Selama ini mungkin kita lebih sering melihat sosok Black Widow yang diperankan Scarlett Johansson dengan setia hadir menemani para pecinta film superhero hingga saat ini. Tapi mungkin banyak diantara kalian yang tidak tahu bahwa Marvel Comics pernah menghadirkan beberapa versi Black Widow ke dalam ceritanya. Nah siapa saja sih mereka? Yuk simak geeks!


Natasha Rumanoff


Black Widow yang satu ini menjadi sosok Black Widow paling ‘beken‘ saat ini. Sosoknya hampir selalu muncul dalam film-film MCU dari tahun 2010 lalu bahkan sampai saat ini. Lahir pada tahun 1928 dan menjadi yatim piatu pasca penyerangan yang terjadi di Stalingrad selama Perang Dunia II, seorang tentara Soviet kemudian menyelamatkan Rumanoff dan memasukannya ke dalam Fasilitas bernama Red Room milik pemerintah Soviet yang sangat rahasia. Ia dilatih untuk menjadi seorang agen wanita elit.

Di Red Room ia di brainwash dengan semua kenangannya dihapus dan ditanamkan dengan kenangan baru yang palsu. Kemampuan pertarungan dan spionasenya pun turut disempurnakan untuk menjadikannya sebagai agen tangguh.  Dari situlah dia menjadi Black Widow. Pada mulanya, Natasha Romanoff adalah tokoh antagonis yang bekerja menjadi agen mata-mata Rusia untuk menghadapi Iron Man dalam komik Tales of Suspense #52 (April 1964). Kemudian dia direkrut oleh Hawkeye dan membelot ke Amerika Serikat. Natasha Rumanoff sebetulnya bukan manusia biasa, setelah diberi serum yang sangat mirip dengan Super Soldier Serum (serum yang digunakan untuk Captain America) selama berada di program Black Widow membuatnya benar-benar tahan terhadap penuaan dan penyakit. Kekuatan dan ketangkasannya hampir menyamai dengan yang dimiliki Captain America. Itulah alasan mengapa dia masih hidup dan tidak menua dari sejak tahun 1928 hingga kini.

 


Monica Chang


 

Monica Chang tampil pertama kali sebagai Black Widow dalam komik Ultimate Comics : Avengers #3 (2010). Monica Chang awalnya merupakan anggota pasukan Amerika yang diselamatkan oleh Nick Fury dari Bosnia. Pasca kejadian itu, keduanya pun semakin dekat dan mereka memutuskan untuk menikah, walau akhirnya pernikahaan itu hanya bertahan selama 6 bulan. Monica Chang juga pernah mengepalai Divisi Intelijen S.H.I.E.L.D. yang ditugaskan untuk menginterogasi Hank Pym setelah ia menciptakan virus untuk menghancurkan Ultron. Karena kesalahan Pym, virus yang diberi nama Dimitrios itu berkembang menjadi Artificial Intelligence dan melakukan beberapa serangan cyber ke seluruh dunia. Bersama dengan Pym, dia mengumpulkan sebuah tim untuk memburu Dimitrios.

 


Claire Voyant


 

Claire Voyant diperkenalkan pertama kali di Mystic Comics #4 pada agustus 1940 sebagai karakter yang cukup aneh dan mengerikan. Bagaimana tidak? sosok antihero wanita ini dapat membunuh orang-orang jahat hanya dengan satu sentuhan dan setelah berhasil membunuhnya, ia mengirim jiwa mereka kepada setan. Mereka mengincar penjahat supaya mereka tidak sempat bertobat dan menyeret jiwanya masuk ke dalam neraka.

Awal mulanya Claire Voyant adalah seorang manusia biasa yang memiliki kemampuan khusus untuk dapat berkomunikasi dengan arwah orang yang telah meninggal. Namun saat ia bertemu keluarga Waglers, Claire tiba tiba dirasuki oleh setan yang memerintahnya untuk mengutuk keluarga Waglers. Setelah keluarga Waglers dikutuk, masing masing anggota keluarga Waglers kemudian tewas dalam sebuah kecelakaan mobil mengerikan dengan hanya menyisakan James yang berhasil selamat. James dengan amarahnya yang menggebu untuk membalaskan dendamnya lalu mengejar Claire dan berhasil membunuhnya. Claire yang telah meninggal kemudian masuk ke dalam neraka dan bertemu dengan setan yang memberinya kekuatan super serta kostum Black Widownya. Setelah setan mengubah Claire menjadi Black Widow, kekuatan dan daya tahan tubuhnya meningkat. Ia juga mendapatkan kemampuan lain seperti kemampuan untuk terbang, menjadi tidak terlihat, serta setan memberinya karunia keabadian yang pada dasarnya membuat dia awet muda.


Yelena Belova


 

Memulai debutnya dalam komik Inhumans #5 (Maret 1999), Yelena Belova adalah Black Widow kedua menggantikan pendahulunya Natasha Romanoff yang tidak lagi setia mengabdi kepada Rusia. Ketika Yelena berusia 15 tahun, ia dipilih untuk berlatih sebagai Black Widow yang potensial selama satu dekade di Red Room, di salah satu fasilitas pelatihan spionase Departemen X oleh orang yang dulunya pernah melatih Natasha Romanoff, Pyotr Starkovsky.

Ketika pelatihnya dibunuh, Belova mendapat tugas pertamanya menjadi seorang Black Widow untuk melacak siapa orang yang telah membunuh pelatihnya. Namun diketahui bahwa ternyata semua investigasi itu merupakan bagian dari ujian untuk mendapatkan gelar mata-mata Black Widow.
Awalnya Yelena tidak memiliki kekuatan super. Dia dilatih secara ketat dalam kemampuan spionase dan berbagai pertempuran bersenjata dan tidak bersenjata. Pakaiannya diperkuat dengan Kevlar yang mampu menahannya terhadap peluru meski efeknya masih dapat melukainya. Yelena juga mengenakan duplikat perangkat ‘Widow’s Bite’ yang biasa Romanoff pergunakan dipergelangan tangannya, yang memungkinkan ia untuk dapat melepaskan ledakan listrik. Yelena lebih banyak berperan sebagai tokoh antagonis. Ia sempat bertemu dan bertarung dengan Romanoff. Sebuah pertarungan keren antar dua generasi Black Widow.

 


Jessica Drew


Memang Jessica Drew lebih dikenal sebagai Spider Woman dikarenakan kemampuannya yang lebih mirip dengan Spider Man, namun dalam seri All New Ultimates (2014), Spider Woman memutuskan untuk membuat grup baru yang dinamai The Young Ultimates yang dipimpin oleh Jessica Drew sendiri sebagai Ultimate Black Widow melanjutkan grup Avengers lama yang pernah diketuai mendiang Captain America pasca pertarungan panjang yang membuat bumi nyaris hancur oleh Galactus. Kekuatan yang dimiliki Jessica berasal dari hasil kombinasi serum khusus yang berasal dari darah laba-laba yang dicampur dengan efek radiasi. Ia memiliki sejumlah kekuatan, seperti kecepatan diatas rata-rata, refleks yang cepat, ketangkasan, dan daya tahan yang baik.

Nah itu dia Geeks beberapa Black Widow yang pernah muncul di berbagai komik Marvel. dari kelima itu mana yang menjadi jagoan kalian?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/