Captain Marvel adalah superhero yang akan diperankan Brie Larson di filmnya yang akan rilis pada tahun 2019 mendatang. Karakter ini memiliki nama asli Carol Danvers dan memiliki kemampian kosmik yang dahsyat.  dipopulerkan pada tahun 1968, Captain Marvel mampu menyedot perhatian para penggemar.

Dengan perannya yang terbilang ‘penting’, Captain Marvel pun tak luput dari perhatian Marvel Studio untuk melibatkan karakter ini ke Marvel Cinematic Universe bersama para superhero lainnya. Dengan perilisan Avengers : Infinity War tiga hari lalu, kamu pastinya mulai merasakan kemunculan Captain Marvel di MCU untuk membantu tim Avengers mengalahkan Thanos di Avengers 4 tahun depan. Sebelum menyaksikan aksi debut Captain Marvel di MCU tahun depan, ada baiknya kamu lebih mengenal siapa itu Captain Marvel dan bagaimana asal muasal wanita super ini? So, Geeks mari kita simak pembahasannya dibawah ini ya. Check this out!

 


Kehidupan Carol Danvers


Seperti yang kamu tahu bahwa Captain Marvel memiliki nama asli Carol Danvers atau bernama panjang Carol Susan Jane Danvers. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara yang bertempat tinggal di Boston. Awalnya Carol Danvers dilahirkan menjadi wanita biasa seperti apda umumnya, Carol kecil dikenal sebagai wanita pekerja keras dan berambisi untuk menyamakan kedudukan antara wanita dengan pria. Namun, ayah Carol Danvers memiliki didikan yang keras dan tidak bisa menerima jika kedudukan wanita dapat disejajarkan dengan pria. Maka dari itu, ayahnya selalu meminta pertolongan kepada dua adik laki-lakinya. Suatu saat kondisi perekonomian ayah Carol memburuk sehingga ayahnya mampu membiayai kuliah dari salah satu adik Carol Danvers bernama Steve. Tentu saja hal itu tidak mematahkan semangat Carol Danvers untuk meraih mimpinya sebagai Pilot .

Saat usia Carol Danvers menginjak 18 tahun, ia secara diam-diam bergabung dengan satuan Angkatan Udara untuk meraih mimpinya sebagai Pilot dan mendapatkan gelar sarjana. Tentu hal ini sangat tidak disetujui oleh ayahnya, karena ingin menjadikan Carol Danvers sebagai wanita rumah tangga. Ada satu saat Carol Danvers harus kembali kerumah karena adiknya Steve meninggal ditengah pertempuran Militer. Keadaan tersebut memaksa Carol untuk bertemu kembali dengan ayahnya, alhasil Carol pun masih merasa tidak diterima oleh ayahnya. Semangat Carol untuk menjadi seorang pilot pun terus ia kejar, sampai suatu ketika ia ditugaskan untuk menerbangkan pesawat Jet dan bertempur di wilayah Arabia. Saat menjalani misi, pesawat yang Carol tunggangi tertembak jatuh, Carol pun ditawan dan disiksa selama kurun waktu beberapa hari oleh seorang pria bernama Ghazi Rashid.

Dengan kecerdikan Carol Danvers, ia berhasil lolos sebagai tawanan dan melarikan diri ke markas CIA yang berada didaerah tersebut. Carol pun membeberkan berbagai informasi kepada CIA selama dirinya disekap, dan disinilah Carol Danvers mulai diangkat menjadi salah satu anggota CIA. Selama menjabat menjadi anggota CIA, Carol mulai diberikan tugas yang berbeda dari sebelumnya dan mulai bekerja sama dengan Nick Fury, Logan, dan Benjamin Grim.

 


Bergabung Dengan NASA


 

Nah Geeks, disinilah Carol Danvers mulai berurusan dengan hal yang berbau luar angkasa. Setelah bergabung denga CIA, NASA meminta kepada Carol untuk menempati posisi sebagai kepala keamanan. Hal itu membuatnya menjadi kepala keamanan termuda dalam sejarah NASA, dan tak lama langsung terlibat dengan hubungan dengan bangsa alien yaitu Kree Empire. Hal ini pertama kalinya Carol Danverse bertemu dengan seorang prajurit Kree bernama Mar-Vell. Namun hal malah membuat Carol Danvers terjebak di tengah pertempuran berbahaya antara Mar-Vell dan musuh bebuyutannya Yon-Rogg.

