Warning: Artikel ini mengandung HARD SPOILER untuk Avengers: Endgame, read with your own risk!

Film Avengers: Endgame banyak memberikan sebuah pengalaman baru bagi para penggemarnya, dengan mengeksplor film-film mereka yang sudah pernah tayang di Marvel Cinematic Universe. Hal ini bisa dilihat saat para Avengers kembali ke masa lalu dengan menggunakan dunia Quantum, kembali muncul di beberapa film seperti The Avengers pada 2012, Thor: The Dark World pada 2013, dan Guardians of the Galaxy pada 2014.

Karena kembali ke masa lalu, selain mengeksplor dari segi ceritanya, Endgame juga menampilkan beberapa cameo yang menampilkan karakter-karakter yang sebelumnya sudah pernah muncul di film tersebut. Bahkan ada juga karakter yang baru pertama kali muncul di MCU. Siapa saja cameo mengejutkan yang muncul di film Endgame?

Frigga

Selain bisa menyelamatkan dunia dari serangan Thanos dari Decimation, pergi ke masa lalu dengan menggunakan dunia Quantum juga memberikan kesempatan kepada para Avengers tersebut untuk melakukan “reuni” dengan orang yang mereka cintai. Thor adalah salah satu contohnya, yang kembali bertemu dengan ibunya.

Saat Thor dan Rocket pergi ke masa lalu untuk mendapatkan Reality Stone (sebelum diberikan kepada Dark Elves), Thor bertemu dengan Frigga yang merupakan ibunya. Ibunya menyebutkan karena dia merupakan penyihir Asgard, dia tahu jika Thor tersebut berasal dari masa depan. Meskipun, Frigga dan Thor masih ingin saling bertemu namun keterbatasan waktu memaksa mereka untuk pergi.

Howard Stark

Tony, Steve, Bruce, dan Scott pergi ke 2012 ke pertempuran New York untuk mendapatkan Tesseract yang di dalamnya terdapat Space Stone. Namun, Tony pada akhirnya gagal mendapatkan mendapatkan Tesseract tersebut dan Tesseract pun dicuri oleh Loki. Mereka kemudian mencari cara untuk bisa mendapatkan Tesseract dan Tony muncul dengan ide untuk mencuri Tesseract dari tangan S.H.I.E.L.D di tahun 1970an.

Setelah Sampai di tahun 70an, Tony dan Steve berpencar. Tanpa diduga, setelah Tony berhasil mendapatkan Tesseract tersebut dia bertemu dengan ayahnya, Howard Stark. Tony mengaku sebagai Howard Potts dan bercerita banyak tentang bagaimana perasaan menjadi seorang ayah. Howard Stark mengaku dirinya gugup, namun Tony berusaha menenangkannya. Di akhir cerita, Tony memberikan pelukan hangat kepada Howard Stark dan mengucapkan terima kasih.

Jane Foster

Natalie Portman sempat membuat heboh dengan datang ke acara gala premiere Endgame. Hal itu membuat banyak fans bertanya apakah dia akan kembali muncul di film Thor selanjutnya? Ternyata Jane Foster menjadi cameo di film Endgame. Saat Thor dan Rocket kembali ke tahun 2013 untuk mendapatkan Reality Stone, Thor mengatakan jika Infinity Stone tersebut ada di tangan Jane Foster.

Setelah membuatnya tidak sadar, Rocket pun akhirnya berhasil mendapatkan Reality Stone tersebut. Ada sebuah adegan cepat dimana Jane Foster terbangun dari tidurnya dan turun dari tempat tidurnya. Saat itulah Rocket kemudian menyelinap dari belakang dan “menyerang” Jane Foster.

Sitwell dan Barlow

Captain America harus mendapatkan Mind Stone yang ada di dalam tongkat milik Loki. Di film The Avengers, Steve harus mendapatkan Infinity Stone tersebut dari tangan agen Hydra, agen Sitwell dan Brock Rumlow alias Crossbones. Keduanya masih berpura-pura menjadi seorang agen SHIELD pada saat itu, dan Captain America tidak ingin memulai pertarungan yang memang tidak perlu dilakukan.

Adegan tersebut sebenarnya merupakan adegan yang muncul di film Captain America: The Winter Soldier, dimana Steve berada satu lift dengan mereka. Tapi, di tahun 2014 Steve memutuskan untuk menghabisi mereka semua. Berbeda dengan di film Endgame dengan sudah mengetahui apa yang terjadi di masa depan, Steve hanya berbisik di kuping Sitwell “Hail Hydra,” dan kemudian mendapatkan Mind Stone tanpa repot-repot.

Alexander Pierce

Yang lebih mengejutkan dari pada Sitwell dan Barlow adalah cameo dari Alexander Pierce yang diperankan Robert Radford. Dia adalah dalam di balik kejadian film Captain America: The Winter Soldier. Meskipun dia terbunuh di akhir filmnya, pemimpin Hydra tersebut masih menjabat sebagai undersecretary dari World Security Council pada 2012, ketika kejadian di film The Avengers terjadi.

Dikelilingi oleh agen S.H.I.E.L.D, Pierce meminta Space Stone dan penahanan Loki dari tangan Tony Stark dan Thor setelah kejadian Battle of New York. Tetapi, Scott dan Tony Stark dari masa depan merubah situasi tersebut dengan Scott memberikan serangan jantung kepada Tony. Hal itu cukup untuk mengalihkan situasi dan Tony pun berhasil mendapatkan Mind Stone.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2