namun, seiring berjalannya cerita Buggy sekarang tidak lagi menjadi villain bagi Luffy dan lebih menjadi sekutu bagi bajak laut topi jerami.

Buggy dulunya merupakan anak buah di kapal bajak laut Gold D. Roger, bersama dengan Shanks si rambut merah. Setelah pertarungan besar di Marineford, Buggy menerima pesan dari pemerintah dunia. Para fans kemudian memunculkan teori jika pesan tersebut merupakan ajakan kepada Buggy untuk mengisi poisis Shichibukai, sebuah grup yang berisi tujuh orang bajak laut tangguh yang bekerja untuk pemerintah dunia dan angkatan laut. Teori ini kemudian dikonfirmasi di manganya pada chapter 700.

Momonosuke Bukan Anak Kin’emon

Dalam arc Punk Hazard, Oda memperkenalkan seorang samurai bernama Kin’emon dan anaknya yaitu Momonosuke. Namun, banyak fans yang tidak percaya dengan hal tersebut. Teori ini didukung oleh fakta-fakta seperti cerita dibalik nama mereka dan juga bagaimana mereka saling memanggil satu sama lainnya.

Sebagian fans juga berpikir jika bagaimana sifat protektif Kin’emon kepada Momonosuke, juga hubungannya dengan bajak laut Kaido, membuktikan bahwa ada sesuatu yang lain dari sekedar anak kecil biasa. Ternyata di chapter 817 kemudian terungkap jika Momonosuke bukanlah anak dari Kin’emon, melainkan anak dari mantan Daimyo negara Wano, Kozuki Oden.

Shirahoshi Adalan Senjata Kuno

Dari sekian banyak teori, yang paling populer adalah teori tentang senjata kuno yang sangat dahsyat yaitu Pluton, Poseidon, dan Uranus. Sampai sejauh ini, sudah ada dua Ancient Weapon atau senjata kuno yang terungkap di ceritanya, tersisa Uranus yang masih belum terungkap. Diantara dua senjata lainnya, Poseidon merupakan senjata kuno yang unik.

Berbeda dengan Uranus, Poseidon, yang memberikan seseorang kemampuan untuk bisa mengendalikan raja lautan, merupakan sebuah “senjata” atau bisa dibilang merupakan senjata yang hidup. Senjata tersebut adalah sang putri sendiri, yaitu putri duyung Shirahoshi. Beberapa bulan sebelumnya, salah seorang fans pernah berteori jika dialah senjata kuno Poseidon. Ternyata teori ini benar, dan dibuktikan saat perilisan chapter 649.

Lola Adalah Anak Big Mom

Lola merupakan kapten dari bajak laut Rolling, yang pertama kali muncul dalam arc Thriller Bark. Tidak perlu waktu lama bagi Lola untuk bisa akrab dengan bajak laut topi jerami, bahkan dia sempat menolong Nami dan memberikan Vivre Card milik ibunya. Pada saat itu, identitas ibu dari Lola sendiri masih misterius. Sebuah teori muncul jika Lola merupakan anak dari salah satu Yonko, Big Mom.

Petunjuknya adalah sebelum Lola memberikan Vivre Card tersebut, dia mengatakan jika dia lahir di New World. Salah satu bawahan Lola juga mengkonfirmasi jika ibunya merupakan seorang bajak laut yang terkenal. Saat arc pulau duyung, banyak fans yang sadar jika bendera milik Big mom mirip dengan milik Lola. Teori ini kemudian terbukti di chapter 835.

Prediksi Transformasi Carrot

Anggota dari suku Mink merupakan orang-orang yang sangat kuat dan tangguh dalam hal bertarung di cerita One Piece. Anak-anak mereka bahkan lebih kuat dibandingkan para bajak laut dewasa. Selain kemampuan manusia super mereka dan juga kemampuan untuk mengejutkan musuh, suku Mink juga memiliki kemampuan untuk berubah menjadi bentuk Sulong.

Diantara arc Zou dan Whole Cake Island, ada beberapa petunjuk yang mengindikasikan adanya hubungan antara suku Mink dan gerhana bulan. Para fans kemudian memunculkan teori jika suku Mink sama seperti manusia serigala, yang bisa berubah wujud ketika gerhana bulan penuh terjadi. Hal ini dikonfirmasi di chapter 888, ketika Carrot berubah menjadi Sulong dengan melihat ke arah gerhana bulan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2