Carol Danvers tak kuasa melihat Mar-Vell bertarung sendirian. Dengan latar belakangnya sebagai CIA, ia merasa mampu menangani pertempuran tersebut. Selama pertempuran itu, Carol terkena radiasi ledakan dari suatu alat yang dirancang oleh Kree bernama Psyche-Magnitron yang memiliki kekuatan untuk mengubah pikiran menjadi kenyatan, namun sangat mematikan bagi umat manusia. Setelah Mar-Vell mengetahui Carol Danvers dalam bahaya, Mar-Vell dengan cepat melindungi Carol dengan tubuhny sendiri, sehingga kejadian ini membuat genetika tubuh Carol Danvers berubah secara drastis dan membuatnya menjadi manusia super setengah Kree yang tidak ia rasakan selama berbulan-bulan.

 


Carol Danvers Is Captain Marvel!


Setelah pertempuran tersebut, karir Carol Danvers di NASA akhirnya mulai terpuruk, karena dirinya telah merusak salah satu pangkalan Cape Canaveral dan dirinya dianggap tidak mampu mengendalikan serangan super di dalam tubuhnya. Karena Carol Danvers merasa terpuruk, akhirnya ia pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari NASA dan menjalani hidupnya seorang diri. Selama tidak bekerja, Carol banyak menghabiskan waktunya membuat buku yang ternyata mampu laris dipasaran. Sampai pada akhirnya Carol kembali bekerja sebgai editor majalah Woman Magazine dibawah naungan Daily Bugle.

Selama bekerja, Carol merasakan ada yang aneh didalam tubuhnya karena kepribadian ganda yang selama ini tidak ia sadari. Akhirnya, Carol pun tersadar bahwa tubuhnya telah dipengaruhi oleh radiasi Psyche-Magnitron dan Carol menyadari bahwa tubuhnya memiliki kekuatan yang sama dengan Mar-Vell. Pada akhirnya ia mengenakan kostum yang bercorak hampir menyamai desain kostum Mar-Vell untuk menyeimbangi kekuatan super didalam tubuhnya. Setelah itu, Carol Danvers telah membuktikan dirinya sebagai superhero berkekuatan super untuk melindungi kota New York bersama Spider-Man, The Defenders, dan Avengers.

 


Captain Marvel Bergabung Dengan Avengers


Sebelumnya Captain Marvel belum menjadi anggota tetap Avengers, tapi setelah Carol banyak membantu tim Earth’s Mightiest Heroes ini akhirnya ia diundang bergabung secara tetap dengan Avengers untuk menggantikan posisi Scarlet Witch yang pergi. Bergabungnya Carol Danvers dengan Avengers disambut dengan rasa bahagia oleh anggota superhero lainnya dan membuat peran Captain Marvel sangat identik dengan Avengers.

Captain Marvel bisa dibilang sangat cocok selama dirinya bergabung di Avengers sekaligus menjadi salah satu anggota yang paling berharga. Carol Danvers banyak membantu mengalahkan beberapa supervillain Avengers seperti Absorbing Man, Chthon, the Grey Gargoyle dan the Taskmaster. Selain itu, Carol Danvers juga berhasil melumpuhkan seorang Mutan jahat bernama Sabretooth saat melarikan diri dari tawanan SHIELD.

Namun, bergabungnya Captain Marvel dengan Avengers terhitung sangat singkat. Hal tersebut diawali saat Carol Danvers hamil karena niat jahat dari Marcus. Hal itu diawali saat Marcus mengamati gerak-gerik Carol Danvers dari kejauhan, sehingga membuat Marcus akhirnya mencintai Carol Danvers secara diam-diam. Marcus berusaha menculik Carol dan memanipulasi pikirannya Carol dan membuatnya jatuh cinta kepada Marcus.

Geeks, itulah perjalanan Carol Danvers sebagai Captain Marvel di versi komiknya. Lalu, apakah Marvel Studio akan mengangkat perjalan Carol Danvers tadi di film solo Captain Marvel? Tentu hal tersebut dapat kita buktikan saat film Captain Marvel dirilis pada tanggal 8 Maret 2019 dan aksinya melawan Thanos di Avengers 4 tahun depan. So, jangan ketinggalan berbagai update terbaru mengenai berita MCU dan berbagai film lainnya hanya di Greenscene.co.id ya Geeks!

 

FOLLOW US