Kemampuan Time Travel Versi Komik


Carol Danvers sendiri biasanya menggunakan nama samaran Ms. Marvel, sampai pada 2012, ketika Kelly Sue DeConnick meluncurkan kembali karakter tersebut dengan kostum baru dan alter ego baru, yaitu Captain Marvel. Cerita DeConnick diketahui merupakan inspirasi untuk jalan cerita di film Captain Marvel. Hanya saja dalam cerita tersebut tidak menyiratkan bahwa Captain Marvel memiliki kemampuan time traveling. Satu-satunya hal yang menyangkut time traveling di cerita DeConnick hanya pada saat Carol mencari jati dirinya yang akhirnya bersinggungan dengan sebuah teknologi Kree bernama Psyche-Magnetron. 

Dalam cerita tersebut, alat Psyche-Magnetron justru meledak dan pecahannya terbagi melalui ruang dan waktu, hingga saat dirinya terkena salah satu dari pecahan alat itu, Carol kemudian akan diterbangkan lintas waktu ke potongan alat lainnya.

Cerita tersebut juga terpusat pada sebuah pesawat yang bepergian melalui waktu untuk mengumpulkan fragmen dari Psyche-Magnetron. Pada akhirnya Captain Marvel bisa kembali ke linear waktu utamanya. Namun ia merasakan efek samping aneh yang ia sebut sebagai Butterfly Protocol, dimana ia bisa melihat berbagai penerbangan yang pernah dilakukan oleh pesawat tersebut. Secara konseptual, Butterfly Protocol ini memiliki konsep yang cukup mirip dengan konsep memori Quantum Realm, di mana seseorang dapat masuk dan melihat setiap memori sekaligus, juga berinteraksi dengan mereka. Konsep ini mungkin akan menjadi dasar dari konsep time traveling Captain Marvel yang memanfaatkan Quantum Realm.


Bagaimana Dampak Ke Avengers: Endgame?


Jika apa yang dikatakan Samuel L Jackson benar, maka Captain Marvel menjadi film krusial untuk memahami plot Avengers: Endgame. Filmnya akan menjadi ide dasar dari bagaimana perjalanan waktu bisa bekerja di MCU, dan kemudian akan menjadi dasar yang akan diikuti oleh film-film MCU mendatang. lebih lanjut, Captain Marvel bukan hanya  menjadi kekuatan penting dalam membantu mengalahkan Thanos, kekuatan perjalanan waktunya juga akan menjadi faktor penentu yang mana dia akan membantu Avengers untuk mengulang kembali sejarah.

Bisa jadi Captain Marvel yang akan membantu para Avengers di Avengers: Endgame adalah Captain Marvel yang sama dengan Captain Marvel di tahun 1995. Artinya (kemungkinan) diakhir film Captain Marvel, Carol memulai perjalanan waktunya ke masa depan untuk mendatangi Nick Fury, yang di masa depan (penghujung Avengers: Infinity War) menghubunginya melalui “pager”.  Tapi, sekali lagi dengan catatan jika apa yang Samuel L Jackson katakan mengenai kemampuan time traveling Captain Marvel benar adanya.

Yang pasti, pernyataan dari Samuel L. Jackson tentang perjalanan waktu seolah mengkonfirmasi bahwa Captain Marvel merupakan bagian yang lebih penting di MCU dibandingkan yang orang pikirkan sebelumnya. Selain akan memperkenalkan tentang perjalanan waktu, film tersebut juga akan membuat Carol menjadi karakter vital di film Avengers: Endgame.

[yuzo_related]

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.