Kesuksesan dari John Bernthal dalam memerankan The Punisher dalam series Daredevil musim kedua di channel Netflix, membuat Marvel tertarik untuk membuat series spin-off berdasarkan kisah sang vigilante. Sejak saat itu, banyak dari fans yang bertanya-tanya apakah Netflix dan Marvel akan kembali bekerja sama dan menghadirkan sebuah series atau spin-off baru untuk para fans.

Dalam laporan editor Variety, Debra Birnbaum, wakil presiden dari Netflix, Cindy Hollan menyebutkan bahwa Netflix dan Marvel saat ini masih selalu berdiskusi untuk membahas apakah mereka akan membuat sebuah spin-off baru dari sebuah karakter. Hal ini disampaikan Holland dalam acara TCA Summer Tour 2018 kemarin.

Pernyataan dari Holland tersebut patut untuk digaris bawahi. Karena, di tahun 2019 Disney akan meluncurkan sebuah layanan streaming yang akan berisi semua konten-konten Marvel yang tentu saja akan menjadi saingan bagi Netflix. Hasil dari keputusan ini, tahun depan Disney akan menarik seluruh konten Marvel dari Netflix. Itulah mengapa, para fans mempertanyakan apakah masih akan ada series atau spin-off yang akan dibuat antara Marvel dan Netflix.

Dalam laporan The Hollywood Reporter tahun lalu, Disney sudah membuat sebuah keputusan yang berisi larangan untuk menjual konten Marvel diluar perusahaan, hal ini dilakukan sepertinya untuk mengurangi saingan seperti Netflix. Meskipun kemudian Disney membantah kabar tersebut, kita semua tentu sadar bahwa kalau tidak ada TV series Marvel yang dijual kepada perusahaan non-Disney semenjak keputusan tersebut.  Oleh karena hal itu, sepertinya Marvel tidak akan melakukan pitching untuk series Ghost Rider atau Blade kepada Netflix di masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.