Bagi kalian yang lahir di era 90an, tentunya sudah sangat familiar kan tentang Captain Tsubasa ini? Yap, seri manga yang  sudah diadaptasi berkali-kali ke dalam serial Anime ini telah meraih kesuksesan yang sangat besar dalam lingkup global di seluruh dunia. Sang karakter utama, Captain Tsubasa juga menjadi inspirasi kemajuan persepakbolaan Jepang dan juga untuk beberapa pemain top dunia, seperti Fernando Torres.

Layaknya seri manga lainnya, Captain Tsubasa memiliki banyak arc cerita yang menarik, namun, pastinya yang ditunggu oleh para penggemar adalah ketika Tsubasa bergabung dengan timnas Jepang, karena disana Tsubasa dan timnya akan bertemu lawan tangguh dari berbagai negara di dunia. Nah, taukah kalian geeks, bahwa dalam salah satu arc Tsubasa, Indonesia pernah menjadi tuan rumah? Tidak hanya sebagai tuan rumah, tetapi Tim Nasional Indonesia juga hadir disitu. Langsung cek fakta fakta menariknya dibawah ya geeks!.

 


Stadion GBK & Ikon Bangunan Jakarta


Dengan dijadikannya Indonesia sebagai Tuan Rumah, pastinya venue ikonik milik Indonesia haruslah dipilih sebagai tempat bertanding. Nah, dalam manganya itu, Stadion Gelora Bung Karno dipilih oleh Yoichi Takahasi (pencipta Captain Tsubasa) sebagai tempat bertanding 10 tim yang ada saat itu. Tidak hanya Stadion Gelobar Bung Karno saja, ada beberapa bangunan ikonik di Jakarta yang juga tampil, sesaat setelah Tsubasa dan yang lainnya sampai di Indonesia. Dapat kita lihat betapa kerennya jalanan sekitar Bundaran HI, serta Hotel Indonesia.

 


Tergabung Dalam grup A


Dalam perhelatannya, Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Korea Selatan, Kuwait, Syria, dan Iraq. Sedangkan Tsubasa dan yang lainnya tergabung dalam grup B. Dimana dapat dibilang Jepang berada di grup neraka bersama Saudi Arabia, China, Uzbekistan, dan UAE, dimana dalam ceritanya, setiap pemain dari negara tersebut memiliki pemain yang tidak dapat dibilang remeh. Indonesia sendiri juga berada diposisi yang tidak aman, lantaran dalam grup A, ada Korea Selatan yang memiliki gelandang handal I Yonun dan striker besar Cha Incheon. Nah dalam gambar tersebut menurutmu pemain Indonesia bernomor punggung 10 itu siapa geeks?.

 


Mengalami Kekalahan


Menyandang status sebagai tuan rumah rupanya tidak membuat Indonesia tampil dengan performa terbaiknya di dalam cerita ini. Berada di Grup A bersama Korea, Kuwait, Syiria, dan Irak, ternyata Indonesia masih belum bisa mendapat 1 point pun meski main dihadapan pendukungnya sendiri. Dapat dilihat dalam salah satu halaman manga, ada sebuah indeks yang menunjukkan bahwa Indonesia mengalami kekalahan 4 kali dari 4 pertandingan, yang terpaksa membuat Indonesia harus menerima kenyataan pahit bahwa tim tamu, Korea dan Kuwait lah yang berhasil lolos ke babak selanjutnya.

BACA JUGA: 10 PLOT CERITA PENTING DI UNBREAKABLE & SPLIT

Dalam adaptasi animenya, Piala Asia U-19 dapat kalian lihat dalam serial Captain Tsubasa J episode 43 dan seterusnya geeks. Namun, sayangnya kurang terlihat bangunan Jakarta dan Timnas Indonesia disana. Meski mengalami kekalahan, namun kita sudah patut bangga lantaran Yoichi Takahasi pastinya menggunakan perhitungan dan pemilihan yang matang untuk memilih Indonesia sebagai tuan rumah. Nah, setelah membaca fakta unik ini, jika kalian mempunyai pendapat tersendiri, jangan lupa cantumkan dalam kolom komentar ya geeks!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here