Horor adalah jenis film yang ditujukan untuk membuat penonton merasa takut, cemas, atau terkejut dengan menggunakan berbagai elemen horor, seperti adegan-adegan yang menegangkan, musik yang menakutkan, dan penampakan makhluk atau kejadian supranatural. Tujuan utama dari film horor adalah untuk memicu reaksi emosional yang intens pada penonton. Di Indonesia, ada banyak sekali film horor yang bertebaran. Tetapi tidak semua film horor Indonesia diterima dengan baik. Ternyata ada juga beberapa film horor yang dicekal karena berbagai alasan. Apa saja?

5Kiblat

Mungkin ini menjadi film yang paling hangat-hangatnya belakangan ini. Film Kiblat dikecam oleh sejumlah umat muslim. Bahkan ketua MUI bidang dakwah, Cholil Nafis, menyebut bahwa film Kiblat sebagai “Kampanye hitam terhadap ajaran agama”. Nah setelah kecaman yang terus muncul, Lembaga Sensor Film (LSF) akhirnya turun. LSF mengkonfirmasi bahwa film Kiblat masih belum lulus sensor dan masih dalam tahap peninjauan, sehingga masih belum jelas apakah Kiblat akan rilis di bioskop atau tidak.

Kecaman sebenarnya dimulai ketika poster filmnya dirilis. Posternya justru dianggap menakut-nakuti umat muslim untuk beribadah, dengan menampilkan sosok pocong yang sedang rukuk ke arah yang sebaliknya. Film ini disutradarai oleh Bobby Prasetyo, dan menampilkan deretan aktor dan aktris beken seperti Yasmin Napper, Arbani Yasiz, dan Ria Ricis. Film ini menceritakan tentang Ainun, yang tidak dikampung tanpa mengetahui orang tuanya.

Nah suatu ketika, Abah Mulya, yang diketahui sebagai orang sakti di kampungnya meninggal. Setelah diusut, ternyata Abah Mulya adalah ayah dari Ainun. Ainun kemudian mencari tahu tentang padepokan tempat ayahnya menetap. Tetapi dalam pencariannya, Ainun justru mengetahui fakta-fakta yang mengerikan dan bagaimana Abah Mulya memimpin tempat tersebut semasa hidupnya.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/