Flash adalah salah satu karakter populer dari semesta komik superhero DC yang terkenal karena kecepatan supernya. Debut pada tahun 1940 dengan superhero veteran Jay Garrick, inkarnasi Flash terus berkembangan dengan berbagai alter ego lainnya yang lebih populer, seperti Barry Allen dan Wally West. Menariknya saat DC sibuk mengembangkan karakter sang Scarlet Speedster, pada saat yang bersamaan Marvel juga melakukannya dengan sejumlah karakter mirip Flash. Pada artikel kali ini kita akan mengekplorasi tujuh karakter yang diduga kuat sebagai tiruan Flash di Marvel Universe!

Whizzer

Whizzer adalah superhero Marvel yang melakukan debutnya satu tahun setelah kemunculan Flash Jay Garrick, tepatnya di World War II in U.S.A. Comics. Karakter bernama asli Robert Frank ini menjadi seorang speedster setelah tergigit ular kobra dan malah diobati dengan darah hewan semacam luwak. Hal inilah yang kemudian membuat kekuatan mutant-nya muncul, di mana Whizzer mampu berlari dengan kecepatan 1,6 km/jam. Meskipun kostumnya berwarna kuning, tetapi sayap kecil di topeng Whizzer membuat statusnya sebagai tiruan Flash di Marvel sangat jelas.

Squadron Supreme’ Whizzer

Satu lagi speedster Marvel bernama Whizzer yang sudah pasti merupakan tiruan dari Flash adalah seorang varian bernama Stanley Stewart yang eksis di Earth-S. Alasan mengapa kemiripannya dengan Flash sudah tidak perlu kita ragukan lagi adalah karena karakter yang debut di komik Avengers #85 ini memang diakui Marvel sebagai copycat Flash dari Justice League. Di mana dia mempunyai tim sendiri yang disebut Squadron Supreme yang tidak lain adalah Justice League versi Marvel. Kekuatan Whizzer yang satu ini juga terbilang sangat mirip dengan Flash, termasuk berlari di atas air, berlari di dinding, menciptakan getaran yang bisa membuka portal antar semesta, dan lain sebagainya.

Quicksilver

Debut sebagai seorang mutant yang mampu berlari dengan sangat cepat, ternyata Pietro Maximoff alias Quicksilver mempunyai julukan layaknya Flash di DC, yaitu Fastest Man Alive. Hal inilah yang membuatnya sering dianggap sebagai tiruan Flash di Marvel Universe. Meskipun pada awal kemunculannya Quicksilver tidak lebih cepat dari Flash, di mana kecepatan lari maksimalnya hanya setara dengan kecepatan suara, tetapi seiring dengan berjalannya waktu banyak pengembangan kisah yang membuatnya lebih menarik lagi. Saat DC dan Marvel melakukan crossover, Quicksilver dan Flash bahkan pernah saling bertarung dan adu kecepatan, walaupun akhirnya sang Scarlet Speedster berhasil menang telak.

Buried Alien

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa Buried Alien adalah tiruan Barry Allen alias Flash kedua yang eksis di Marvel Universe. Semuanya bermula ketika Barry diceritakan tewas di komik DC Crisis on Infinite Earths, hal ini lantas mendorong Marvel untuk menciptakan Buried Alien yang sama-sama punya rambut pirang dan terlihat mengakan kostum Flash versi compang-camping. Bedanya Buried Alien lebih memilih nama Fast Forward sebagai identitas superheronya. Seakan penampilannya masih belum cukup untuk membuktikan bahwa Buried Alien adalah karakter tiruan, Marvel bahkan menjulukinya sebagai Fastest Man in the Universe, yang artinya lebih cepat dari Flash.

Makkari

Mercury alias Makkari adalah salah satu anggota Eternal di Marvel Universe yang diperkenalkan oleh Jack Kirby tidak lama setelah Jay Garrick melakukan debutnya. Yang membuat Makarri sering dianggap sebagai tiruan Flash adalah penampilannya yang sama-sama menggunakan kostum berwarna merah serta kemampuannya yang bisa berlari dengan sangat cepat. Saking cepatnya, Makarri bahkan digadang-gadang lebih cepat dari Jay Garrick di DC serta Quicksilver dan Whizzer di Marvel, di mana dia hanya kalah dari manusia tercepat di alam semesta Buried Alien alias Fast Forward.

Speed Demon

Speed Demon adalah musuh Spider-Man yang terkenal memiliki kecepatan super saat beraksi. Karakter bernama asli James Sanders ini awalnya bahkan sempat menjadi Whizzer, hal inilah yang membuatnya bisa disebut juga sebagai tiruan Flash versi Marvel. Namun dari segi kecepatan, Speed Demon tidak lebih cepat dari Flash yang bisa berlari secepat cahaya. Karena kecepatan maksimalnya yang pernah tercatat hanya sedikit lebih cepat dari kecepatan suara. Itu artinya dia masih kalah daripada Quicksilver dan speedster Marvel lainnya, apalagi jika dia lomba lari dengan karakter DC secepat Flash.

Amalgam’ Speed Demon

Speed Demon yang satu ini adalah karakter tiruan Flash yang eksis di semesta kolaborasi antara Marvel dan DC, yaitu Amalgam. Pada kenyataannya, Speed Demon yang mempunyai nama asli Blaze Allen ini adalah gabungan dari Flash Barry Allen dan Ghost Rider Johnny Blaze. Itulah mengapa penampilannya terlihat menyeramkan dengan kepala tengkorak api serta pakaian compang-camping karena terlalu cepat berlari. Selain mampu berlari cepat Speed Demon versi Amalgam ini juga mempunyai kekuatan api layaknya Ghost Rider, di mana hal ini membuatnya menjadi salah satu speedster paling tangguh baik di DC maupun Marvel Universe.

Itulah tujuh karakter tiruan Flash yang eksis di Marvel Universe. Di mana semua karakter ini debut setelah DC memperkenalkan superhero Flash lebih dahulu pada tahun 1940. Dari sini bisa kita simpulkan walaupun Marvel tidak punya speedster sepopuler Flash, tetapi mereka mempunyai banyak karakter yang mirip dengannya dari segi kemampuan bahkan penampilan. Perlu kita catat praktek saling meniru ini sebenarnya cukup lumrah terjadi di antara DC dan Marvel. Hanya saja khusus untuk karakter Flash, cukup jelas bahwa DC adalah pionirnya dan Marvel hanya tinggal menirunya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.