Captain America: The first Avengers/Avengers: Endgame

Meskipun kedua film ini memiliki jarak kurang lebih hampir satu dekade lamanya, kedua akhir filmnya secara unsur intrinsik memiliki keterkaitan dan saling menguatkan satu sama lainnya. Dalam film Captain America: The First Avenger, kita melihat sebuah momen yang mengejutkan dimana Steve Rogers tiba di masa depan. Namun, sayangnya dia menyatakan bahwa dia memiliki jadwal kencan.

Di film Avengers: Endgame, setelah menjadi salah satu pahlawan yang paling hebat yang pernah ada di bumi, Steve akhirnya memenuhi janjinya untuk berkencan dengan orang yang dia cintai, Peggy Carter. Kedua akhir ceritanya saling berkaitan, dan akhir cerita tersebut bisa dibilang merupakan salah satu momen paling luar biasa di MCU.

Star Wars: The Last Jedi

Ada banyak sekali kritik yang dtujukan kepada film Star Wars: The Last Jedi. Banyak diantara kritikan tersebut yang memang benar dan beberapa kritik diantaranya tidak terbukti benar. Tapi, cerita akhir filmnya merupakan salah satu yang terbaik dalam cerita Star Wars. Untuk Luke Skywalker, akhirnya kita melihat petualangan akhir dari Luke setelah 40 tahun. Sedangkan untuk karakter Rey yang memimpin Resistance, merupakan seorang pahlawan yang baru saja muncul dan merupakan penerus dari Luke.

Inception

Film Inception karya Christopher Nolan merupakan sebuah gebrakan baru di dunia film, mulai dari musik karya Hans Zimmer, efek visual yang mengagumkan, sampai pada jalan cerita yang penuh dengan twist. Rasanya sampai saat ini, bahkan film Avenger: Endgame pun, belum bisa mengungguli film Inception. Tapi, cerita akhirnya merupakan sesuatu yang luar biasa.

Apakah semua hal akhir tersebut benar-benar terjadi? Apa arti dari semua hal itu? Sampai saaat ini, akhir cerita film Inception masih menjadi sebuah subjek perdebatan hangat di internet. Berbagai penjelasan tentang akhir filmnya juga banyak diungkapkan, namun ambiguitas merupakan inti dari apa yang ingin disampaikan oleh Nolan. Cerita akhirnya bukan memberikan kita sebuah akhir, tapi berbagai akhir.

Avengers: Infinity War

Disebut-sebut sebagai film crossover terbesar, dengan puluhan aktor papan atas yang berkumpul di satu film, Infinity War menghadirkan cerita bagaimana para Avengers dan karakter lainnya berkumpul dan bekerja sama untuk mengalahkan musuh utama yaitu Thanos. Namun, bukan hal itu yang menjadi film ini fenomenal di kalangan pecinta Marvel, melainkan bagaimana cerita akhirnya.

Di akhir filmnya, kita melihat bagaimana satu persatu sebagian besar Avengers berubah menjadi debu dan menghilang akibat Snap yang dilakukan oleh Thanos, setelah dia berhasil mengumpulkan keenam Infinity Stones. Momen tersebut membuat banyak dari para fans Marvel terkejut dan sedih, bahkan ada yang sampai trauma dengan ending tersebut. Namun, tentunya kita tahu bahwa mereka pasti akan kembali di film selanjutnya dan itu terbukti.

Toy Story 4

Rumah produksi film animasi, Disney-Pixar, selalu bisa mewujudkan apa yang menjadi imajinasi setiap manusia. Contohnya adalah film Toy Stoy, dimana mereka mengangkat tema mainan yang hidup ketika tidak ada manusia di sekitarnya. Berbagai petualangan seru dilewati oleh Woody dan kawan-kawan dalam 2 filmnya. Disaat banyak orang yang sedih dengan akhir di Toy Story 3, kita dikejutkan dengan film Toy Story 4.

Toy Story 3 memang menjadi akhir bagi Woody dan Andy, tapi Toy Story 4 benar-benar menjadi cerita akhir bagi Woody sebagai sebuah mainan yang dimainkan oleh satu pemilik. Filmnya juga memperlihatkan kita tentang hubungannya dengan Buzz dan juga sebuah pengungkapan tentang perasaannya  yang sebenarnya. Akhir dari cerita filmnya juga membuka kemungkinan tentang petualangan lain dari Woody. Dengan Woody yang sudah bukan milik siapa-siapa lagi, dia sekarang bisa bebas berpetualang.

 

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.