Ed Natividad baru-baru ini membagikan concept art dari film Aquaman tahun 2018, yang mengungkapkan adegan Batman yang dihapus, di mana karakternya masih diperankan oleh Ben Affleck. Concept art ini menampilkan Batman yang mengendarai kendaraan raksasa Knightcrawler di jalanan, sementara kekacauan pun mulai muncul, yang menunjukkan bagaimana salah satu anggota Justice League ini akan memainkan peran peran penting di film pertama.

Buat kalian yang belum tahu, Knightcrawler digunakan dalam beberapa adegan di film Justice League tahun 2017 dan Zack Snyder’s Justice League tahun 2021, di mana kedua film tersebut juga menampilkan kolaborasi antara Batman dan Aquaman. Dalam naskah awal film Aquaman (2018), Ocean Master yang diperankan oleh Patrick Wilson sebenarnya menghadapi perlawanan dari Justice League ketika ia berusaha untuk menyatukan kerajaan-kerajaan bawah laut dalam pertempurannya melawan daratan.

Sementara itu kabar tentang keterlibatan Batman dalam Aquaman 2 alias Aquaman and the Lost Kingdom memang cukup rumit. Pertama-tama, Keaton dikabarkan akan muncul dalam film tersebut setelah film The Flash yang memperluas multiverse DC, tetapi pada bulan Agustus 2022, Jason Momoa mengungkapkan bahwa Affleck juga akan muncul dalam film tersebut dan akan tampil dalam beberapa adegan.

Namun sayangnya, harapan untuk melihat salah satu Batman yang diperankan Affleck dan Keaton pupus ketika sutradara Aquaman 2, James Wan, dengan tegas menyatakan bahwa sekuel ini “tidak terhubung dengan cara apa pun” dengan film-film lain dalam DCEU. Dengan Aquaman and the Lost Kingdom yang menjadi film terakhir dalam era DCEU, hanya waktu yang akan memberi tahu kapan Batman akan kembali muncul.

Penampilan Batman yang dihapus dalam film Aquaman tahun 2018 ini tentu saja mengejutkan banyak penggemar DC Comics. Terlepas dari penghapusan tersebut, para penggemar masih memiliki harapan untuk melihat lebih banyak aksi Batman dan karakter Justice League di masa mendatang, meskipun akan ada perubahan dalam arah cerita yang telah diputuskan oleh sutradara dan produser film. Seiring dengan reboot DCEU yang akan segera bergulir, kita dapat berharap untuk melihat lebih banyak karakter ikonik seperti Batman dan Aquaman bekerja sama dalam mengalahkan villain.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/