Esmeralda menjadi karakter yang banyak dipilih sebagai hero roaming karena karakteristiknya yang sangat menyulitkan musuh. Bagaimana tidak? Hero ini memiliki pelindung yang tebal yang membuatnya sulit dibunuh. Parahnya lagi, pelindung yang dimilikinya akan semakin kuat yang membuat ia sulit dikalahkan saat memasuki late game, sampai-sampai butuh 5 hero sekaligus untuk dapat mengalahkannya.

Esmeralda memang hero Tank/Mage dengan tipe Charge dan Burst Damage. Yang itu berarti, Esmeralda dapat membunuh hero lain dengan mudah, dan disaat yang sama ia juga dapat menjadi tank dengan pelindung kuat yang ia miliki.

Walau kuat, ia tetap bisa dikalahkan. Ia memang akan menyedot pelindung musuh yang berada didekatnya dan menggunakannya untuk menambah kekuatan pelindungnya sendiri, oleh karena itu pilihlah item-item yang memberikan true damage seperti Endless Battle untuk hero physical damage, Thunder Belt untuk tank, dan Calamity Reaper untuk hero magic damage.

Gunakan stun, atau silence yang mampu menghentikan pergerakannya dalam durasi yang lama. Bisa jadi Esmeralda akan segera tewas saat kalian serang sebelum pelindungnya itu aktif. Menggunakan hero yang memiliki crowd control dan hero yang memberikan burst damage tinggi mungkin dapat menghabisi Esmeralda dengan mudah, sebagai contoh hero yang memiliki kemampuan itu adalah Eudora.

Selain itu juga gunakan tipe hero jarak jauh (Marksman). Hero ini memang sangat baik untuk meng-counter Esmeralda, pasalnya, skill penyerap pelindung musuh miliknya hanya dapat menyerap hero yang berada didekatnya saja. Ada dua hero yang sangat cocok dipilih saat melawannya, yaitu Claude dan Karrie dengan true damage yang dimilikinya.