The Ring of Power episode 6 yang tayang minggu lalu, akhirnya mengungkap tujuan Adar selama ini. Ternyata dia ingin mengubah Southland menjadi tempat yang nyaman bagi para orc. Di mana tidak ada sinar matahari yang dapat membakar kulit orc, sehingga mereka tidak perlu lagi bersembunyi saat siang hari. Satu hal yang masih samar sampai sekarang adalah masa lalunya. Di episode 6, Galadriel hanya menyebutkan bahwa Adar adalah seorang Moriondor. Mengingat besarnya pengaruh Adar di Middle-Earth saat Sauron ‘menghilang’, apa sebenarnya arti Moriondor di semesta The Rings of Power?

Moriondor, Anak-anak Kegelapan

Di The Ring of Power episode 6 yang berjudul ‘Udun’, setelah pasukan Numenor mengalahkan para orc, Galadriel dan Halbrand juga berhasil mengkap Adar yang berusaha kabur. Pada titik inilah Galadriel dan Adar membicarakan banyak hal yang akhirnya mengungkap bahwa Adar adalah seorang Moriondor. Dalam bahasa elf, Moriondor tampaknya mempunyai arti ‘sons of dark’ alias anak-anak kegelapan. Menurut Galadriel, Moriondor sendiri awalnya adalah anak-anak dari ras elf yang sebelumnya telah Morgoth culik. Artinya, mereka sudah ada sejak Zaman Pertama saat Morgoth berkuasa.

Alasan mengapa Adar masih hidup setelah ribuan tahun berlalu adalah karena pada dasarnya seorang elf memang mempunyai umur panjang. Berdasarkan penjelasan singkat Galadriel sebelumnya, cukup jelas bahwa perubahan elf menjadi Moriondor terjadi karena Morgoth telah berhasil merusak pikiran mereka. Cerita tentang anak-anak elf yang pikirannya rusak ini pernah disinggung juga di novel The Lords of the Rings karya J.R.R. Tolkien. Dalam novelnya, Tolkien menceritakan bahwa jauh sebelum dunia mengetahui keberadaan elf, Morgoth telah menculik beberapa anak elf untuk tujuan jahatnya.

Sebenarnya sebelum menculik anak-anak elf, Morgoth masih belum mempunyai pengaruh yang sangat besar. Sampai akhirnya dia mempunyai ide untuk menciptakan ‘pasukan khusus’ yang mempunyai berbagai keunggulan seperti para elf. Namun karena Morgoth tahu bahwa para elf tidak akan mau mengabdi padanya, dia akhirnya menculik, menyiksa, dan mencuci otak para anak-anak elf. Mengubah mereka menjadi pasukan orc generasi pertama, yang di The Rings of Power dikenal sebagai Moriondor. Adar adalah salah satu Moriondor yang masih mampu bertahan, meskipun kekuasaan Morgoth telah runtuh.

Orc Sangat Menghormati Moriondor

Sebagai seorang Moriondor yang pikirannya telah terpengaruhi oleh kegelapan, tentu saja mereka akan sangat setia kepada Morgoth. Karena proses cuci otak yang sangat menyakitkan, fisiologi seorang Moriondor juga perlahan-lahan mulai berubah. Seperti yang bisa kita lihat pada diri Adar, Moriondor memang masih mempunya telinga runcing seperti elf, tetapi kulit mereka telah berubah menjadi lebih pucat. Perubahan inilah yang akhirnya membuat mereka lebih mirip seperti persilangan antara orc dan elf. Dalam kasus Adar, bahkan para orc menganggapnya sebagai ayah bagi ras mereka.

Penyebutan ‘ayah’ kepada Adar ini sebenarnya bukan tanpa sebab. Karena pada dasarnya para orc generasi selanjutnya memang terlahir dari para Moriondor seperti Adar. Barulah setelah generasi baru orc lahir, mereka tinggal beranak pinak dengan sendirinya, tanpa perlu bantuan Moriondor. Walaupun begitu, karena pada dasarnya Moriondor adalah leluhur para orc, maka ras orc lain setelahnya akan tetap menghormati para Moriondor. Hal ini terbukti di serial The Rings of Power, di mana saat Dark Lord Sauron ‘menghilang’, para orc mengabdikan dirinya pada Moriondor seperti Adar.

Karena merasa sebagai leluhur dan orc juga sangat menghormatinya, akhirnya Adar mempunyai kedekatan batin dengan para orc. Seperti penjelasannya di episode 6 kemarin, hal itulah yang kemudian memotivasi Adar untuk ‘membelah’ tubuh Sauron. Karena Sauron telah melakukan eksperimen mengerikan kepada para orc untuk menciptakan pasukan kegelapan yang jauh lebih hebat. Rasa cintanya pada orc ternyata dapat membuatnya berkhianat pada Sauron.

Itulah penjelasan tentang mengapa Adar dipanggil Moriondor dan akhirnya bisa menjadi pemimpin para orc. Kemungkinan besar Adar adalah satu-satunya orc generasi pertama alias Moriondor yang tersisa pada Zaman Kedua. Adar sendiri terakhir kali terlihat menjelang ending episode 6, saat gunung meletus menghancurkan Southland. Jika dia mati dalam bencana tersebut, artinya sudah tidak ada lagi Moriondor yang tersisi di Middle-earth. Sekarang tinggal bagaimana orc melanjutkan hidupnya sambil menunggu pemimpin mereka yang sebenarnya kembali, yaitu Dark Lord Sauron.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.