Salah satu film animasi klasik dari Disney, Aladdin, merupakan film animasi yang tidak lekang di makan zaman. Termasuk berbagai elemen di dalam filmnya seoerti cast, karakter, musik, dan tidak lupa juga film ini selalu dikaitkan dengan almarhum Robbie William yang mengisi suara Jin.

Rasanya wajar jika Disney kembali ingin mendapatkan kesuksesan yang serupa dengan treatment yang berbeda. Untuk itulah mereka merilis versi live-action dari Aladdin. Meskipun versi live-action ini diadaptasi langsung ceritanya dari versi animasi, tetap ada beberapa perbedaan yang membedakan keduanya.

Tidak Ada Pedagang Lampu Ajaib di Jalanan Yang Menjadi Awal Kisah Aladdin

Dalam versi animasinya, adegan dibuka dengan seorang pedagang yang meyakinkan orang yang lewat untuk membeli lampu ajaib miliknya. Dia juga bahkan menceritakan kisah dibalik lampu ajaib itu. Tapi, ternyata pedagang lampu ajaib tersebut bukanlah orang sembarangan melainkan Jin yang menyamar menjadi mansia.

Dalam versi live action, kisah ini justru diceritakan oleh seorang pelaut, yang merupakan sosok Will Smith, kepada anaknya saat mereka sedang mengarungi lautan. Sayangnya, tidak ada adegan dimana akhirnya terungkap jika pelaut tersebut merupakan Jin yang menyamar. Tapi, adegan ini menyenangkan untuk sekedar mengingatkan kembali cerita klasiknya.

Lago Tidak Terlalu Banyak Bicara

Dalam versi animasinya, karakter lago yang diisi suaranya oleh komedian bernama Gilbert Gottfried, ini bisa dibilang sangat cerewet. Dia sering mengomentari sesuatu tentang apa yang dilakukan oleh Jafar ataupun selalu mengikuti apa kata-katanya. Hal ini tentunya menjadi warna sendiri dalam cerita Aladdin.

Berbeda dengan versi live-action, yang suaranya diisi oleh Alan Tudyk, lago versi ini memang menjadi sidekick setia Jafar dan pemberani. Tapi, dia tidak banyak berbicara seperti dalam versi animasinya. Terkadang apa yang diucapkan oleh lago merupakan kata-kata yang memang sudah diucapkan sebelumnya.

Putri Jasmine Menjadi Tokoh Penting

Diisi suaranya oleh Linda Larking, putri Jasmin, animasi klasik bisa dibilang lebih kaku dan tidak terlalu memiliki peran yang besar, kecuali jika sedang bersama Aladdin. Berkat pertolongan Aladdin, putri Jasmine pun bisa merasakan kebebasan dan kebahagiaan  Hal ini berbeda dengan Putri Jasmin dari versi live-action.

Karakter ini diperankan oleh Naomi Scotts. Putri Jasmin versi live-action memiliki peran yang lebih penting dari sekedar cerita romansa bersama Aladdin. Dia merupakan orang yang ingin wilayahnya maju ke arah yang benar. Selain itu, dia juga seperti berusaha untuk menjadi sultan perempuan di Agrabah.

Lagu Aladdin Yang Diperbaharui

Pada 1993, film animasi Aladdin memenangkan dua piala Academy untuk kategri Best Original Score dan Best Original Song (A Whole New World). Musik yang dinyanyikan oleh Alan Menken ini merupakan lagu ikonik yang juga menjadi “wajah” dari filmnya. Lagu ini juga menjadi ikon bagi film Aladdin versi live-action.

Lagu tersebut dinyanyikan oleh Zayn Malik dan Zavia Ward. Selain lagu “A Whole New World”, beberapa lagu baru lainnya juga dimasukan dalam film ini. Seperti “Speechless”, “Friend Like Me”, dan Arabian Nights”.

Jin Versi Will Smith Adalah Rapper

Lagu A Whole New World mungkin memang memenangkan pilasa Oscar, tapi yang paling menyenangkan dari sundtrack Aladdin adalah lagu yang dinyanyikan oleh Jin. Di film Aladdin versi live-action, Will Smith menyanyikan lagu Freind Like Me dengan sentuhan berbeda yaitu dengan menambahkan unsur hip hop.

Hal ini benar-benar memperlihatkan kemampuan musikal dari sosok Will Smith. Selain menambahkan unsur hip hop, tidak lupa juga Will Smith menambahkan unsur beatbox dalam lagunya. Pastinya lagu ini belum pernah kalian dengar sebelumnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2