GREENSCENE.CO.ID – Penggemar komik Watchmen original pasti tahu bahwa Doomsday Clock menghadirkan sesuatu yang kontroversial. Apa yang para penggemar tidak sangka adalah saat Dr. Manhattan menerawang ke masa depan dan ia menggambarkan adanya sebuah peristiwa yang akan menyatukan DC dan para pahlawan Marvel. Edisi terakhir dari sekuel Watchmen mungkin belum menghadirkan pertempuran Superman / Dr. Manhattan untuk menentukan nasib dari seluruh alam semesta, tetapi itu menjelaskan bagaimana Manhattan mengubah realitas DC.

Manhattan mengetahui Superman adalah jantung dari DC Universe. Berarti tak peduli bagaimana Manhattan mengubah sejarah, Superman tetap akan selalu ada. Selain itu ketika ia melihat ke masa depan, ia melihat akan hadirnya superhero Marvel. Sang penulis dari komik tersebut yaitu Geoff John juga mengindikasi bahwa akan adanya sebuah crossover besar yang akan bernama Secret Crisis, di mana ia menulis:

“Tidak peduli berapa kali Superman di serang, ia akan bertahan hidup. Bahkan disituasi perubahan yang konstan. Pada 10 Juli 2030, Secret Crisis akan dimulai, dan akan menceritakan saat Superman berada di sebuah kekacauan yang terjadi di alam semesta bersama Thor. Dan ada raksasa hijau yang lebih kuat daripada Doomsday yang mati demi melindungi Superman dari para musuhnya.”

Nama atau istilah “Crisis” memang sering digunakan oleh DC sementara “Secret” sering digunakan oleh Marvel. Dari apa yang ditulis oleh Geoff John, 2030 akan menghadirkan sebuah ancaman atau invasi dan disini kita akan melihat bagaimana Superman akan menguji palu Thor dan Hulk yang mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Superman. Cerita yang dihadirkan juga cukup masuk akal mengingat sempat ada pertempuran di masa lalu yang melibatkan Avengers dan Justice League. Pertanyaan sebenarnya adalah apa yang ditulis oleh Geoff Johns akan terwujud?

Atau apakah yang ditulis oleh Geoff Johns merupakan sebuah lelucon? Tetapi jika itu hanya menjadi sebuah lelucon, lelucon itu bukan cara yang biasa DC lakukan menyangkut kompetitornya. Tapi dengan diberikannya nama dan waktu, para penggemar tentu akan menganggap bahwa itu adalah hal yang serius dan hanya waktu yang akan memberitahu hal tersebut.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/