Di dalam dunia perkomikan superhero, tak dipungkiri setiap pahlawan supernya pasti dibantu oleh asisten alias sidekick. Dan DC Comics bisa dikatakan memiliki sosok-sosok sidekick yang keren dan badass banget. Namun, dari seluruh sidekick yang ada, bisa dikatakan hanya 15 inilah yang benar-benar keren dan badass.


15. Cyril Sheldrake


Debut di Batman #62 (1950),  Cyril Sheldrake adalah anak dari seorang Erl of Wordenshire bernama Percival Sheldrake. Pasangan ayah dan anak ini lantas memutuskan menjadi sidekick setelah terinspirasi dari aksi vigilante yang dilakukan oleh Batman dan Robin. Percival awalnya menjadi sidekick dari superhero era Golden Age, Shinning Knight sebelum akhirnya ia menjadi The Knight. Dan ketika sang ayah telah menjadi The Knight, Cyril pun menjadi sidekick sang ayah tercinta dengan nama superhero, Squire.

Keduanya lantas menjadi dua sosok superhero top di daerah United Kingdom. Mereka juga bahkan menjadi pendiri dari grup vigilante bernama Batmen of All Nations yang nantinya berubah menjadi Batman Inc,. Setelah sang ayah meninggal, Cyril pun menjadi super depresi ampai mabuk-mabukan. Untunglah setelah bertemu dengan calon Squire ketiga, Beryl Hutchinson, ia bisa lepas dari belenggu depresinya dan lantas menjadi sosok The Knight yang baru.

Baik ketika menjadi Squire atau The Kinght, Cyril adalah sosok sidekick yang keren. Hal ini dikarenakan ia memiliki kemampuan berpedang dan martial arts yang sangat mumpuni


14. Mary Marvel


Melakukan debutnya di Captain Marvel Adventures #18 (1942), Mary Marvel adalah adik kembar kandung Billy Batson aka Shazam yang terpisah lama dari Billy. Sama hal-nya seperti Shazam, Mary Marvel juga bisa merubah sosoknya menjadi superhero dengan kekuatan yang sama seperti Billy dengan meneriakkan “SHAZAM!” Mary dan Shazam ditampilkan secara reguler bersama Captain Marvel Jr. di sepanjang tahun 40an. Ketiganya dikenal dengan sebutan Marvel Family.

Sayang dikarenakan Fawcett Comics (yang menciptakan dan mempublikasikan Shazam) kalah dalam “pertarungan” legal dengan DC, alhasil Mary beserta seluruh trademark Marvel Family dihentikan di tahun 1951. Bagi Geeks yang mungkin lupa atau belum mengetahui “pertarungan” legal yang dimaksud adalah DC yang mensomasi Fawcett atas kemiripan Shazam dengan Superman. Pada tahun 1973, setelah DC membeli seluruh trademark Marvel Family resmi dibeli oleh DC yang alhasil, Mary Marvel pun ditampilkan kembali.

Sayang di tahun 1985 atau tepatnya di storyline ikonik, Crisis on Infinite Earths, Mary beserta seluruh anggota Marvel Family kembali dihapus dari canon DC.


13. Captain Marvel Jr.


Ngomong-ngomong soal Captain Marvel Jr. Anggota Marvel Family yang bernama asli Freddy Freeman ini, mulai dikenal ketika ia berhadapan dengan Captain NAZI. Sangat disayangkan dalam pertarungannya, Freeman dihajar habis hingga tak sadarkan diri oleh Captain NAZI. Lama tidak sadarkan diri, Shazam pun langsung membawa Freddy ke rumah sakit. Ironis, dokter mengatakan bahwa Freddy kecil kemungkinan untuk selamat.

Bertekad bulat untuk menyelamatkan Freddy, Billy pun membawa ke Shazam (yang memberikan kekuatan superhero Shazam ke Billy). Shazam mengatakan ke Billy bahwa satu-satunya cara untuk menyelamatkan Freddy adalah dengan Billy memberikan sebagian kekuatan supernya. Berhasil, Freddy pun tidak hanya selamat nyawanya, namun juga sukses menjadi wakil dari Billy ketika bahaya datang menghampiri. Dan sosoknya bisa dikatakan tidak kalah hebatnya dengan seniornya tersebut.


12. Bette Kane (Batgirl)


Jauh sebelum Barbara Gordon yang mengenakan mantel Batgirl-nya, adalah keponakan Kate Kane aka Batwoman inilah yang mengenakan mantelnya. Diperkenalkan perdana di Batman #139 (1961), Bette memutuskan menjadi Batgirl setelah ia mengetahui bahwa tantenya adalah Batwoman. Awalnya Kate keberatan. Namun karena Bette terus memaksa, akhirnya Kate melatih dirinya.

Terbukti tekad bulatnya membuahkan hasil. Namun setelah beberapa lama berkarir sebagai pemberantas kriminal, Bette memutuskan pensiun dan berfokus untuk menjadi juara tenis dunia. Namun pada akhirnya ia kembali mengenakan mantel Batgirl. Pasca storyline Crisis on Infinite Earths, identitas dan latar Bette pun turut berubah. Kini ia bernama Mary Elizabeth Kane sepupu dari Batwoman Kane dengan nama superhero, Flamebird.


11. Donna Troy


Bisa dikatakan Donna Troy aka Wonder Girl, adalah sidekick DC yang memiliki kisah latar yang jelimet. Pasalnya ketika diperkenalkan pertama kali di The Brave and the Bold #60 (1965), ia dianggap sebagai versi muda dari Diana Prince aka Wonder Woman. Barulah ketika Teen Titans #22 (1969) dirilis, Donna menjadi karakter terpisah (memiliki backstory baru). Di kisah barunya ini, dikisahkan bahwa Donna kecil diselamatkan dari kebakaran hebat yang menghancurkan rumah dan menewaskan kedua orang tuanya.

Sadar Donna kini adalah seorang yatim piatu, iapun diadopsi oleh Diana dan ibunya, Queen Hippolyta. Terlepas origin-nya dirubah-rubah, namun kisah latarnya sebagai sidekick Diana dan salah satu pendiri Teen Titans tidak pernah dirubah / dimodifikasi hingga detik ini.


10. Jason Todd


Awalnya sosok Robin kedua ini memiliki backstory yang hampir serupa dengan seniornya, Dick Grayson. Namun pasca Crisis on Infinite Earths, seluruh kisah origin-nya dirubah total. Todd kini dikisahkan sebagai anak yatim piatu yang sangat bengal dan tempramental. Ia bahkan pernah mencuri salah satu ban Batmobile. Pembaharuan karakter ini ternyata tidak populer di mata fans. Alhasil, melalui storyline Batman: A Death in the Family (1988), Todd pun dimatikan karakternya.

Dan setelah itu seperti kita tahu, ia pun menjadi vigillante anti-hero sadis, Red Hood.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1 KOMENTAR

  1. Ngejar iklan? Pembaca malah males kalo artikel dibikin per page kayak gini, saya males buka greenscene lagi ah kalo kayak gini. Duniaku dulu dirubah jadi per page juga tapi jadi one page lagi, nurunaké mungkin pembaca mereka gara garanya

Comments are closed.