Terlahir dari ras ksatria di Planet Sadala aka Saiyan, tak mengherankan apabila karakter utama manga sekaligus anime super klasik, Dragon Ball, Son Goku, memiliki berbagai kekuatan sakti nan mandraguna yang mana salah satunya, adalah bertransformasi menjadi sosok yang jauh lebih kuat dan ganas dari sosok aslinya.

Dan bisa dikatakan dari semenjak penampilan perdananya di manga Dragon Ball chapter #1: Bulma an Son Goku yang diterbitkan di bulan Juni 1984 hingga beberapa tahun ke depannya, penulis Akira Toriyama telah menampilkan lumayan banyak variasi transformasi yang dilakukan oleh sosok yang bernama asli Kakarot ini.

Namun dari sekian banyak, rasanya hanya 20 transformasi inilah yang merupakan transformasi terkuat dari ayah Gohan dan Goten ini.


20. Great Ape


Jauh sebelum bertransformasi menjadi Super Saiyan 2, 3, atau 4, bisa dikatakan inilah transformasi awal Goku. Transformasi menjadi kera besar ganas ini terjadi ketika suatu malam, Goku menatap bulan yang sedang dalam keadaan full moon.

Singkat kata, iapun menjadi sosok kera yang sangat buas dan kuat.Satu-satunya jalan keluar untuk menghentikannya adalah dengan memotong ekor milik Goku yang mana di transformasi pertamanya dilakukan oleh Yamcha.

Namun seganas-ganasnya tranformasi Goku, transformasinya ini masih kalah kuat dengan transformasi kera besar milik frenemies-nya, Vegeta. Pasalnya Vegeta, mampu mengendalikan transformasinya (seperti Hulk di MCU) dan bahkan, masih bisa berbicara dalam bentuk transformasinya tersebut.

 


19. Kaio-Ken


Transformasi Kaio-Ken pertama kali ditampilkan ketika Goku menghadapi Vegeta untuk pertama kalinya.

Transformasi ini sukses menggandakan kekuatan Goku berkali-kali lipat. Namun, transformasi ini ada sedikit kelemahannya. Spesifiknya, transformasi ini memiliki batasan. Kalau diangkakan, batasan maksimal penggandaan kekuatan dalam transformasi ini adalah 20 kali.

Dan Goku pernah mencapai batasan ini (belum dalam transformasi Super Saiyan) ketika menghadapi Frieza di Planet Namek. Lebih dari batasan tersebut, dipastikan Goku akan langsung tewas (walau ya ada Dragon Ball sih untuk menghidupkannya lagi).

 


18. Veku


Diperkenalkan di film Dragon Ball Z: Fusion Reborn (1995), Veku adalah transformasi fusion gagal antara Goku dan Vegeta.

Seperti dijelaksan oleh King Kai di filmnya, kegagalan transformasi ini diakibatkan oleh Vegeta yang kurang memanjangkan jari telunjuknya. Alhasil akibat kegagalan ini, Veku sangat kerepotan ketika menghadapi musuhnya Janemba.

Pasalnya, transformasi ini tidak memberikan kekuatan apapun (Ki blast, pukulan maupun tendangan). Satu-satunya teknik yang bisa ditampilkan oleh Goku dan Vegeta di dalam formasi ini adalah Rabbit Feet yang mana sesuai namanya, memungkinkan mereka berlari sekencang mungkin dari Janemba.

Hey, berlari super cepat juga merupakan kekuatan yang sangat super dan sangat berguna bukan?

 


17. False Super Saiyan


Dikenal juga dengan istilah Pseudo Super Saiyan, transformasi ini ditampilkan pertama kali di film Dragon Ball Z: Lord Slug (1991). Transformasi ini dikeluarkan oleh Goku ketika menghadapi villain utama filmnya, Lord Slug.

Dikatakan demikian transformasinya, dikarenakan ketika Goku melakukan transformasi ini, fisik Goku tidak terlaku menampilkan perubahan yang snagat signifikan. Ya ia menjadi lebih kuat dan sekitar tubuhnya dilapisi oleh sinar kuning.

Tapi warna rambut Goku tetap hitam (terlihat merah sedikit karena refleksi dari cahaya aura kuningnya). Mungkin hanya kedua matanya yang langsung hilang pupilnya (baca: putih semua matanya).

Walau bukan bentuk Super Saiyan pada umumnya, sama hal-nya dengan formasi Kaio-Ken, formasi False super Saiyan, juga memberikan ekstra kekuataan berkali-kali lipat yang alhasil membuat Goku sukses menghajar habis Lord Slug.

