Kita pastinya masih ingat banget dengan pertarungan lightsaber keren antara Mace Windu (Samuel L. Jackson) dengan Palpatine AKA Darth Sidious (Ian McDiarmid) di Star Wars Episode 3: Revenge of the Sith (2005) yang sayangnya, berakhir dengan kekalahan sekaligus (kemungkinan besar) kematian Windu pasca tangannya diputus Anakin Skywalker (Hayden Christensen) yang berkhianat menjadi Darth Vader.

Melihat adegannya yang terlihat keren dan mulus banget, mungkin kita berasumsi bahwa baik Jackson maupun McDiarmid hanya membutuhkan durasi sekitar 1-2 minggu untuk melatih seluruh koreografi pertarungan lightsaber tersebut. Tapi kenyataannya, tidaklah demikian.

Melalui sesi Q & A baru-baru ini dengan GQ, aktor kulit hitam karismatik ini mengungkapkan bahwa dirinya harus menghabiskan waktu sekitar 5 minggu untuk melatih koreografi adegan pertarungan tersebut. Spesifiknya, 2 minggu dengan menggunakan Sneakers, 2 minggu dengan menggunakan sepatu boot, dan 1 minggu dengan seluruh kostum lengkap Mace Windu.

Wajarlah. Pasalnya Jackson dan McDiarmid harus melatih 99 gerakan melewati 3 ruangan seperti yang kita lihat di adegannya. Lebih jauhnya lagi,  tidak sepeti McDiarmid, Jackson harus melatih seluruh gerakan tersebut dalam posisi mundur (backwards). Jadi sekali lagi, wajar banget apabila dirinya harus menghabiskan waktu selama itu.

Namun to be fair, memang seluruh adegan pertarungan lightsaber di episode prekuel Star Wars terbaik ini terlihat sangat kompleks koreografinya. Lihat saja lagi adegan pertarungan lightsaber antara Anakin dan Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor) di adegan final tersebut. Benar-benar ter-koreografif sekali bukan adegannya?

Tapi terlepas tantangan berat yang harus dihadapi tersebut, toh pada akhirnya terbayarkan bukan? Nah sekarang, bagaimana nih pendapat Geeks dengan fun fact ini? Sembari mengemukakan pendapatnya, yuk kita saksikan lagi adegan pertarungan yang dimaksud tersebut.

https://youtu.be/q0r4jNhG9Z4