Kita mungkin telah mengetahui sebelumnya bahwa Indonesia sempat dijadikan Markas Gundam. Tapi taukah kalian bahwa letak tepatnya markas Gundam tersebut berada di pulau Sumatera atau lebih spesifiknya berada di Pekanbaru Provinsi Riau. Hal itu terungkap dalam seri Gundam Thunderbolt volume 10 chapter 80.

Dijadikannya pulau Sumatra sebagai tempat utama dalam seri manga atau anime tentu adalah hal yang baru. Karena biasanya sebuah manga ataupun anime jarang sekali memasukan latar tempat di luar pulau bali. Tapi pernah juga ada sebuah Light Novel yang menceritakan pulau Kalimantan didalamnya.

Selain itu dalam seri Gundam Thunderbolt ini, sempat disebutkan pula makanan yang mungkin digandrungi oleh masyarakat Indonesia dan bahkan tingkat kepopulerannya sampai ke luar negeri yaitu Nasi Goreng. Dalam komik tersebut juga digambarkan kondisi kota Pekanbaru yang bahkan seperti tempat yang benar-benar ada versi aslinya.

Jika masih ingat, Indonesia pun pernah ada di dalam manga Tsubasa, dimana kita menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi piala dunia. Dalam manga tersebut, kita juga dapat melihat ikon-ikon monumental di Jakarta, seperti stadion GBK, Bundaran HI, serta Hotel Indonesia seperti yang bisa kalian lihat di artikel ini: Indonesia Pernah Jadi Tuan Rumah di Captain Tsubasa!