Di dekade 2010an ini kita sudah banyak melihat berbagai film dengan akhir yang sangat berkesan, menggugah pikiran, dan juga membuat penasaran. Sudah banyak film yang mencoba untuk menghadirkan akhir yang baik dan juga film yang hancur akibat cerita akhir kurang baik. Bila akhirnya baik, tidak jarang para fans ingin film tersebut dilanjutkan. Bahkan, tidak sedikit akhir yang menimbulkan kesan yang menyenangkan bagi para penonton. Berikut adalah akhir film terbaik dalam satu dekade terakhir.

The Social Network

Kesuksesan media sosial Facebook saat ini merupakan sebuah fenomenal yang sangat luar biasa. Facebook sendiri diciptakan oleh Mark Zuckerberg dan sekarang menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Kesuksesan Mark dengan media sosial Facebooknya, tentunya membuat banyak orang penasaran bagaimana cerita dibalik kesukesan tersebut.

The Social Network merupakan film yang mengangkat kisah nyata dari pembentukan Facebook, mulai dari awal sampai sukses seperti saat ini. Film ini diperankan oleh Jesse Eisenberg yang berperan sebagai Mark Zuckerberg. Di akhir ceritanya, kita diperlihatkan berapa banyak uang yang dihasilkan dari Facebook dan bagaimana dia harus “mengkhianati” sahabatnya. Ada hal menarik dari cerita akhirnya, dimana sebanyak apapun uang yang dimiliki oleh Zuckerberg dia tetaplah seorang Zuckerberg yang tidak memiliki kekasih.

Logan

Logan merupakan film terakhir yang diperankan oleh Hugh Jackman dalam perannya sebagai Wolverine. Sejak trailer pertama filmnya, Logan sudah memberikan gambaran jelas bahwa filmnya akan sangat menyakitkan. Hanya saja, kita masih belum tahu sejauh mana rasa sakit tersebut. Di akhir filmnya, kita melihat bagaimana Wolverine bertarung untuk yang terakhir kalinya dalam sebuah pertarungan yang ganas dan brutal.

Meskipun menghadirkan sebuah pertarungan yang ganas dan brutal dari sosok Wolverine, filmnya juga memastikan para penontonnya menerima perpisahan terakhir dari sosok Logan. Logan benar-benar berusaha untuk mencegah Laura untuk tidak menjadi sepertinya, dan menggunakan akhir kehidupannya untuk memberikan masa depan yang cerah bagi Laura. Dengan diiringi tangisnya dia kemudian memanggil Logan sebagai ayahnya, dan dengan seluruh X-Men menguburnya dengan tanda ‘X’, membuat cerita akhir Logan ini menjadi klimaks yang menghancurkan hati para fans.

Ex Machina

Alex Garland membuktikan dirinya sebagai seorang sutradara visioner melalui film Ex Machina, sebuah film fiksi ilmiah yang menghadirkan banyak elemen, dan cerita akhir yang membuat internet berguncang. Ava, yang diperankan oleh Alicia Vikandar, mampu membunuh Nathan dan merencanakan usahanya untuk kabur dengan bantuan Caleb. Caleb sendiri tidak ikut kabur bersama Ava.

Ketika Ava pergi, Caleb berteriak di jendela, dan hal tersebut bukan hanya mengaburkan garis antara robot dan manusia, tapi juga berbagai komentar tentang kecerdasan buatan juga kehidupan itu sendiri. Saat Ava berbaur dengan kerumuman, film ini seolah ingin memberitahukan kepada kita bahwa kita (manusia) bisa digantikan oleh para robot.

The Dark Knight Rises

Film ini mungkin tidak sepopuler film kedua dari trilogi Batman Christopher Nolan, The Dark Knight, dan film ini juga memiliki kelemahannya sendiri. Namun, sebagai cerita penutup dari trilogi tersebut film The Dark Knight Rises merupakan film yang pas untuk menutup cerita sebelumnya. Batman berusaha untuk menyelamatkan kota Gotham untuk yang terakhir kalinya, dan mereka percaya jika Batman sudah tewas.

Pada awalnya, Batman dianggap sebagai seorang vigilante, seseorang yang senang untuk main hakim sendiri. Warga Gotham pun sempat ingin Batman menunjukan jati dirinya, akibat banyaknya polisi Gotham yang tewas. Namun, di akhir film ini warga Gotham sadar jika Batman merupakan pahlawan dan pelindung mereka. Bagi Bruce sendiri, akhirnya dia bisa memenuhi mimpi dari seorang Alfred dimana dia pensiun, dengan seorang gadis cantik impiannya, dan berlibur di tempat biasa dia pergi.

Rogue One: A Star Wars Story

Rogue One: A Star Wars Story merupakan sebuah film antologi yang menjadi empasis atau menjadi film yang menjelaskan berbagai hal yang terjadi di bagian kedua dari seri Star Wars. Tapi, film Rogue One ini lebih banyak dikenang karena apa yang terjadi di lima menit terakhir filmnya. Ketika Darth Vader naik ke kapal pasukan pemberontak, film Rogue One memberikan para fans Star Wars apa yang mereka ingin lihat sedari dulu.

Filmnya akhirnya memperlihatkan sosok Darth Vader sebagai monster, dengan kekuatan Force yang sangat mengerikan. Adegannya benar-benar sangat menakjubkan dan apa yang dirasakan oleh Darth Vader tersebut merupakan penyeimbang dari kemunculan Leia dan juga inti dari franchise Star War, yaitu harapan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2