Pertama kali berdiri pada tahun 2008, Marvel Cinematic Universe adalah jagat sinema live action superhero yang sebagian besar kisah dan karakternya diadaptasi dari berbagai komik yang ditulis langsung oleh Stan Lee, seperti Spider-Man, Iron Man, Thor, bahkan Avengers. Namun, tahukah kalian bahwa ternyata tidak semua karakter yang sekarang eksis di MCU adalah buatan Stan Lee? Pada artikel ini, kita akan membahas sepuluh karakter dari Marvel Comics yang sudah diperkenalkan di MCU, tetapi bukan merupakan ciptaan Stan Lee, melainkan creator lain yang tidak kalah berjasa darinya. Yuk, simak!

Captain America (Steve Rogers)

Steve Rogers alias Captain America yang diperankan oleh aktor Chris Evans di MCU adalah salah satu karakter Marvel yang ternyata bukan merupakan ciptaan Stan Lee, melainkan diciptakan oleh Joe Simon dan Jack Kirby melalui Captain America Comics #1 (1940). Dikenal sebagai salah satu super soldier pertama dalam sejarah Marvel, Steve versi live action melakukan debutnya di film Captain America: First Avengers sebagai superhero yang terkenal bijak dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang sangat baik. Hal inilah yang kemudian membuatnya sering digambarkan sebagai salah satu pemimpin Avengers, termasuk pada penampilan terakhirnya di Avengers: Endgame.

Namor the Sub-Mariner

Namor adalah salah satu superhero paling pioner Marvel Comics yang pertama kali diperkenalkan di komik Motion Picture Funnies Weekly #1 (1939). Karena pada tahun itu Stan Lee belum aktif di Marvel Comics, pada kenyataannya Namor the Sub-Mariner dibuat oleh komikus veteran bernama Bill Everett. Selain tidak termasuk karakter yang dibuat oleh Stan Lee, Namor dari aktor Tenoch Huerta yang baru saja melakukan debutnya di film Black Panther Wakanda Forever ini juga mendapatkan banyak sekali penyesuaian karakter di MCU. Di mana asal-usulnya diubah dari yang awalnya raja Atlantis menjadi raja bangsa bawah lauh Talokan yang punya garis keturunan dari bangsa Aztec/Maya.

Captain Marvel (Carol Danvers)

Di Marvel Comics, Stan Lee terkenal sebagai pencipta karakter Captain Marvel pertama yang bernama Mar-Vell, tetapi bukan versi Carol Danvers yang eksis di MCU. Khusus untuk Carol sendiri sebenarnya terdaftar sebagai karakter buatan Roy Thomas di komik Marvel Super-Heroes #13 (1967). Kemunculannya di film Captain Marvel yang dibintangi oleh aktris Brie Larson lantas membuat banyak penggemar lebih mengenal karakternya sebagai salah satu superhero terkuat di MCU. Penampilanya di film Avengers Endgame bahkan secara tidak langsung telah mengukuhkan posisinya sebagai wanita paling tangguh di jagat semesta live action Marvel.

Ant-Man (Scott Lang)

Sama kasusnya seperti Captain Marvel, Ant-Man versi Hank Pym memang diciptakan oleh Stan Lee. Namun versi Scott Lang yang justru lebih banyak tampil di MCU pada kenyataannya bukanlah buatan Lee, melainkan karya David Michelinie dan John Byrne di komik Avengers #181 (1978). Hank memang punya peran yang cukup penting juga di MCU sebagai pencipta pym particle dan semua turunannya, tetapi yang sekarang memegang identitas superhero Ant-Man adalah Scott Lang yang belum lama ini beraksi melawan salah satu varian Kang the Conqueror di film Ant-Man and the Wasp Quantumania.

Guardians of the Galaxy

Meskipun terkenal sebagai pencipta Avengers, siapa sangka ternyata Stan Lee tidak pernah menciptakan tim superhero MCU lainnya yang kita kenal sebagai Guardians of the Galaxy. Deretan anggota nyeleneh Guardians yang pertama kali diperkenalkan di film GOTG garapan sutradara James Gunn, seperti Star-Lord, Gamora, Groot, Rocket, dan Drax, sebenarnya merupakan karakter yang terlahir dari kolaborasi banyak penulis dan ilustrator lain, termasuk Jim Starlin, Keith Giffen, dan masih banyak lagi. Mungkin hal inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa tim Guardians terasa sangat berbeda dari para superhero buatan Stan Lee yang namanya kebanyakan mengandung kata ‘man’.

Eternals

Satu lagi tim superhero MCU yang ternyata bukan merupakan buatan Stan Lee, yaitu Eternals, yang pada awal Fase 4 MCU sempat debut dengan film solo garapan sutradara Chloe Zhao. Pertama kali muncul di Red Raven Comics (1940), Eternals tercatat sebagai bangsa homo immotalis alias abadi yang justru dibuat oleh Martin A. Burnstein dan Jack Kirby. Di MCU, Eternals sendiri dikenal sebagai para makhluk abadi dari luar angkasa yang sengaja diciptakan dan dikirim oleh Celestial untuk melindungi Bumi dari bangsa monster Deviants, lebih tepatnya untuk menjaga bumi sampai Celestial Tiamat lahir dari perut Bumi.

Shang-Chi

Muncul di film Shang-Chi and the Legend of the Rings, karakter Shang-Chi berhasil menarik perhatian banyak penggemar MCU yang juga mungkin mendalami karakternya di Marvel Comics. Faktanya karakter MCU yang sempat dikira buatan Stan Lee ini pada kenyataannya adalah ciptaan Jim Starlin, yang petama kali memperkenalkan karakternya di komik Special Marvel Edition #15 (1973). Sejak saat itulah Shang-Chi dikenal sebagai ahli seni bela diri kung fu terkuat di antara banyaknya karakter populer yang dibuat oleh Stan Lee. Untuk di MCU sendiri, Shang-Chi bahkan digadang-gadang akan memainkan peran penting di film Avengers: The Kang Dynasty mendatang sebagai anggota baru Earth’s Mightiest Heroes.

Thanos

Jika berbicara tentang big bad villain MCU saat ini, yaitu Kang the Conqueror, dia memang pertama kali diciptakan oleh Stan Lee. Namun hal yang sama tidak berlaku kepada sang Mad Titan Thanos yang menjadi big bad villain di Infinity Saga MCU beberapa tahun lalu. Dikenal sebagai salah satu villain paling berbahaya sepanjang sejarah Marvel Comics, khususnya di peristiwa Infinity Gauntlet, ternyata Thanos adalah karakter yang diciptakan oleh Jim Starlin di komik Iron Man #55 (1972). Hal ini jugalah yang lantas membuat Starlin mendapatkan kesempatan untuk tampil sebagai cameo di film Avengers: Endgame, sebagai salai satu keluarga korban dari snap Thanos di film Infinity Wars.

Berdasarkan semua daftar karakter yang bukan buatan Stan Lee ini, bisa kita simpulkan bahwa ternyata di Marvel Comics dan juga versi live action MCU sebenarnya ada cukup banyak karakter yang diciptakan oleh komikus lain. Berbekal hal tersebut setidaknya sekarang pandangan kita tentang ‘Marvel = Stan Lee’ atau sebaliknya, bisa sedikit lebih terbuka lagi, karena pada kenyataannya banyak komikus lain yang juga berperan besar dalam membawa Marvel sampai sebesar dan seterkenal sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.