Film Spider-Man: Far From Home secara resmi sudah dirilis pada 2 April kemarin di seluruh dunia. Film tersebut akan menjadi cerita akhir untuk 23 film dalam kurun waktu 11 tahun Marvel Cinematic Universe. Dengan menjadi “film penutup”, Far From Home banyak menyajika berbagai referensi dan juga hal-hal lain yang mengingatkan kita pada film MCU sebelumnya dan juga cerita komiknya.

Berbagai referensi tersebut ada yang berada di tengah-tengah cerita, ada juga yang terjadi di adegan post-credit scene. Berikut adalah deretan Easter eggs yang muncul di film Far From Home.

Hubungan Ned dan Betty

Karakter Ned sebenarnya merupakan karakter baru yang muncul di layar lebar. Dia merupakan sahabat dari seorang Peter Parker. Dalam film Spider-Man versi Sam Raimi, kita tidak melihat karakter Ned di filmnya. Harry Osborn justru yang menjadi sahabat dari Peter Parker. Tapi, sebenarnya dalam cerita komiknya Ned yang seharusnya menjadi sahabat Peter (dan Harry Osborn).

Di film Far From Home karakter Ned diperankan oleh Jacob Batalon. Sedari awal, dia selalu berencana untuk berkeliling Eropa dengan status lajangnya demi mendapatkan kekasih disana. Tapi, insiden yang terjadi di pesawat justru membuat Ned dan teman sekelasnya, Betty Brant, justru semakin dekat. Akhirnya mereka pun menjalin hubungan sebagai kekasih. Tapi, sayangnya di akhir filmnya hubungan mereka kandas. Dalam komik Spider-Man, Betty dan Ned sebenarnya sudah lama menjalin hubungan bahkan mereka juga menjadi sepasang suami istri.

Komik Brand New Day

Akhirnya Peter kembali ke sekolah dan berkemumpul kembali ke bersama teman-temannya. Di awal film kita melihat Peter dan Ned sedang membahas tentang rencana Peter untuk menyatakan cintanya kepada Mary Jane. Jika kalian perhatikan, ada sebuah buku yang berada di atas sebuah meja yang bertuliskan “Brand New Day”.

Kalimat tersebut sebenarnya merupakan refensi dari komik The Amazing Spider-Man “Brand New Day” yang mengisahkan Peter Parker kembali menjadi mahasiswa, setelah sekian lama menikah dengan Mary Jane.

Kostum Orisinal Spider-Man

Sebelum Peter akhirnya menggunakan Spider-Sense miliknya dan mengalahkan Mysterio, Peter sempat terjebak dalam ilusi yang dibuat oleh Mysterio. Dia tidak tahu bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Ilusi tersebut membuat peter terluka dan mudah untuk dikalahkan. Ada hal menarik saat ilusi tersebut muncul, salah satunya adalah kita diperlihatkan dengan kostum orisinal Spider-Man. kostum (baju) ini muncul di film Captain America: Civil War dan Homecoming.

Earth-616?

Sejak awal kita diperkenalkan dengan karakter Mysterio, dia mengaku bahwa dirinya memang berasal dari bumi. Hanya saja buminya berbeda dengan versi yang ditempati oleh Peter. Mysterio menyebutkan jika bumi yang ditinggali Nick Fury dan Peter memiliki nama Earth-616, sedangkan bumi yang ditempati oleh Mysterio memiliki nama Earth-833.

Meskipun konsep multiverse dan apa yang diungkapkan oleh Mysterio adalah sebuah kebohongan besar, sebenarnya konsep Earth memang terjadi di cerita komik. Dalam universe Marvel Comics, Earth-616 merupakan Earth atau universe utama dalam cerita. Sedangkan Earth-833, merupakan universe lain yang menjadi tempat tinggal Spider-UK. Earth-833 juga memang benar-benar “hancur” oleh kelompok villain, hanya saja mereka bukan Elementals melainkan the Inheritors.

