Dalam universe Star Wars ternyata ada beberapa karakter yang mampu menggunakan lightsaber meskipun mereka tidak memiliki kekuatan The Force. Sudah jadi rahasia umum jika dalam dunia Star Wars senjata lightsaber erat kaitannya dengan sosok Jedi. Hal ini bahkan muncul sejak film Star Wars, bahkan hingga sekarang. Bukan tanpa alasan memang, karena untuk bisa menggunakan lightsaber butuh kekuatan The Force dan biasanya hanya Sith dan Jedi yang memiliki The Force. Yang menarik ternyata ada karakter yang bisa gunakan lightsaber tanpa The Force. Siapa saja?

7Cad Bane

Karakter Star Wars yang bisa gunakan lightsaber tanpa kekuatan The Force pertama adalah Cad Bane, seorang pemburu bayaran alias bounty hunter dari Duros. Cad Bane adalah karakter yang muncul pertama kali dalam TV series Star Wars: The Clone Wars. Sebagai bounty hunter, Bane terkenal karena kemampuannya yang luar biasa. Banyak misi yang berbahaya dan nampak mustahil berhasil dia eksekusi dan jalani dengan sangat baik.

Dengan berbagai gadget dan senjata, termasuk boots roket dan senapan blaster ganda, dia menjadi lawan yang tangguh bagi siapa pun. Ketika berurusan dengan seorang Jedi, Cad Bane memang sering kali menjadi andalan. Cad Bane juga dikenal karena aksi mencuri holocron yang dia lakukan di Jedi Temple. Dia juga sukses untuk menangkap seorang Jedi Master, yaitu Bolla Ropal.

Dalam cerita Clone Wars, Cad Bane memang lebih sering menggunakan senapan blaster miliknya. Namun, dia juga pernah menggunakan lightsaber dalam pertarungannya melawan Obi-Wan Kenobi dan Quinian Vos. Cad Bane bahkan mampu mengalahkan Vos dan kemudian menggunakan lightsaber miliknya untuk bertarung menghadapi sang Jedi Master, Obi-Wan. Untungnya, Obi-Wan berhasil melumpuhkan Bane. Meskipun sempat juga berhasil Cad Bane melumpuhkan Obi-Wan dengan cara menyetrumnya dan kabur, Vos kemudian mengejar Cad Bane dan mampu untuk menangkapnya.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.