9. Stephanie Brown


Stephanie Brown adalah satu-satunya karakter wanita DC yang pernah menjadi Robin dan Batgirl. Namun awalnya, ia menjadi superheroine bernama, Spoiler. Ia memutuskan untuk menjadi pahlawan setelah melihat sang ayah yang juga villain kelas C Batman, Cluemaster, tidak kapok-kapoknya menjadi seorang kriminil. Brown lantas memutuskan menjadi Robin setelah melihat kekasihnya yang juga Robin ketiga, Tim Drake, diperintahkan ayahnya untuk berhenti menjadi sidekick Batman. Brown pun langsung menjahit kostum Robin-nya sendiri dan menyusup ke Batcave untuk memohon ke Batman untuk melatihnya sebagai Robin baru.

Walau awalnya Bruce ragu, iapun akhirnya melatih dirinya. Sayang karirnya sebegai Robin tidak berlangsung lama dikarenakan ia di salah satu kesempatan, terang-terangan melawan perintah Bruce. Bertahun-tahun kemudian, ia kembali menjadi Spoiler lalu menjadi Batgirl sebelum akhirnya storyline New 52, merubah semuanya.


8. Garth


Diperkenalkan di Adventure Comics #269 (1960), Garth aka Aqualad adalah salah satu pendiri Teen Titans yang berasal dari Atlantis (sama seperti Aquaman dengan Justice League). Dirinya dikisahkan sebagai seoran Atlantean yang dibuang dari Atlantis karena rasa takutnya terhadap kehidupan laut (hmm aneh..). Melihat hal tersebut dan menyadari potensi besar yang dimiliki, Arthur pun membantu Garth untuk menghilangkan phobia-nya. Sukses, Garth pun kembali ke Atlantis. Namun Garth tidak kembali dalam waktu yang lama.

Garth kembali ke permukaan setelah menyadari bahwa dirinya lebih baik sebagai sidekick Aquaman ketimbang di dalam Atlantis saja. Terlepas dalam perjalanannya Garth kerap berkonflik dengan sang mentor layaknya mentor dan anak buah pada umumnya, namun Garth tetap setia menjadi sidekick Arthur bahkan hingga dirinya merubah namanya menjadi Tempest.


7. Damian Wayne


Sebenarnya ketika diperkenalkan pertama kali di novel grafis Batman: Son of the Demon (1985), kisah latar karakter Damian Wayne tidaklah canon. Barulah ketika di tahun 2006, ia dimasukkan dalam kisah canon. Terlahir dari putri kandung villain mistis Ra’s al-Ghul, Talia al-Ghul, Damian sangat jago beladiri. Maklumlah ia dilatih oleh League of Assassins. Sayang sifatnya yang tempramental, keras kepala, dan tidak segan membunuh, kerap merepotkan sang ayah, Bruce Wayne.

Iapun, juga kerap berkonflik dengan Tim Drake. Beberapa tahun setelah kemunculannya, iapun sukses menjadi Robin kelima. Sekali lagi walaupun terkadang menyebalkan, tak dipungkiri sama sekali bahwa Damian adalah sosok Robin yang sangat badass sepanjang masa.


6. Roy Harper


Diperkenalkan pertama kali di More Fun Comics #73 (1941), Roy awalnya menjadi sosok Speedy sebelum akhirnya menjadi Red Arrow. Setelah ayahnya tewas di kebakaran hutan dikarenakan menyelamatkan salah satu warga suku Navajo, Roy diangkat oleh dukun (shaman) suku tersebut yang bernama Brave Bow. Menyadari bahwa Roy memiliki potensi untuk menjadi pemanah ulung, Brave pun melatih Roy. Beberapa tahun kemudia, iapun membantu Oliver Queen aka Green Arrow untuk menghentikan aksi perampokan.

Alhasil Roy diangkat menjadi sidekick dan pada akhirnya diangkat sebagai anak asuh oleh Oliver setelah Bow meninggal dunia. 15 tahun setelah menjadi Speedy, iapun menjadi salah satu pendiri Teen Titans dan mulai menjalin hubungan dengan Donna Troy. Namun setelah Titans dibubarkan, hubungannya dengan Donna pun kandas. Bagai sudah jatuh tertimpa tangga, Oliver secara perlahan juga mulai menjauhinya. Atas penderitaan bertubi-tubi ini, Roy pun menjadi pecandu heroin. Singkat kata gara-gara ini, hingga kini, hubungan Roy dan Oliver sudah sangat rusak.

Walau demikian, tak dipungkiri sama sekali bahwa Roy adalah sidekick Oliver yang sangat bisa diandalkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 3

1
2
3