Konsep Yang Familiar

Di film ini Mysterio berpura-pura menjadi pahlawan demi mendapatkan popularitas dan juga penghargaan. Dia berpendapat jika menjadi seorang pahlawan atau superhero yang terkenal, seperti Tony Stark, akan mendatangkan banyak uang dan juga penghargaan dari dunia. Meskipun sedikit berbeda secara spesifik, namun secara garis besar skema atau konsep yang digunakan oleh Mysterio mirip dengan yang digunakan oleh tim superhero Thunderbolts.

Komik tersebut diciptakan oleh Kurt Busiek dan Mark Bagley pada tahun 1997. Sebenarnya, mereka merupakan seorang villain yang menyamar menjadi pahlawan. Mereka muncul ketika para Avengers sudah tewas, sehingga orang-orang banyak yang menyangka jika merekalah pahlawannya. Bahkan mereka juga sempat akan menggantikan para Avengers, seperti yang dilakukan Mysterio di film ini.

Koper Milik Paman Ben

Uncle Ben atau Paman Ben adalah suami dari bibi May. Dia merupakan orang yang selalu memberikan dukungan kepada Peter untuk berbuat benar dan mengedepankan kejujuran. Dalam film Spider-Man versi Sam Raimi kita bisa melihat Paman Ben memberikan motivasi yang terkenal sampai saat ini (“with great powers comes great responsibility”).

Tapi, untuk versi MCU ini kita belum diperlihatkan sama sekali sosok dari paman Ben. Meskipun begitu, di film ini ada adegan yang mereferensikan kepada karakter paman Ben. Di koper yang digunakan oleh Peter untuk pergi ke Eropa, terdapat sebuah monogram yang bertuliskan “BFP” yang artinya adalah Benjamin Franklin Parker, alias paman Ben.

Tempat Bibi May Bekerja

Di awal film kita melihat jika bibi May bekerja untuk sebuah badan amal untuk menampung orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal setelah kejadian Decimation atau Blip. Kita bisa melihat sebuah gedung aula di tengah kota yang menjadi tempat penampungannya. Sebenarnya bangunan tersebut sama dengan bangunan dalam cerita di komik dan gamenya. Nama tempat tersebut adalah F.E.A.S.T. atau Food Emergency And Shelter Training.

Tanda Tangan Pepper Potts

Dalam acara amal pengumpulan dana untuk para kaum tuna wisma Happy Hogan muncul di belakang panggung sambil memegang sebuah check dengan ukuran raksasa. Menurut Happy dia tidak tahu siapa yang menyimpannya dan langsung memberikannya kepada May. Tapi, ada sebuah fakta menarik dari check tersebut.

Jika diperhatikan secara seksama, ada tanda tangan istri Tony Stark yang juga pemimpin dari Stark Industries, Pepper Potts. Petunjuk ini sebenarnya pernah dibahas sebelumnya, sebelum film Far From Home dan Avengers: Endgame dirilis. Petunjuk ini mengarahkan pada dugaan jika Pepper Potts masih hidup dan akan menyelamatkan Tony Stark.

Phase Baru MCU

Film Far From Home memang merupakan film terakhir dan sekaligus menjadi penutup untuk Phase 3 ini. Setelah filmnya, kita masih belum tahu apa yang sudah mereka persiapkan karena belum ada informasi apapun tentang Phase 4 nanti. Tapi, yang pasti Marvel sudah meminta para fans untuk segera move on dari Phase 3 dan bersiap untuk ke Phase 4.

Di awal film, kita melihat SMA tempat Peter sekolah sedang memutar siarang berita sekolah. Mereka menyiarkan sebuah video yang mengenang para Avengers yang mengorbankan dirinya di film Endgame. Setelah video tersebut selesai, pembawa acaranya yaitu Betty berkata “It’s time to move on to a new phase of our lives” atau sudah saatnya kita melangkah kedepan untuk menyongsong fase baru di hidup kita. Meskipun konteksnya adalah Decimation, tapi ini juga merupakan “petunjuk” dari Marvel.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2