Sosok Tony Stark memiliki tumor otak yang jenius di mana tumor otak tersebut mampu memiliki kesadarannya sendiri bernama Anthony. Sudah bukan hal asing lagi jika Tony Stark memang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Dia bahkan jadi salah satu karakter paling cerdas di Universe Marvel. Berkat kecerdasannya, Tony Stark mampu menciptakan berbagai hal yang luar biasa seperti Iron Man.

Tony Stark juga mampu menciptakan berbagai kecerdasan buatan yang sering membantunya dalam berbgai hal. Contoh nyata dari hal ini adalah J.A.R.V.I.S. atau F.R.I.D.A.Y. Meskipun Tony Stark beberapa kali diperlihatkan tewas, namun dalam salah satu cerita diperlihatkan bagaimana kematian Tony justru “melahirkan” karakter lain yang bernama Anthony.

Siapa Anthony

Bagaimana jika Tony Stark memiliki penyakin mematikan seperti tumor otak? Inilah yang kemudian diperlihatkan oleh Marvel Comics dalam alur cerita Ultimate Comics Ultimates. Dalam komik tersebut para pembaca diperlihatkan sosok Tony Stark, namun Tony Stark ini bukan berasal dari Earth-616 melainkan dari Ultimate Universe. Dalam ceritanya juga diperlihatkan jika Tony tewas dalam versi universe ini.

Di komiknya dijelaskan bahwa kematian dari Tony Stark di Ultimate Universe disebabkan akibat tumor otak yang dia derita. Namun, ada hal menarik yang muncul dari hal tersebut. Sebelum kematiannya, Tony diperlihatkan sudah menerima takdirnya bahwa dia memiliki penyakit mengerikan tersebut. Tony bahkan sudah berdamai dengan tumor otaknya di mana dia memberi nama penyakitnya tersebut yaitu ‘Anthony.’

Yang luar biasa dan tidak diduga adalah ternyata ‘Anthony’ bukanlah tumor otak biasa yang menggerogoti tubuh Tony. Dia ternyata merupakan tumor otak yang cerdas di mana Anthony bahkan sampai memiliki kesadarannya sendiri yang terpisah dari Tony Stark. Anthony sendiri merupakan sebuah parallel processor yang mampu mengakses atau menggunakan teknologi.

Anthony bisa muncul melalui halusinasi Tony Stark di mana dia akan muncul dalam wujud anak kecil. Di sepanjang cerita Ultimates tersebut diperlihatkan bagaimana Anthony kemudian menggantikan peran Tony Stark. Dia membantu para Ultimates saat Civil War berlangsung. Anthony juga membantu menjinakan nuklir yang diluncurkan oleh Republic of Texas yang mengarah ke New York.

Dalam komik Ultimate Comic Ultimates #26 Reed Richards mengetahui jika salah satu Infinity Gems disimpan atau disembunyikan di otak Tony Stark. Dan ternyata, faktanya tumot otak “hidup” yang jadi rekan dari Tony tersebut sebenarnya adalah perwujudan dari Infinity Gems yang tersimpan di dalam otak Tony. Reed Richards alias the Maker pun kemudian memerintahkan Quicksilver untuk menculiknya. Dalam prosesnya, Quicksilver kemudian berhasil membunuh Anthony dan menemukan jika Infinity Gem tersebut menyatu dengan otak dari Tony Stark.

Kemampuan Dahsyat Anthony

Anthony diketahui memiliki beberapa kemampuan dahsyat seperti yang diperlihatkan dalam komiknya. Selain mampu memiliki kesadran sendiri, dia juga mampu mengakses dan menggunakan berbagai teknologi canggih. Buktinya adalah dia mampu meyakinkan sebuab entitas hidup dari dome ciptaan Reed Richards dan Children of Tomorrow, yaitu the City.

Anthony berhasil untuk menghasut the City untuk berkhianat kepada penciptanya, yaitu Reed Richards. Akibat dari hal tersebut, Anthony pun kemudian memanfaatkan bagian tubuh atau onderdil dari tubuh the City untuk membangun sebuah armor Iron Man raksasa. Armor raksasa Iron Man tersebut kemudian dia gunakan untuk menghadapi Reed Richards alias the Maker dan juga Hulk.

Yang juga menarik adalah berkat kecerdasan Anthony untuk bisa berkomunikasi dengan teknologi dia pun memanfaatkan Stark Industries untuk kepentingannya sendiri. Contohnya adalah mengendalikan berbagai armor Iron Man.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.