Avatar yang disutradarai oleh James Cameron menjadi salah satu masterpiece yang begitu ditunggu kehadiran sekuelnya oleh para penggemar film. Pada sequel film Avatar 2, Cameron menjanjikan pemakaian teknologi yang lebih canggih. Bahkan, dia berani mengatakan bahwa teknologi pada film tersebut akan merevolusi teknologi 3D yang ada saat ini.

Pada festival Vivid Light di Sydney beberapa waktu lalu, Cameron mengungkapkan, bahwa tidak hanya Avatar 2, Avatar 3,4, dan 5 bakal hadir dengan teknologi 3D yang menakjubkan. Bahkan, dia berani menjamin kalau penggunaan teknologi tersebut bakal menjadikan sekuel Avatar merupakan representasi dari seluruh kemampuan yang dimilikinya.

Pada produksi sekuel Avatar tersebut, Cameron berkolaborasi dengan Dolby Cinema. Dolby Cinema dikenal sebagai perusahaan yang menghasilkan teknologi proyeksi dinamis menggunakan cahaya 16 foot-lamberts melalui kacamata. Teknologi ini terbilang revolusioner karena umumnya hanya menggunakan cahaya 3 foot-lamberts. Dampak dari pemakaian teknologi terbaru ini memungkinkan para penonton untuk memperoleh gambar yang lebih jelas.

Secara khusus, Cameron juga mengatakan keinginannya agar para penonton bisa menyaksikan film Avatar 2, 3, 4, ataupun 5 secara menyeluruh, dengan menggunakan kacamata 3D. Dia juga berharap kalau nantinya, akan muncul teknologi yang memungkinkan penonton bioskop menonton film 3D tanpa harus menggunakan kacamata. Menurut Cameron, hal itu bisa diwujudkan.

Film Avatar yang tayang di bioskop pada 2009 masih dikenal sebagai film terlaris sepanjang masa, dengan pendapatan mencapai US$2,78 miliar di seluruh dunia. Tak heran kalau banyak fans yang menunggu kedatangan sekuelnya. Avatar 2, menurut rencana bakal tayang pada 17 Desember 2021. Sementara itu, Avatar 3 dan 4 masing-masing bakal hadir pada 20 Desember 2021 dan 19 Desember 2022.