 


16. Super Saiyan


Inilah formasi Super Saiyan orisinil Goku yang pertama kali ditampilkan ketika ia bertarung dengan Frieza di Planet Namek dulu.

Formasi SS orisinil ini biasanya dicapai oleh seluruh ras Saiyan ketika ia sedang merasakan kemarahan yang sedang meledak-ledak. Formasi ini memberikan Goku kekutana 50 kali lebih kuat dari wujud aslinya.

 


15. Spirit Bomb Absorbed


Transformasi yang ditampilkan pertama kali di film Dragon Ball Z: Super Android 13! (1992) ini, asebenarnya tidak memiliki nama yang resmi. Namun daripada bingung dan blank sendiri ketika ditanya orang nantinya, maka katakan saja bahwa transformasi ini bernama Spirit Bomb Absorbed.

Transformasi ini ditampilkan menjelang akhir film ketika Goku sedang menghadapi Android 13. Awalnya Goku hanya ingin menghajar si android dengan jurus spirit bomb-nya yang ikonik itu.

Namun entah mengapa ketika sedang mengumpulkan seluruh tenaga spirit bomb-nya, Goku berkeingingan untuk menambahkan tenaganya dengan merubah dirinya dalam formasi Super Saiyan. Dikarenakan adanya ketidakseimbangan rasio antara kekuatan spirit bomb alami dan ketidakalamian hati Saiyan yang dimiliki Goku, alhasil, Goku pun pingsan.

Namun gokilnya ketika ia tersadar kembali, gabungan keduanya berhasil menyatu dan Goku pun sukses menghajar habis Android 13.

 


14. Ascended Saiyan


Atau lebih dikenal juga dengan Ultra Super Saiyan atau Super Saiyan Third Grade, Ascend Saiyan pertama kali ditampilkan di storyline Cell & Android. Trunks dari masa depan menggunakan transformasi Saiyan ini ketika melawan Cell yang sudah sempurna.

Berdasarkan pernyataan Goku, Ascend Saiyan memiliki kekuatan dua kali lebih besar dari transformasi Super Saiyan normal. Namun di saat yang sama, pembesaran masa otot yang muncul ketika melakukan transformasi ini, justru malah membatasi seluruh pergerakan yang ada.

Hanya anak Goku, Gohan, yang bisa menguasai transformasi ini secara sempurna. Tak mengherankan ia menjadi sosok yang sukses mengalahkan Cell di kisahnya.

 


13. Super Kaio-Ken


Transformasi ini ditampilkan ketika Goku menghadapi Pikkon di turnamen beladiri yang dilaksanakan di Other World. Sesuai namanya, transformasi ini adalah transformasi dimana Goku mencoba untuk menggabungkan teknik Kaio-Ken dengan teknik Super Saiyan-nya.

Walau terlihat keren dan faktanya, kekuatan yang dimiliki di keadaan transformasi ini sama saja seperti kekuatan ketika sudah mencapai level Super Saiyan 2, namun transformasi ini membutuhkan pengendalian tenanga ki yang sangat besar.

Saking besarnya, Goku langsung tewas setelah melakukan transformasi ini. Bahkan setelah ia tewas pun, ia masih kesulitan untuk kembali melakukan transformasi yang sangat riskan ini.

[yuzo_views]


12. Super Saiyan 2


Sesuai namanya, transformasi ini menggandakan kekuatan dan kecepatan hingga 100. Gohan adalah yang pertama mencapai transformasi ini. Sedangkan Goku, baru mencapainya ketika ia sedang melakukan tanding ulang (rematch) dengan Vegeta yang sedang dipengaruhi oleh Majin Buu.

Sayang transformasi di level 2 ini tidak berlangsung lama bagi Goku. Pasalnya setelah transformasi Super Saiyan 1 ia langsungĀ  / sudah dalam tahapan menuju Super Saiyan 3.

 


11. Super Saiyan 3


Bisa dikatakan transformasi antara Super Saiyan 2 dan Super Saiyan 3 yang dialami Goku, hanya terjadi dalam beberapa detik saja. Dan transformasi ini terjadi ketika dirinya sedang menghadapi Kid Buu.

Transformasi ini memiliki kekuatan 400 kali lebih kuat. Dan seperti yang diperlihatkan di manga dan anime-nya, Buu lumayan repot menghadapinya. Namun sayangnya transformasi ini juga memiliki kelemahan yang sangat signifikan.

Yaitu transformasi ini menghabiskan energi lebih cepat dan banyak yang alhasil membuat Goku pun cepat lelah juga. Tak heran apabila Vegeta di formasi SS 2-nya mau tak mau harus menghadapi Buu ketika Goku harus men- “charge” kembali transformasi SS 3 nya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here