Killmonger dan Black Manta merupakan dua orang karakter yang memang sengaja diciptakan ntuk menjadi musuh bebuyutan dari masing-masing karakter protagonis. Baik Killmonger ataupun Black Manta, sama-sama mendapat tempat tersendiri bagi para fans. Tapi, muncul pertanyaan tentang siapa yang lebih baik? Berikut adalah perbandingannya.

Strategi : Killmonger

Untuk mengalahkan karakter protagonis, tentunya bukan hal yang mudah. Butuh rencana matang agar dapat mewujudkan itu semua. Black Manta sebenarnya juga unggul dalam hal ini. Sedari dulu, dia merupakan seorang bajak laut. Jadi, tentunya Black Manta butuh rencana yang matang sebelum menyerang kapal lainnya.

Tapi, jika dibandingkan dengan Killmonger kemampuan menyusun rencana Black Manta dibawah kemampuannya. Dia mempunyai strategi untuk menemukan Wakanda, yang notabene sangat tersembunyi. Kemudian dia punya rencana untuk menggunakan Wakanda sebagai alatnya menguasai dunia.

Teknologi : Black Manta

Membandingkan teknologi siapa yang terbaik diantara penduduk Wakanda dan Atlantis, tentunya bukan hal yang mudah. Tapi, pada dasarnya keduanya memiliki kekuatan magis yang besar. Tapi, jika berbicara soal persenjataan Black Manta lebih unggul dibandingkan Killmonger. Contohnya adalah saat Orm menyewa jasa Black Manta untuk menghabisi Aquaman, Orm menyebutkan jika senjata yang dia berikan merupakan purwa rupa dan belum pernah sama sekali digunakan.

Apakah teknologi yang digunakan Killmonger tergolong kuno? Tentu saja tidak. Killmonger tetap menggunakan berbagai teknologi mutakhir yang bahkan lebih maju dari kita untuk mengambil alih Wakanda. Namun, teknologi Black Manta jauh lebih modern lagi. Kostum yang dia gunakan pun disesuaikan lagi dengan gaya bertarungnya.

Kemampuan : Killmonger

Black Manta mungkin memang memiliki armor yang lebih kuat dan lebih modern dibandingkan dengan Killmonger. Tapi, jika semua teknologi itu dilepas siapa yang akan unggul dalam hal kemampuan bertarung? Jawabannya adalah Killmonger. Dia seorang petarung yang lebih baik dibanding Black Manta.

Buktinya adalah dia pernah mengalahkan T’Challa dan membuangnya ke jurang. Dia bisa menghadapi musuh terbesarnya tanpa bantuan apapun. Selain itu, titik-titik di seluruh tubuhnya juga menjadi “saksi” sebearapa banyak orang yang sudah dia habisi.

Partner : Black Manta

Baik Black Manta dan Killmonger memiliki sebuah hubungan partenr dengan seseorang yang mereka anggap menguntungkan. Tentunya mereka tidak selalu loyal terhadap apa yang mereka lakukan, tapi mereka memiliki tujuan yang sama. Ulysses Klaue menolong Killmonger untuk  menemukan Wakanda dan juga mewujudkan rencana Killmonger.

Tapi, Black Manta memiliki partner seorang yang memiliki titel Ocean Master. Bukan hanya posisinya lebih tinggi dari Klaue, Orm juga memiliki sumber daya yang lebih baik dan lebih fokus terhadap tujuannya. Juga jangan lupa penampilan dari Orm yang terlihat sangat villain.

Kekejaman : Killmonger

Meskipun keduanya memiliki seorang partner untuk mewujudkan rencana mereka, tapi terbukti Killmonger lebih kejam dibanding Black Manta. Killmonger rela membunuh Klaue dan rekan-rekan lainnya untuk memuluskan jalan pergi ke Wakanda. Hal ini berbeda dengan karakter Black Manta yang justru lebih menghormati partnernya.

Black Manta terbukti lebih menghargai partnernya, meskipun Orm sebenarnya tidak terlalu menganggap sosok Black Manta. Dia hanya melihat Black Manta sebagai sebuah senjata yang bisa digunakan untuk menghancurkan Aquaman tanpa harus membuat tangannya kotor. Jadi, Black Manta bisa dibilang merupakan teman yang baik.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2