Penampilan : Black Manta

Ini merupakan hal yang cukup sulit untuk ditentukan. Killmonger memiliki beberapa kostum yang dimunculkan dalam film Black Panther. Mulai dari fightsuit berwarna emas miliknya, pakaian kasual yang dia gunakan, juga topeng dan juga tameng yang dia perlihatkan di awal filmnya. Jika perbandingannya dengan villain MCU lainnya, mungkin Killmonger ada di jajaran atas.

Tapi, Black Manta terlihat sangat mirip dengan versi buku komiknya. Dan versi buku komik tersebut merupakan desain yang sangat keren. Desain kostum Black Manta merupakan desain yang paling aneh saat Silver Age of Comics. Mengadaptasi desainnya secara 100% ke dalam film merupakan sesuatu hal yang luar biasa.

Pengalaman : Killmonger

Kedua villain ini sudah mengalami sebuah kehidupan yang kejam dan sulit. Mereka sudah melihat kekerasan sejak mereka masih kecil. Mereka kemudian menyerap hal tersebut ketika mereka tumbuh dewasa. Jika berbicara siapa yang paling berpengalaman, jawabannya hampir seimbang. Tapi ada hal yang membuat Killmonger lebih unggul dibanding Black Manta.

Saat usianya masih kecil, Killmonger menyaksikan bagaimana ayahnya tewas di tangan pasukan Wakanda. Kebencian itu dia pendam dan terus berkembang di dalam dirinya, yang membuat Killmonger menjadi sosok penghancur yang mengerikan. Sedangkan Black Manta, kehilangan ayahnya saat mereka melakukan pembajakan di sebuah kapal selam. Rasa sakit Killmonger sedikit lebih lama dibanding Manta.

Kecerdasan : Black Manta

Kemampuan bertarung dan juga teknologi mutakhir bukanlah sesuatu hal yang mereka selalu andalkan. Mereka juga memiliki sebuah kecerdasan yang hebat. Tapi, jika dibandingkan tentunya Black Manta merupakan pemenang dari hal ini. Buktinya adalah bagaimana dia membangun sebuah kostum tempur miliknya sebelum bertarung melawan Aquaman.

Ada teknologi yang sangat modern dan maju yang di aplikasikan dalam armornya, dan dia mampu untuk mengotak-atik armor tersebut. Karena itu, teknologi modern yang ada di armornya membuat Black Manta menjadi berkembang. Tentunya bukan hal mudah untuk mengutak-atik teknologi warga Atlantis.

Musuh Bebuyutan : Killmonger

Seorang villain tentunya membutuhkan sosok protagonis atau pahlawan untuk melengkapi karakternya sebagai villain. Dalam hal ini, musuh bebuyutan Killmonger lebih menarik dibandingkan Black Manta. T’Challa merupakan sosok raja yang bisa kita contoh dalam kehidupan nyata.

Tentu saja Aquaman juga merupakan seorang raja yang baik, tapi butuh waktu bagi Arthur untuk menyadari hal itu. Dalam film Justice League, Aquaman terlihat sedikit egois. Berbeda dengan Black Panther yang sedari awal sudah dideskripsikan sebagai sosok raja yang baik dan juga seorang pahlawan.

Pemenang : Killmonger

Baik film Black Panther ataupun film Aquaman, sama-sama merupakan film yang bagus dan sukses di pasaran. Salah satu faktor kesuksesan tersebut adalah munculnya kedua villain ini. Tapi, untuk perbandingan kali ini pemenangnya jatuh kepada Killmonger. Apakah kalian setuju Geeks? atau kalian keberatan dengan perbandingan ini?

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.