Dalam cerita Star Wars, Jedi Knight adalah julukan yang disematkan kepada pengguna kekuatan Force yang mengabdikan dirinya untuk melawan kejahatan di seluruh galaksi. Ada banyak sekali Jedi tangguh yang telah diperkenalkan di semesta Star Wars, termasuk Yoda, Luke, dan Rey Skywalker, di mana mereka umumnya disukai oleh para penggemar. Menariknya, baru-baru ini Lucasfilm mengumumkan bahwa mereka akan membuat film tentang Jedi pertama yang eksis pada era Dawn of the Jedi. Sebelum melihat aksinya nanti, mari kita bahas siapa sebenarnya Jedi paling pertama dalam sejarah Star Wars!

Prime Jedi, Pendiri Jedi Order

Ketika berbicara tentang siapa Jedi pertama, hal ini memang sempat menjadi misteri untuk waktu yang cukup lama. Di mana Star Wars Legends pernah menceritakan bahwa Jedi Order didirikan oleh empat Jedi Master yang mempunyai filosofi berbeda-beda, yaitu Cala Brin, Garon Jard, Rajivari, dan Ters Sendon. Meskipun awalnya mereka sempat dianggap sebagai Jedi paling pertama, tetapi hal itu justru terbantahkan dengan pengungkapan di film kedua dari trilogi sekuel The Skywalker Saga, Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi, yang status canon-nya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Nah di film yang mengisahkan tentang perjuangan Rey Skywalker sebagai Jedi baru ini dijelaskan bahwa Jedi paling pertama adalah sosok misterius yang dijuluki Prime Jedi. Fakta ini dibarengi dengan pengungkapan mozaik batu unik seperti yang bisa kalian pada gambar di atas. Mozaik yang terinpirasi dari lambang yin yang ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa Prime Jedi menyadari keseimbangan di semesta Star Wars sangat ditentukan oleh dualitas yang sama-sama kuat, yaitu light side of the Force dan dark side of the Force.

Lebih lanjut lagi buku Star Wars The Last Jedi: The Visual Dictionary menjelaskan bahwa Prime Jedi adalah orang pertama yang berhasil mengakses kekuatan Force dan mendirikan Jedi Order di Planet Ahch-To sekitar 25.000 tahun sebelum The Skywalker Saga. Di planet yang menjadi tempat lahir Jedi Order inilah terdapat Jedi Temple pertama yang juga memainkan peran penting dalam pencarian jati diri Rey sebagai seorang Jedi. Sayangnya untuk saat ini informasi mengenai Prime Jedi sendiri masih terbilang minim, penyebab utamanya mungkin karena Galactic Empire pernah mencoba menghapus peradaban Jedi.

Pencipta Lightsaber Pertama?

Dari mozaik tentang keseimbangan yang terdapat di Jedi Temple Ahch-To, kemungkinan besar Prime Jedi tidak hanya berfokus pada satu sisi Force saja. Hal tersebut bisa kita lihat dari dua warna hitam dan putih yang saling mengisi. Yang lebih menariknya lagi pemisah dari keseimbangan Force yang ada pada gambar mozaik tersebut mirip seperti lightsaber, senjata utama dari para pengguna Force baik Jedi maupun Sith. Jika benar garis pemisah tersebut adalah lightsaber, kemungkinan besar Prime Jedi juga adalah orang yang telah menciptakan jenis lightsaber pertama di semesta Star Wars yang disebut protosaber.

Di mitologi Star Wars, protosaber adalah versi kuno lightsaber yang digunakan oleh para Jedi selama kurang lebih 20.000 tahun, sebelum lightsaber modern ditemukan pada era Old Republic. Cara kerja dan fungsi protosaber sendiri tidak jauh berbeda dari lightsaber, di mana kristal kyber yang terdapat pada gagangnya berfungsi untuk menjadi katalis yang kemudian memadatkan energi laser. Bedanya protosaber masih mempunyai kabel yang terhubung dengan sumber tenaga eksternal mirip aki mobil. Itulah mengapa Jedi pada era Dawn of the Jedi mempunyai mobilitas yang relatif lebih terbatas.

Masa Depan Film Dawn of the Jedi

Kabar baiknya misteri yang menyelimuti Jedi pertama ini cepat atau lambat akan terjawab melalui film mendatang yang berlangsung pada era Dawn of the Jedi. Berdasarkan pengumuman terbaru yang disampaikan Lucasfilm dalam acara Star Wars Celebration, filmnya sendiri akan digarap langsung oleh sutradara Logan James Mangold. Meskipun untuk sekarang plotnya masih dirahasiakan, yang jelas film dari Mangold ini nantinya akan berfokus pada “Jedi pertama yang menguasai kekuatan Force,” dan dijanjikan akan menghadirkan kisah epik tentang lahirnya Jedi Order di Star Wars.

Sekian pembahasan tentang Jedi pertama di kisah canon Star Wars yang dijuluki Prime Jedi. Bukan tidak mungkin nanti saat filmnya sudah rampung, kita akan mengetahui penampilan dan nama asli Prime Jedi yang eksis 25.000 tahun, termasuk apakah benar dia yang menciptakan protosaber dan semua hal yang pada akhirnya melekat pada semua Jedi dan bahkan Sith di galaksi. Selain itu kita juga akan bisa melihat seperti apa bedanya semesta Star Wars pada era Dawn of the Jedi. So, kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya tentang film Jedi pertama ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.