Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan tim superhero seperti Avengers, Defenders, atau Guardians of the Galaxy, yang memang sering dieksplorasi oleh Marvel. Namun, tahukah kalian di Marvel Universe sendiri sebenarnya ada juga 5 tim superhero yang berasal dari Asia. Faktanya mereka juga tidak kalah menarik dan tidak kalah hebat dari tim superhero Amerika. Di mana para anggotanya mempunyai kemampuan yang tangguh dan beragam, serta sarat dengan nilai-nilai budaya dari masing-masing negara asal para superheronya. Berikut ini 5 tim superhero Asia yang eksis di Marvel Universe!

Agents of Atlas

Tim superhero Asia yang paling populer di kalangan penggemar Marvel adalah Agents of Atlas, yang didirikan oleh agen SHIELD keturunan Tiongkok-Amerika bernama Jimmy Woo. Awalnya tim ini sebenarnya hanya beranggotakan para superhero Amerika, tetapi pada tahun 2009, Woo kemudian mulai merekrut sejumlah superhero Asia dan keturunan Asia-Amerika. Di mana para anggota barunya terdiri dari:

  • Aero: superheroin Tiongkok berkekuatan angin.
  • Amadeus Cho alias Brawn: superhero keturunan Korea Selatan sekaligus penerus hulk.
  • Crescent dan Io: duo superhero Korea Selatan dengan kekuatan beruang gaib.
  • Luna Snow: Idol K-Pop dengan kekuatan es.
  • Shang-Chi: Master of Kung-Fu dan juga bagian dari Avengers.
  • Silk: Manusia laba-laba keturunan Korea Selatan.
  • Sword Master: superhero Tiongkok dengan pedang legendaris.
  • Wave: superheroin Filipina yang bisa memanipulasi air.
  • White Fox: mata-mata Korea Selatan dan seorang rubah berekor sembilan.

Tugas utama dari Agents of Atlas sendiri adalah melindungi negara-negara di Asia khususnya Tiongkok, dari kelompok teroris Great Wall yang sering digambarkan mempunyai koneksi dengan militer dan pemerintah Tiongkok.

House of Champions

Masih dari Tiongkok, tim superhero Asia berikutnya adalah House of Champions, yang dipimpin oleh ahli bela diri Marvel, yaitu Shang-Chi. Tim yang hanya beranggotakan lima orang ini merupakan para petarung terbaik dari lima klan utama Five Weapons Society, kelompok yang didirikan oleh Zheng-Zhu. Ketika Shang-Chi berhasil mengalahkan ayahnya tersebut, dia mengambil alih tim dan memanfaatkannya untuk menegakkan keadilan di Tiongkok. Adapun para anggota House of Champions adalah Shang-Chi sebagai Commander Hand, bersama Brother Sabre, Sister Dagger, Sister Staff, dan Sister Hammer.

Tiger Division

Dari Tiongkok, sekarang kita bergeser sedikit ke Korea Selatan, di mana tim superhero Asia Tiger Division eksis untuk melindungi negeri gingseng di Marvel Universe. Tiger Division sendiri adalah tim bentukan pemerintah Korea Selatan yang dipimpin oleh Ami Han alias White Fox, yang juga menjadi bagian dari Agents of Atlas. Sedangkan anggota andalan Tiger Division adalah Taegukgi, superhero yang konon kekuatannya setara dengan Blue Marvel dan Sentry. Anggota lainnya adalah Auntie Ante, General, Gun-R II, dan Mr. Enigma. Mereka juga pernah bekerja sama dengan superhero lain, seperti Black Cat dan Nick Fury.

Pangkat ng Tagumpay

Pangkat ng Tagumpay atau alias Triumph Division adalah tim superhero Marvel yang bermarkas di Asia Tenggara, tepatnya di Filipina. Sebagai tim yang memegang teguh tradisi, pemilihan anggota Triumph Division dilakukan secara turun temurun. Di mana para pendahulu akan melatih keturunan mereka untuk melanjutkan mantle superhero sekaligus menjadi bagian dari tim. Yang terdiri dari Red Feather, St. George, Mighty Mother, Anitun, Fighter One, Wishing Man, dan Great Mongoose. Meskipun terdiri dari para superhero Filipina, tetapi wilyah perlindungan mereka mencakup hampir seluruh Asia Tenggara.

Warriors of the Sky

Berbeda dengan empat tim sebelumnya, Warriors of the Sky adalah tim superhero Asia yang eksis di Multiverse Marvel. Tepatnya di semesta game Marvel Future Fight ciptaan Netmarble. Meskipun tidak muncul di cerita komiknya, tetapi para anggota Warriors of the Sky terbilang cukup unik sekaligus menarik. Di mana anggotanya terdiri dari empat superhero Asia, seperti War Tiger (hero Thailand dengan senjata sabit raksasa), Blue Dragon (heroin Vietnam dengan senjata sansetsukon), Sun Bird (hero Malaysia dengan dua senjata kris), dan Shadow Shell (heroin Taiwan dengan pistol futuristik).

Itulah 5 tim supehero Asia yang eksis di Marvel Universe, di mana kita sebagai penggemar Marvel dari Asia harus mengetahui keberadaan mereka. Meskipun kisah mereka masih belum sebanyak Avengers atau X-Men yang sudah eksis sejak Zaman Keemasan buku komik, tetapi para tim superhero Asia ini terbukti tidak kalah menarik dari mereka. Apalagi sampai sekarang dengan berkembangnya keberagaman di semesta Marvel, mungkin ke depannya Agents of Atlas, House of Champions, Tiger Division, Triumph Division, dan Warriors of the Sky, akan mendapatkan panggung yang lebih banyak. Kita nantikan saja.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.